staffing

Serba-Serbi Staffing yang Harus HRD Pahami

Salah satu cara untuk mendapatkan dan mengembangkan karyawan yang berkualitas adalah staffing. Sebagai divisi yang bertanggung jawab atas pengelolaan karyawan, HRD tentu saja harus memahami pengertian staffing hingga tahapan apa yang harus dijalani. Untuk info lebih lanjut, mari simak ulasan berikut!

 

Apa itu Staffing?

Staffing adalah suatu fungsi manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan yang berkaitan dengan perekrutan, penempatan, pelatihan, serta pengembangan karyawan.

Staffing dalam manajemen perusahaan tentu sangat berperan penting agar kebutuhan dalam setiap divisi dapat terpenuhi secara merata. Sehingga hal ini juga menjadi salah satu faktor utama dalam kelancaran dan kesuksesan bekerja.

 

Fungsi Staffing dalam SDM

Fungsi staffing dalam manajemen mencakup ke dalam beberapa poin, antara lain:

  • Melakukan perencanaan sumber daya manusia yang sudah tersedia.
  • Proses perekrutan calon karyawan baru bila terdapat kekosongan dalam suatu divisi perusahaan.
  • Menyeleksi secara ketat calon-calon kandidat yang melamar.
  • Mendapatkan karyawan yang memenuhi syarat untuk posisi pekerjaan yang berbeda dalam organisasi atau perusahaan.
  • Merekrut karyawan yang tepat untuk ditempatkan pada posisi yang tepat. Hal ini mengarah pada peningkatan produktivitas dan kinerja.
  • Pengenalan gambaran umum perusahaan kepada para karyawan.
  • Melaksanakan kerja.
  • Membantu dalam mempromosikan pemanfaatan sumber daya manusia secara optimal melalui berbagai aspek.
  • Meningkatkan kepuasan kerja dan moral karyawan melalui proses perekrutan karyawan yang tepat.
  • Evaluasi kerja pada setiap periode.
  • Mengadakan pemberian reward atau penghargaan kepada karyawan yang berprestasi.
  • Melakukan pengembangan karir yang lebih baik untuk masa depan karyawan.
  • Memastikan pemanfaatan sumber daya manusia yang lebih baik lagi.

 

Baca Juga: Memahami Asas Legalitas dalam HRD & Pengelolaan Karyawan 

 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Staffing

Mendapatkan karyawan dan menempatkannya pada posisi yang tepat merupakan salah satu rangkaian dari proses staffing. Maka dari itu, proses tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan staffing dalam manajemen perusahaan.

 

Membuat Rencana Kepegawaian

Jika Anda sedang mengelola suatu bisnis atau perusahaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana kepegawaian. Pembuatan rencana ini nantinya akan membantu Anda pada proses rekrutmen karyawan.

Rencana yang Anda buat harus menjelaskan peran dalam organisasi dan memastikan berapa orang yang dibutuhkan untuk menangani setiap tugas. Hal ini akan menunjukan kualifikasi minimum yang diperlukan pada setiap posisi. Pertimbangkan juga untuk membuat tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

 

Strategi Perekrutan

Strategi perekrutan akan membantu Anda dalam mendapatkan karyawan yang berkualifikasi. Strategi perekrutan mencakup metode perekrutan, penyaringan, penempatan, dan pelatihan.

Anda bisa membuat pemasangan iklan mengenai lowongan pekerjaan melalui media sosial atau situs pencarian kerja di internet. Jelaskanlah kualifikasi yang dibutuhkan secara detail seperti pendidikan minimal, skill yang dibutuhkan, minimal usia, dan sebagainya.

 

Pemeriksaan Anggaran

Saat mencari karyawan baru, jangan lupa untuk memperhatikan anggaran yang dibutuhkan untuk tahun mendatang. Sesuaikan jumlah anggaran yang Anda punya dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan.

 

Baca Juga : 7 Tips Ampuh Manajemen Anggaran dalam Pengelolaan Karyawan

 

Pertimbangkan untuk Mencari Karyawan Tetap atau Kontrak

Antara karyawan tetap maupun karyawan kontrak memiliki kelebihannya masing-masing. Jika Anda membutuhkan karyawan yang sudah berpengalaman untuk memegang suatu proyek dalam jangka panjang, Anda pasti membutuhkan karyawan tetap. Namun jika Anda hanya membutuhkan karyawan untuk mengerjakan proyek tertentu dalam jangka pendek, karyawan kontrak pilihan yang tetap.

Mempekerjakan karyawan kontrak juga dapat membantu Anda untuk melihat kualitas dan kinerja yang mereka berikan, sehingga hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mengangkatnya menjadi karyawan tetap. Selain itu, anggaran gaji yang akan dikeluarkan juga bisa lebih efektif.

 

Meninjau Lingkungan Kerja Anda

Lingkungan kerja menjadi hal utama dalam mempertahankan karyawan. Lingkungan kerja yang nyaman akan meningkatkan semangat dan produktivitas dalam bekerja. Sebaliknya jika lingkungan kerja terasa mencekam, karyawan akan merasa tidak nyaman dan berencana untuk resign.

Staffing memiliki tujuan agar bisa menempatkan karyawan pada posisi kerja yang tepat. Penempatan posisi kerja yang tepat tentu dapat melancarkan proses kerja. Agar proses staffing bisa dilakukan secara mudah dan maksimal, implementasi software HRD pada perusahaan merupakan pilihan yang tepat.

Saat ini, sudah banyak vendor yang menawarkan perangkat lunak sumber daya manusia. Namun agar Anda tidak salah memilih, LinovHR adalah salah satu Software HRD terbaik untuk membantu Anda untuk meringkas pengelolaan manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan.

Software HRD LinovHR memiliki beberapa modul yang akan mensukseskan staffing pada perusahaan Anda. Modul tersebut antara lain:

  • Modul Recruitment, untuk melancarkan rangkaian proses rekrutmen karyawan.
  • Modul Payroll berfungsi untuk melakukan penggajian bagi karyawan tetap maupun kontrak.
  • Modul Performance Management untuk melakukan penilaian kinerja dengan hasil yang akurat.
  • Modul Learning and Development untuk melakukan program pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan karyawan.
  • Modul Competency Management memudahkan Anda dalam mengelola kompetensi pada unit kerja

 

Seluruh modul yang terdapat dalam software HRD LinovHR akan bekerja secara otomatis dan cepat. Selain itu, seluruh data perusahaan akan disimpan dengan tingkat keamanan yang tinggi sehingga akan meminimalisir kehilangan atau kebocoran data.

 

Baca Juga: 7 Fitur Penting yang Harus ada dalam HR Application

 

Proses staffing dalam manajemen yang dilakukan secara manual hanya akan memakan waktu dan proses kerja tidak bisa dilakukan secara efektif.

Sukseskan program staffing perusahaan Anda bersama LinovHR sekarang juga!