apa itu side hustle

Kenali Apa Itu Side Hustle yang Marak Di Kalangan Milenial

Mungkin Anda masih tidak familiar dengan istilah side hustle yang belakangan ini cukup ramai diperbincangkan di kalangan milenial dan jagat sosial media.

Side hustle sendiri pada dasarnya merujuk pada pekerjaan sampingan yang sudah lebih dulu ada dan dikenal oleh masyarakat luas.

Namun, istilah satu ini kerap kali disamakan dengan pekerjaan sampingan atau yang dikenal juga dengan sebutan side job. Meskipun keduanya memiliki konsep yang sama, tetapi terdapat perbedaan di antara keduanya.

Maka dari itu, dalam pembahasan ini LinovHR akan memberikan penjelasan kepada Anda, untuk membuat Anda mengenali lebih jauh apa itu side hustle dan perbedaannya dengan side job yang sudah ada dari dulu.

Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Apa Itu Side Hustle?

Side hustle adalah sebuah kegiatan atau pekerjaan sampingan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk memenuhi kepuasan pribadi, yang nantinya akan membentuk nilai baru pada orang yang melakukan pekerjaan tersebut.

Side hustle biasanya pekerjaan yang sesuai dengan minat atau passion dari orang yang melakukannya. Pekerjaan ini juga tidak selalu menghasilkan uang, namun ada juga orang-orang yang menghasilkan pendapatan tambahan dari melakukan side hustle.

Pekerjaan side hustle ini sangat fleksibel. Artinya banyaknya pekerjaan dan jam kerja yang dilakukan, ditentukan sendiri oleh orang yang melakukannya, serta tidak terikat dengan pihak manapun.

Secara sederhana side hustle bukanlah tipe pekerjaan utama yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Melainkan hanya untuk kesenangan pribadi dan mengisi waktu luang yang dimiliki oleh orang yang bersangkutan.

 

Baca Juga: Apakah Itu Hustle Culture dan Apakah Itu Baik Dilakukan?

 

Apa Perbedaan Side Hustle dan Side Job

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa side hustle dan side job bukanlah dua hal yang sama. Keduanya memiliki karakteristik dan perbedaannya masing-masing. Berikut beberapa perbedaan antara side hustle dengan side job.

 

  1. Berdasarkan Tujuannya

Perbedaan pertama antara keduanya yaitu tujuan dari masing-masing kegiatan. Seperti yang sudah disebutkan, side hustle merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi passion atau kesenangan pribadi saja.

Sedangkan side job, umumnya dilakukan oleh orang-orang dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan atau uang tambahan, yang nantinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

  1. Jenis Pekerjaannya

Jenis pekerjaan yang dilakukan pada side hustle biasanya tidak terkait dengan pekerjaan utama dari seseorang. Artinya, jenis pekerjaannya berbeda dengan pekerjaan utama yang dimiliki oleh orang yang bersangkutan. 

Contohnya, pekerjaan utama Andi adalah auditor. Lalu pekerjaan side hustlenya yaitu sebagai Youtuber atau vlogger.

Sedangkan pekerjaan side job, umumnya masih terkait atau sama dengan pekerjaan utama yang dilakukan oleh orang tersebut.

Contohnya, Andi adalah seorang auditor, lalu ia memiliki side job yang juga sebagai auditor, namun sebagai freelance di perusahaan X.

 

  1. Berdasarkan Fleksibilitas

Side hustle adalah pekerjaan yang dilakukan pada saat orang yang bersangkutan memiliki waktu luang atau jam kosong. Karena dilakukan pada saat ada waktu luang, maka biasanya jam kerja side hustle lebih fleksibel.

Sedangkan, side job dilakukan disela-sela melakukan pekerjaan utama. Jam kerja dari side job tidak sefleksibel side hustle. Sebab side job umumnya mengerjakan suatu pekerjaan yang diberikan oleh pihak pemberi kerja side job tersebut. Sehingga, waktu kerjanya tidak bisa mengikuti kemauan kita.

 

  1. Beban Pekerjaan

Side hustle memiliki beban pekerjaan yang menyesuaikan dengan kemauan atau keinginan kita. Secara sederhana, beban kerja dari side hustle ditentukan sendiri oleh orang yang melakukannya.

Berbeda dengan side hustle, beban kerja pada side job, ditentukan oleh pemberi kerja. Sehingga, biasanya beban pekerjaan side job lebih banyak dibandingkan side hustle.

 

  1. Benefit atau Keuntungan

Side hustle adalah pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi hasrat pribadi atau kesenangan saja. Mendapatkan uang atau tambahan pendapatan bukanlah hal utama yang dicari dalam melakukan side hustle. Sehingga yang didapat dari melakukan pekerjaan ini yaitu kesenangan pribadi.

Sementara itu, side job merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan, sehingga orang-orang yang melakukannya akan mendapatkan keuntungan berupa pendapatan atau uang tambahan.

 

Manfaat Side Hustle

Setelah Anda mengetahui pengertian dan juga perbedaan antara side hustle dengan side job, maka perlu juga untuk Anda ketahui manfaat dari melakukan kegiatan ini. Ini dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

  • Memberi kesempatan pada diri sendiri untuk mengeksplorasi passion lebih dalam lagi.
  • Meningkatkan dan mengasah kreativitas yang ada di dalam diri sendiri.
  • Meskipun bukan tujuan utama, namun side hustle bisa menghasilkan uang, jika dilakukan dengan tepat.
  • Mengasah kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri.
  • Mempelajari hal baru dan menambah pengetahuan, serta skill diri sendiri.
  • Memberikan kepuasan dan kesenangan bagi orang yang melakukannya.
  • Mengisi waktu luang atau kosong, dengan hal yang bermanfaat.

 

Ide Side Hustle untuk Penuhi Passion

Berikut ini beberapa rekomendasi ide side hustle yang bisa dilakukan untuk memenuhi passion yang Anda miliki.

 

  1. Content Creator

Salah satu profesi yang banyak dilakukan oleh orang-orang terutama di kalangan milenial adalah menjadi seorang content creator. Profesi ini dapat mengasah kemampuan dan juga kreativitas yang Anda miliki.

Selain pekerjaan ini cocok dengan milenial, nyatanya menjadi seorang content creator dapat menghasilkan uang yang jumlahnya tidak sedikit.

 

  1. Penulis

Ide side hustle satu ini cocok untuk Anda yang memiliki hobi untuk menulis atau membagikan cerita kepada orang banyak.

Seorang penulis ditantang untuk bisa menyampaikan tulisan yang dibuat, sejelas dan semenarik mungkin. Hal ini tentunya dapat mengasah kemampuan komunikasi yang Anda miliki.

 

Baca Juga: Ini Cara Untuk Menjadi Freelance Writer

 

  1. Online Shop

Bagi Anda yang gemar untuk berbisnis dan ingin mengasah kemampuan tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan berjualan di online shop.

Anda bisa memanfaatkan sistem reseller atau dropshipper untuk menjual produk yang sudah ada sebelumnya. Selain bisa memberikan tambahan uang, melakukan side hustle ini juga mampu untuk meningkatkan kemampuanmu dalam melihat peluang bisnis yang besar nantinya.

 

  1. Desainer

Ide yang satu ini cocok untuk Anda yang suka membuat suatu karya tertentu yang dapat dinikmati oleh banyak orang.

Menjadi desainer yang handal, membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Oleh sebab itu, ide side hustle ini cocok untuk mengembangkan kemampuan dan juga kreativitas yang Anda miliki untuk menjadi seorang desainer profesional yang handal di masa yang akan datang nanti.

 

  1. Fotografer

Anda memiliki hobi atau passion pada bidang fotografi? Menjadi fotografer untuk ide side hustle Anda merupakan pilihan yang tepat.

Menjadi seorang fotografer membutuhkan ketelitian dan kreativitas yang tinggi. Ide side hustle satu ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan kemampuan tersebut, sehingga Anda bisa menjadi fotografer yang handal kedepannya.

 

Demikian pembahasan mengenai apa itu side hustle, mulai dari pengertian, perbedaan, manfaat, hingga ide-ide yang bisa dilakukan. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda menjadi paham akan side hustle dan juga perbedaannya dengan side job.

Semoga bermanfaat!