Freelance writer

Mau Jadi Freelance Writer? Ini Cara Sukses Jadi Freelance Writer

Saat ini banyak sekali pekerjaan-pekerjaan baru akibat dari dunia yang semakin digital. Salah satunya adalah freelance writer yang akhir-akhir ini sedang naik daun karena banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang penulis.

Pekerjaan ini tentunya sangat menarik bagi Anda yang suka menulis dan ingin berkarir menjadi seorang writer. Dengan begitu, pastinya Anda akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk menjadi seorang penulis lepas.

Namun, sebenarnya pekerjaan ini memiliki beberapa tantangan tersendiri khususnya bagi Anda yang ingin mencoba menjadi seorang penulis lepas. Anda harus mempersiapkan beberapa hal agar perusahaan atau klien tertarik dengan Anda.

Oleh karena itu, simak terus artikel dari LinovHR berikut ini agar Anda dapat menjadi seorang penulis lepas yang sukses.

 

Apa itu Freelance Writer?

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu freelance. Freelance secara sederhana adalah seseorang yang bekerja paruh waktu.

Mereka merupakan para pekerja yang tidak terikat secara khusus terhadap satu perusahaan atau klien tertentu.

Sedangkan writer merupakan seorang penulis yang saat ini masuk ke dalam salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari.

Dapat disimpulkan bahwa freelance writer adalah seorang penulis lepas yang tidak terikat dengan satu perusahaan atau klien saja.

Saat ini banyak sekali kesempatan bagi siapapun yang suka menulis atau memiliki ketertarikan melakukan freelance writing melalui portal job freelance. Akan tetapi, Anda perlu mempersiapkan beberapa langkah untuk menjadi seorang penulis lepas yang sukses.

 

Baca Juga: Cari Tahu Tips Foto Lamaran Kerja yang Profesional!

 

Cara Menjadi Freelance Writer

Ada berbagai cara agar Anda bisa menjadi seorang freelance writer yang sukses. Dimulai dari mempersiapkan diri, membangun portofolio hingga mendapatkan klien.

Hal tersebut dilakukan agar perusahaan atau klien tertarik dan percaya kepada Anda sebagai penulis lepas yang kompeten.

Beberapa langkah umum untuk menjadi seorang freelance writer pemula yang sukses adalah sebagai berikut:

 

1. Mengambil Kursus Writer

Saat ini banyak sekali lembaga yang menyediakan pelatihan khusus untuk menulis secara online. Hal ini berkaitan dengan pengetahuan mengenai dunia penulisan sangat penting sebelum Anda benar-benar memutuskan menjadi seorang penulis lepas.

Di sana Anda biasanya mendapatkan pelatihan bagaimana cara menulis konten yang menarik, menentukan ide, hingga akhirnya bagaimana menulis sesuai dengan keinginan klien. Anda juga tidak perlu khawatir karena biaya yang diperlukan dalam kursus writer ini masih tergolong terjangkau.

Setelah Anda mengikuti kursus tersebut, pastinya Anda akan memiliki bekal pengetahuan yang cukup sebelum benar-benar mendapatkan pekerjaan pertama bagi Anda.

 

2. Banyak Membaca

Menjadi seorang penulis tentunya Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup. Salah satu caranya adalah dengan banyak membaca buku, koran, artikel, dan lain-lain yang berguna untuk menambah cakrawala pengetahuan Anda.

Dengan begitu, Anda akan mengetahui banyak tema dan gaya penulisan dari penulis-penulis lainnya. Anda juga tidak akan kesulitan saat mencari ide untuk menulis sesuatu karena membaca.

Membaca juga membantu Anda menemukan kosakata baru serta gaya penulis baru yang lebih dinamis.

 

Baca Juga: 8 Kiat Mempertahankan Konsistensi Kerja dalam Perusahaan 

 

3. Mulai Menulis di Blog

Salah satu cara belajar terbaik adalah menerapkan apa yang telah dipelajari. Begitu pula dengan seorang writer yang memanfaatkan berbagai platform menulis seperti:

  • Blogspot
  • WordPress
  • Medium
  • dan lain-lain

 

Tujuan dari menulis di blog adalah untuk  terus menerus mengasah kemampuan menulis.

Selain itu, menulis di blog pribadi dapat juga Anda manfaatkan menjadi sebuah portofolio tulisan yang pernah kamu buat. Bahkan, ada kemungkinan ada perusahaan atau klien yang tertarik dengan tulisan Anda.

 

4. Gunakan Situs Freelancer

Setelah Anda menulis cukup banyak tulisan dalam blog pribadi, saatnya Anda memanfaatkan situs freelancer guna memasarkan jasa yang Anda tawarkan.

Situs freelancer memiliki kemudahan dalam menampilkan iklan dan portofolio Anda sehingga lebih mudah dijangkau oleh klien potensial.

Pada langkah ini Anda harus membuat akun secara cermat dan dapat menarik perhatian klien. Biasanya memuat foto profil, portofolio, serta jangkauan harga yang Anda tawarkan.

Saat ini banyak situs freelancer terpercaya seperti:

  • Fiverr
  • Upwork
  • Sribulancer
  • Projects.co.id
  • dan lain-lain.

 

5. Tarik Perhatian Klien dengan Portofolio

Salah satu cara agar Anda sukses menjadi seorang freelance writer adalah dengan portofolio tulisan yang Anda buat. Portofolio ini berguna untuk menunjukkan skill menulis yang Anda punya ke dalam sebuah tulisan yang dapat dilihat oleh orang.

Pastikan Anda mencantumkan berbagai contoh tulisan terbaik yang pernah Anda buat sebelumnya ke dalam akun situs freelancer. Hal ini tentunya akan mempercepat Anda dilirik hingga nantinya mendapatkan proyek pertama.

 

5. Berikan Kualitas Tulisan Terbaik Kepada Klien

Ketika Anda telah mendapatkan klien yang membutuhkan jasa penulisan Anda, saatnya memberikan kualitas tulisan yang terbaik. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kepercayaan sebagai freelance writer yang cakap karena berorientasi pada klien.

Namun, Anda juga disarankan jangan asal ambil proyek yang ditawarkan oleh klien. Hal ini bertujuan agar proyek yang Anda dapatkan bisa dikerjakan dengan semaksimal mungkin.

 

Baca Juga: Mengulik Profesi System Administrator dari Tugas Hingga Gaji

 

Demikian penjelasan beberapa cara agar Anda dapat menjadi freelance writer yang sukses. Pekerjaan ini dapat Anda jadikan pekerjaan sampingan yang akan menambah pundi-pundi uang.

Tentunya Anda dapat mengikuti beberapa langkah di atas agar menjadi penulis lepas yang berhasil. Semoga artikel ini membantu!