kerja sampingan

15 Rekomendasi Kerja Sampingan! Salah Satunya Bisa Dari Rumah!

Kerja sampingan adalah suatu kegiatan yang Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan diluar pekerjaan utama. Saat ini, kerja sampingan sedang populer di kalangan masyarakat karena banyak orang yang merasa tak puas dengan penghasilan utama mereka.

LinovHR telah merangkum informasi seputar pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba dalam artikel ini. 

 

Alasan Anda Perlu Mencoba Kerja Sampingan

Kenapa sih Anda harus coba kerja sampingan? Berikut beberapa alasan lain mengapa Anda perlu mencoba kerja sampingan:

  1. Mempunyai banyak sumber pendapatan sekaligus melindungi kesejahteraan finansial Anda
  2. Membantu Anda mengembangkan keahlian baru di luar pekerjaan utama
  3. Memberi kesempatan kepada Anda untuk bertemu orang baru dan bergabung dengan komunitas baru 
  4. Membuat Anda lebih kreatif dan memenuhi minat Anda
  5. Sebagai jembatan untuk mencoba industri yang berbeda dari pekerjaan utama
  6. Memperluas jaringan relasi Anda

Dengan berbagai alasan tersebut, maka tak heran jika banyak orang mulai mencoba melakukan pekerjaan di luar sumber pencarian nafkah utama. 

 

List Kerja Sampingan yang Dapat Anda Lakukan

Setelah mengetahui alasan perlu melakukan pekerjaan sampingan, pasti Anda ingin mencobanya, bukan? 

Berikut list pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan:

 

1. Bisnis Dropshipping

Dropshipping adalah salah satu ide terbaik kerja sampingan di rumah. Jenis pekerjaan ini memungkinkan Anda untuk memasarkan dan menjual produk secara langsung kepada pelanggan tanpa harus menyetok produknya terlebih dahulu.

Mengapa bisnis dropshipping ini layak untuk dicoba? Karena Anda tidak perlu mengeluarkan budget awal yang besar sehingga meminimalisir risiko atau kerugian. 

 

2. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing atau Pemasaran Afiliasi adalah salah satu pekerjaan sampingan yang penghasilannya cukup menjanjikan untuk jangka panjang. Tugas dari Affiliate Marketing bukan hanya menemukan produk yang tepat untuk dijual, tetapi juga menemukan merek yang tepat untuk bermitra.

Lantas, berapa besar penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan sampingan ini? Besarnya penghasilan tergantung dengan produk yang Anda jual dan jaringan afiliasi apa yang Anda gunakan. 

 

3. Instagram Influencer

Salah satu ide kerja sampingan online dengan penghasilan yang cukup besar adalah dengan menjadi seorang Instagram Influencer. Besarnya penghasilan influencer tergantung dengan jumlah audiens atau followers yang Anda miliki. Dengan menjadi influencer, Anda dapat membangun personal brand (citra pribadi) berdasarkan apa yang Anda lakukan. 

 

4. Personal Assistant

Menjadi personal assistant adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Tanggung jawab dari personal assistant adalah membantu sistem administrasi, social media, pembukuan, dan lain sebagainya. Dengan menjadi personal assistant, Anda memiliki kesempatan untuk mencoba berbagai spesialisasi bidang pekerjaan. 

 

4. Fotografer

Apabila Anda memiliki kamera dan kemampuan  dasar Photoshop, menjadi fotografer merupakan ide yang tepat untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan sampingan. 

Misalnya, jika Anda suka mengambil foto pemandangan atau perkotaan, Anda dapat menjual hasil foto Anda kepada media koran atau blog. Tidak hanya itu, pekerjaan fotografer ini mempunyai cakupan yang luas antara lain fotografi pernikahan, fotografi hewan, dan fotografi produk.

 

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab Civil Engineer

 

5. Tutor Online

Untuk menjadi seorang tutor atau pengajar, Anda tidak harus memiliki  gelar sarjana yang tinggi. Umumnya, pekerjaan sampingan ini diminati oleh kalangan mahasiswa karena jam kerjanya fleksibel bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah dan tidak perlu bertatap muka langsung. Maka dari itu, menjadi tutor online merupakan salah satu ide kerja sampingan mahasiswa yang tepat. 

 

6. Party Planner

Jika Anda suka dengan kegiatan mendekorasi suatu acara, maka pekerjaan sampingan ini sangat cocok untuk Anda. Agar lebih mudah, Anda dapat memulai dari acara yang kecil dahulu seperti pesta ulang tahun anak-anak dan seiring berjalannya waktu acara yang diadakan semakin berkembang sesuai dengan pengalaman Anda. 

 

7. Blogger

Menjadi seorang Blogger adalah salah satu pekerjaan sampingan terbaik yang dapat dilakukan dari rumah atau di tempat manapun. Jenis konten yang dapat Anda tulis pun bermacam-macam mulai dari bisnis, kecantikan, gaya hidup, otomotif, kesehatan dan lain-lain. Agar lebih mudah, sebaiknya Anda menulis konten yang berkaitan dengan passion Anda. 

 

8. Customer Service Representative

Customer service adalah salah satu bidang pekerjaan yang perkembangannya sangat cepat. Sebab, hampir semua perusahaan membutuhkan jasa customer service untuk melayani pelanggan, client, partner bisnis, dan sebagainya. Besarnya penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan ini juga cukup menjanjikan bila Anda lembur atau bekerja di akhir pekan.

 

9. Freelance Writer

Freelance writer atau penulis lepas merupakan peluang yang bagus bagi Anda yang gemar menulis, mahir dalam hal tersebut, dan berorientasi pada deadline.  Seorang freelance writer dapat menulis untuk berbagai platform sesuai kontrak yang mereka setujui, mulai dari blog perusahaan hingga media berita tergantung spesialisasi penulisan penulis. 

 

Baca Juga : Apa Bedanya Freelance Writer & Copywriter? Cari Tahu Jawabannya!

 

10. Berpartisipasi Dalam Studi Penelitian atau Kelompok Diskusi

Pekerjaan sampingan berikutnya yang dapat Anda coba adalah dengan bergabung atau berpartisipasi dalam kegiatan penelitian yang berbayar. Biasanya, kegiatan penelitian ini diberikan suntikan dana oleh lembaga atau instansi tertentu. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai kerja sampingan mahasiswa. Karena selain mendapatkan uang tambahan, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas. 

 

11. Jasa Desain Custom

Jika Anda suka membuat karya seni atau desain di sela-sela waktu luang, Anda dapat memanfaatkan keahlian tersebut sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. 

Caranya adalah dengan menjual karya seni atau desain buatan Anda sesuai permintaan pelanggan pada produk seperti t-shirt, tas, case handphone, mug, dan lain-lain. Salah satu hal terbaiknya adalah Anda dapat menjual produk-produk tersebut dengan merek Anda sendiri. 

 

12. Online Survey

Pekerjaan sampingan selanjutnya adalah online survey, pekerjaan ini dapat Anda lakukan di sela-sela waktu luang. Caranya cukup mudah yakni Anda hanya perlu mendaftarkan diri di portal online survey, kemudian isi survey dengan benar, dan  Anda akan mendapatkan uang. 

Pekerjaan ini memang tidak menghasilkan pendapatan tambahan yang banyak, akan tetapi jika Anda ingin menghasilkan uang secara online maka pekerjaan ini adalah solusi terbaik. 

 

13. Freelance Editor Video

Apabila Anda suka mengedit video dan memiliki keahlian menggunakan aplikasi editing seperti Adobe Premiere, maka Anda dapat memanfaatkan keahlian tersebut untuk ladang penghasilan. Selain mendapatkan tambahan pendapatan, menjadi freelance editor video juga membantu Anda mengasah kemampuan dan keahlian secara efektif, serta menambah pengalaman bekerja untuk dimasukan ke dalam resume atau CV Anda. 

 

14. Marketing Consultant

Jika Anda memiliki keahlian di bidang pemasaran, mungkin Anda dapat mencoba pekerjaan sampingan sebagai marketing consultant atau konsultan pemasaran. 

Tanggung jawab dari seorang konsultan pemasaran adalah membuat strategi dan rencana untuk membantu client mengembangkan bisnis mereka. Pekerjaan konsultan pemasaran juga mencakupi beberapa bidang lain seperti email marketing, social media, atau pembuatan konten. 

 

Baca Juga : Pengertian Media Promosi, Fungsi dan Contoh Menggunakannya

 

Beberapa kerja sampingan diatas dapat membantu Anda menghasilkan pendapatan ekstra setiap bulannya. Tidak hanya itu, pekerjaan sampingan juga dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan baru, membangun portofolio pribadi Anda, dan mengurangi rasa penat dari pekerjaan utama Anda. Semoga dapat membantu!