human experience management

Human Experience Management Adalah Masa Depan HR, Benarkah?

Perubahan zaman yang begitu cepat ditambah dengan bencana pandemi COVID-19 saat ini tentunya dapat mengubah cara orang-orang untuk bekerja. Human Capital Management (HCM) dalam perusahaan dinilai sudah tidak relevan lagi untuk menjawab tantangan perubahan zaman.

Oleh karena itu, Human Experience Management (HXM) menjadi hal yang baru yang perlu dikembangkan.

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan membutuhkan tidak hanya sebuah proses yang didukung oleh pihak HRD, namun lebih menekankan pada pengalaman yang dibuat oleh perusahaan untuk memberikan hasil yang dibutuhkan baik oleh perusahaan maupun individu.

Hal ini menjadi topik pembicaraan yang menarik karena Human Experience Management dinilai sebagai sistem pengelolaan SDM di masa depan yang lebih relevan jika dibandingkan dengan HCM.

 

Apa Itu Human Experience Management?

Human Experience Management (HXM) adalah sistem pengelolaan SDM yang memanfaatkan data-data Human Capital Management (HCM) untuk menciptakan hubungan yang lebih erat antara organisasi atau perusahaan dengan para karyawannya.

Hal ini perlu dilakukan mengingat pengelolaan SDM dengan cara tradisional dinilai sudah tidak terlalu relevan karena perusahaan tidak dapat memahami kebutuhan-kebutuhan karyawannya.

Bahkan, manajemen SDM yang demikian dapat memperburuk hubungan antara para pemimpin dengan bawahannya.

Oleh sebab itu, HXM mengambil pendekatan yang lebih humanis dimana perusahaan berusaha memfasilitasi karyawan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman sesuai dengan apa yang diharapkannya.

Hal itu dilakukan dimulai kepada semua orang seperti:

  • Kandidat
  • Karyawan baru dan lama
  • Manajer
  • Hingga pemimpin pengelola SDM.

 

Dengan mengubah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh perusahaan, diharapkan karyawan akan memiliki reaksi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Namun, apakah reaksi tersebut dapat melibatkan motivasi untuk mendukung kebutuhan bisnis atau menimbulkan sikap apatis?

Tentunya pengalaman karyawan harus menjadi fokus utama dalam pengembangan sumber daya. Para pemimpin di lapangan pun harus membangun kesadaran mereka atas kebutuhan dan pengalaman bawahannya.

Ketika hal itu terjadi, maka kemungkinan akan terjalin hubungan yang lebih baik dan berguna bagi perkembangan bisnis perusahaan.

 

Alasan Kenapa Human Experience Management Adalah Masa Depan HR

Menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan produktif merupakan sesuatu yang sangat diperlukan saat ini.

Apalagi, pandemi COVID-19 telah mengubah sebagian besar cara orang bekerja dari yang sebelumnya di kantor menjadi bekerja di rumah.

Dengan meningkatkan pengalaman karyawan melalui Human Experience Management, maka hubungan antara karyawan dengan perusahaan dapat tetap terjalin baik. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui alasan mengapa HXM merupakan sistem masa depan HR.

Berikut beberapa alasan penting mengapa HXM penting dilakukan dalam perusahaan saat ini:

 

1. Meningkatnya Stres yang Membutuhkan Empati Perusahaan

Beragamnya orang yang bekerja saat ini dan beragam pula tantangan yang dihadapi setiap karyawan membutuhkan rasa empati perusahaan dalam penanganannya. Hal ini berkaitan dengan cara perusahaan berusaha memahami setiap perspektif lain yang dibutuhkan oleh karyawannya.

Dengan begitu, perusahaan dapat menawarkan pengalaman kerja yang lebih baik dan bersahabat untuk saling meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan.

 

Baca Juga: 7 Keuntungan Menggunakan Aplikasi HR Berbasis Cloud

 

2. Karyawan Memiliki Harapan Lebih

Saat ini orang yang bekerja di suatu perusahaan tidak lagi terbatas pada satu faktor tunggal yaitu sistem penggajian. Namun, lebih kepada hal-hal yang sifatnya lebih berorientasi pada pengalaman seperti teknologi yang mereka gunakan, suasana kerja kantor, hingga program pengembangan lainnya.

Human Experience Management tentunya dapat membantu perusahaan untuk memahami setiap ekspektasi karyawan yang perlu diaplikasikan melalui program tertentu.

 

3. Persaingan Keterampilan

Tingginya persaingan kerja saat ini sementara permintaan terhadap tenaga kerja yang kompeten terus berlanjut. Perusahaan selalu berusaha mempertahankan karyawan-karyawan terbaiknya dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan HXM yang dapat memberikan pengalam kerja yang lebih efisien sehingga mereka akan tetap setiap bekerja di perusahaan tersebut.

 

4. Membantu Meningkatkan Budaya Kerja Positif

Budaya organisasi yang menyenangkan tentunya dapat menarik kandidat yang memiliki potensi kuat serta mempertahankan karyawan yang memiliki kinerja baik. Namun, budaya organisasi tidak dapat dibentuk dalam waktu yang relatif singkat.

Dengan menggunakan Human Experience Management, perusahaan dapat merancang pengalaman karyawan yang lebih menyenangkan serta efektif agar tujuan-tujuan dari perusahaan pun tercapai.

Hal ini karena HXM selalu berfokus pada kebutuhan individu sehingga perusahaan dapat terbantu dalam menciptakan lingkungan organisasi yang baik.

 

Dukung Keperluan Divisi HR dengan Software HRIS dari LinovHR

 

software hris

 

Untuk meningkatkan pengelolaan SDM perusahaan yang lebih efisien, LinovHR hadir sebagai software HR yang dapat membantu menunjang bisnis Anda. Tentunya sudah menerapkan Human Resource Information System (HRIS) yang baik dan efisien.

Software HRIS LinovHR memiliki berbagai jenis modul dan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk mengatur SDM perusahaan jauh lebih baik lagi. Dalam rangka meningkatkan pengalaman kerja karyawan, LinovHR memiliki modul Employee Self-Services (ESS) untuk membantu karyawan terlibat lebih jauh dalam mengakses data HR-nya.

Modul ESS ini memungkinkan karyawan untuk melihat dan mengatur informasi personalnya seperti melihat riwayat kehadiran, pengajuan cuti, izin, dan lembur secara terpadu.

Dengan fitur-fitur tersebut maka secara otomatis keterlibatan karyawan dalam perusahaan dapat lebih dalam jika dibandingkan dengan menggunakan sistem HCM yang cenderung konvensional.

Perusahaan dapat meningkatkan pengalaman kerja yang diinginkan karyawan dengan membantu memudahkan mereka dalam berbagai situasi yang dibutuhkan.

Selain itu, dengan menggunakan modul ESS, Anda juga dapat mempermudah aktivitas HR baik secara administratif maupun yang sifatnya strategis. Tentunya semua hal tersebut dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan dalam fokus mengembangkan bisnisnya.

Melalui sistem Human Experience Management (HXM), HRD dapat lebih memahami setiap kebutuhan individu demi menunjang lingkungan kerja yang lebih aman dan nyaman.

Segera tingkatkan pengalaman kerja karyawan Anda menggunakan software LinovHR!