apa itu marketing

7 Skill Yang Harus Dikuasai Oleh Marketing Communication

Setelah sebelumnya ada artikel yang membahas tentang  apa itu marketing communication dan tugas – tugasnya sekarang akan kita bahas tentang skill wajib bagi seorang marketing communication

Marketing Communication adalah salah satu jenis pekerjaan dalam suatu perusahaan. Pekerjaan ini dianggap memiliki peran penting untuk membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Peningkatan income juga bisa terpengaruh oleh kinerja seorang Marketing Communication.

Bagaimana pun seorang Marketing Communication akan bertanggung jawab dalam segala macam proses promosi produk perusahaan. Baik secara langsung atau melalui media tertentu. Sehingga nama perusahaan dan brandingnya bisa terbentuk dengan baik di lapangan sesuai dengan bagaimana seorang Marketing Communication mempersentasikannya pada para konsumen.

Oleh sebab itulah ada beberapa skill yang harus dikuasai oleh Marketing Communication agar bisa memaksimalkan kinerjanya dengan baik. Berikut adalah beberapa diantaranya:

 

1.Komunikasi

Skil pertama yang harus dimiliki seorang marketing communication adalah komunikasi. Ya, komunikasi yang lancar bisa memberikan kesan positif serta mengajak konsumen semakin ingin tahu produk yang dimiliki perusahaan. Semua orang bisa berkomunikasi, namun tidak untuk skill komunikasi saat berhadapan langsung dengan orang baru yang memiliki banyak karakter.

Seorang introvert misalnya, jelas ia pasti bisa berkomunikasi. Namun biasanya saat harus dihadapkan dengan persentasi kepada banyak orang ia cenderung kesulitan saat berkomunikasi.

Tapi tenang saja, cara berkomunikasi masih bisa Anda latih. Sekarang ini sudah banyak cara hingga pelatihan yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan skill komunikasi.

 

2.Berani

Skill keberanian pun harus dimiliki seorang marcom. Tidak semua orang memiliki keberanian besar saat menghadapi langsung kondisi pasar yang tak menentu. Dibutuhkan keberanian yang tinggi agar tidak merasa tertekan saat berada di lapangan.

 

3.Berpenampilan menarik

Penampilan menarik disini adalah Anda harus bisa berpakaian dengan rapi namun tidak terasa kaku. Anda harus bisa membuat konsumen merasa nyaman dengan penampilan Anda. Jangan sampai konsumen merasa risih karena tampilan seorang marcom perusahaan yang tidak rapi bahkan cenderung berantakan.

 

4. Membuat strategi

Kondisi pasar tidak akan selalu sama, dan akan selalu ada perubahan. Oleh sebab itulah strategi yang tepat harus bisa diterapkan agar tidak menyebabkan kesalahan dalam penerapannya. Sementara itu, pembuatan strategi juga tak semua orang bisa melakukannya, karenanya skill pembuatan strategi harus bisa dilakukan oleh seorang marcom

 

5.Kreatif

Seseorang marketing communication akan bertanggung jawab dalam pembuatan strategi. Nah, biasanya mereka yang memiliki pemikiran kreatif akan sangat mudah dalam membuat strategi-strategi baru. Permusannya pun tidak akan menjadi beban, karena mereka yang memiliki sifat kreatif cenderung out of the box dan pandai menemukan ide-ide segar.

 

Baca Juga : 10 Alasan HRD Harus Bekerja Seperti Marketing

6.Negosiasi

Skill negosiasi juga harus dimiliki oleh seorang marketing communication. Melakukan nego dengan konsumen atau calon klien hingga menemukan titik positif adalah tanggung jawab seorang marcom. Skill ini akan berhubungan dengan skill komunikasi yang mengharuskan Anda pandang berkomunikasi dengan orang baru.

 

7.Cepat belajar

Akan ada banyak perubahan yang terjadi di lapangan. Misalnya saja dari segi teknologi, mungkin saja Anda menemukan tools teknologi yang semakin berkembang dan tidak pernah digunakan sebelumnya. Seorang marketing communication harus memiliki kemampuan cepat belajar agar bisa menyesuaikan dengan proses marketing kedepannya. Jangan sampai ketidaktahuan tersebut menjadi penghambat dan merugikan perusahaan.

Itulah skill yang harus dikuasai oleh marketing communication. Beberapa skill di atas terlihat sangat dasar namun tidak semua memilikinya.