contoh soft skill

Soft Skill: Pengertian, Manfaat, dan Tips Mudah Meningkatkannya!

Kemampuan lunak atau yang dikenal soft skill adalah salah satu jenis kemampuan yang sangat penting untuk tetap harus dikembangkan. Apalagi, jika Anda yang sedang mencari pekerjaan akan selalu ditanya serta diuji kemampuan soft skill ini.

Sementara itu, banyak orang yang hanya masih berfokus pada pengembangan hard skill dimana mereka melakukan banyak pelatihan kemampuan yang khusus.

Padahal, hal tersebut harus diimbangi dengan soft skill yang mumpuni agar menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian dan contoh dari soft skill, artikel ini akan membahasnya mulai dari pengertian, manfaat, dan tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan soft ini.

 

Pengertian Soft Skill

Soft skill adalah sekumpulan kemampuan terkait namun tidak terbatas seperti komunikasi, kecerdasan sosial, karakteristik seseorang, dan kemampuan beradaptasi yang baik.

Kemampuan ini sangat penting sekali di dalam dunia kerja dimana membutuhkan kolaborasi antar tim dan rekan kerja untuk mencapai tujuan tertentu.

Meskipun demikian, keahlian ini tidak dapat diasah dalam waktu yang relatif singkat.

Hal ini karena berkaitan dengan pengendalian emosi serta wawasan dalam menilai dan memperlakukan orang lain. Metode pengukurannya pun tidak semudah hard skill karena kemampuan ini tidak ada wujudnya.

Oleh sebab itu, kemampuan soft ini dianggap sebagai pelengkap dari hard skill sehingga seseorang dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dan maksimal.

 

Manfaat Soft Skill

Memiliki keahlian lunak tentunya akan mendapatkan banyak manfaat yang Anda peroleh, baik untuk Anda sendiri maupun bagi orang lain.

Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengembangkan soft skill, antara lain:

  • Manfaat pertama ketika seseorang mengembangkan keahlian ini yaitu dapat mendukung serta mendorong sikap profesionalisme seseorang. Tentunya sikap profesionalisme dapat mendukung daya tarik seseorang dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Dapat menciptakan nilai tambah bagi seseorang yang memiliki kemampuan soft skill baik. Sehingga, seseorang tersebut dapat lebih menonjol di antara orang disekitarnya.
  • Membantu untuk meningkatkan nilai ekonomis dari penciptaan suatu barang. Hal ini karena seseorang dapat melakukan pekerjaan yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat menciptakan suatu barang atau jasa yang mungkin diperlukan oleh masyarakat.
  • Mendukung keberhasilan jenjang karir. Ketika seseorang mengasah kemampuan lunaknya, maka tentunya seseorang tersebut dapat jauh lebih baik untuk berhubungan dengan banyak orang atau orang baru di sekitarnya sehingga dapat menunjang karirnya jauh lebih optimal.

 

Contoh Soft Skill

Pada dasarnya, ada banyak sekali contoh dari keahlian ini yang dapat Anda asah untuk menunjang karir di masa depan. Berikut beberapa contoh umumnya.

 

1. Komunikasi

Contoh soft skill adalah salah satunya kemampuan komunikasi. Komunikasi pada dasarnya adalah kemampuan yang paling penting dalam setiap pekerjaan.

Baik pekerjaan lapangan maupun pekerjaan kantoran akan selalu membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Kemampuan komunikasi ini terbagi lagi atas beberapa hal yang tentunya dapat Anda asah untuk kemajuan diri sendiri.

Beberapa contoh kemampuan komunikasi yang dapat Anda asah:

  • Presentasi.
  • Negosiasi.
  • Komunikasi verbal.
  • Komunikasi nonverbal.
  • Mendengarkan.
  • Organisasi.

 

2. Problem Solving

Kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah atau problem solving juga tidak kalah penting dari kemampuan komunikasi. Seseorang yang dapat memecahkan masalah dengan baik akan mendapatkan jenjang karir yang baik juga.

Untuk itu Anda dapat mengasah beberapa kemampuan seperti:

  • Riset.
  • Manajemen risiko.
  • Kerja sama tim.
  • Berpikir kritis.
  • Kreativitas.

 

3. Kepemimpinan

Dalam dunia kerja, kemampuan kepemimpinan atau leadership menjadi salah satu kemampuan yang harus Anda kuasai. Meskipun Anda bukan seorang manajer, namun kemampuan ini dinilai untuk mengetahui seberapa cerdas Anda dalam mengambil keputusan tertentu.

 

4. Adaptasi

Kemampuan adaptasi merupakan kemampuan Anda dalam beradaptasi dengan suasana lingkungan baru. Hal ini karena dunia kerja yang dinamis dimana memiliki budaya kerja yang berbeda-beda.

Beberapa kemampuan yang dapat Anda pelajari lebih lanjut, seperti:

  • Organisasi.
  • Optimisme.
  • Konsistensi.
  • Fleksibel.

 

5. Etika Kerja

Bagi seorang pekerja, memiliki etika kerja yang baik merupakan nilai tambah yang sangat disarankan. Tentunya, seseorang yang memiliki etika kerja baik dapat membangun hubungan positif yang  jauh lebih baik.

Beberapa kemampuan yang dapat Anda asah, yaitu:

  • Integritas.
  • Manajemen waktu.
  • Teamwork.
  • Kegigihan.

 

Baca juga: Pengertian Problem Solving: Skill Penting Untuk Tingkatkan Karir

 

Tips Meningkatkan Soft Skill

Seperti kemampuan hard skill, kemampuan ini juga dapat Anda tingkatkan dengan baik.

Pada dasarnya kemampuan soft skill dapat Anda asah mulai dari Anda duduk di bangku sekolah sehingga dapat membentuk kepribadian yang lebih baik.

Meskipun demikian, terdapat beberapa cara meningkatkan kemampuan ini yang perlu Anda ketahui.

 

1. Menentukan Kemampuan yang Ingin Anda Tingkatkan

Pastinya Anda perlu menentukan kemampuan apa yang Anda ingin tingkatkan sebelum mulai mengasahnya. Umumnya, seseorang akan memilih sesuai dengan kondisi yang diperlukan.

Anda harus melakukannya dengan disiplin agar kemampuan ini dapat berkembang secara optimal.

 

2. Amati Kemampuan Soft Skill Orang Lain

Dengan mengamati kemampuan orang lain, Anda dapat memetik pelajaran positif yang ada di dalamnya. Bagaimana mereka bertindak atau bagaimana mereka memutuskan suatu keputusan penting.

Dengan mempelajarinya, Anda dapat mengasah kemampuan Anda menjadi lebih maksimal karena telah mengetahui contoh asli dari orang yang Anda temui.

Anda pastinya harus menjadi pendengar yang aktif untuk melakukan pengamatan yang baik.

 

3. Tetapkan Target Pencapaian

Anda perlu menetapkan target pencapaian atas pembelajaran Anda. Caranya adalah dengan menanyakan langsung kepada teman atau rekan kerja Anda.

Apakah masih ada yang perlu ditingkatkan lagi atau Anda sudah menjadi pribadi yang cukup baik. Selain itu, Anda juga dapat mengevaluasi diri sendiri untuk meningkatkan kemampuan ini.

Demikianlah penjelasan mengenai soft skill yang perlu Anda ketahui. Tentunya dengan mengembangkan kemampuan ini, Anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan berkarir dengan lebih optimal.