Pengertian kepemimpinan yang baik serta ciri-cirinya

Membahas Pengertian Kepemimpinan yang Baik dan Ciri-Cirinya

Dalam sebuah organisasi ataupun kelompok seorang pemimpin tentu akan sangat dibutuhkan. Menjadi pemimpin yang baik dapat memajukan organisasi atau kelompok yang ia pimpin, tak hanya itu pemimpin yang baik juga dapat menjadikan anggota yang ia pimpin berkembang dan selalu termotivasi.

Seorang pemimpin yang baik akan selalu mencoba mempelajari hal baru dan akan selalu mengambil pelajaran dari kesalahan yang telah mereka perbuat. Dan potensi untuk menjadi seorang pemimpin ada didalam diri setiap masing-masing individu, dan bagaimana mereka dapat menggali potensi tersebut lebih dalam.

Lantas bagaimana pengertian kepemimpinan yang baik? Dan apa saja ciri-ciri kepemimpinan yang baik? Kali ini LinovHR telah merangkum kiat-kiat menjadi seorang pemimpin yang baik.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, simak pembahasan kali ini!

 

Pengertian Kepemimpinan yang Baik Secara Umum

Ada banyak sekali pengertian kepemimpinan yang baik yang dikemukakan oleh para ahli.

Seperti pengertian dari James Stoner, menurutnya kepemimpinan yang baik adalah proses mengarahkan dalam memengaruhi sebuah kegiatan yang berkaitan dengan anggota kelompok atau organisasi.

Selain itu, pengertian lainnya dari kepemimpinan menurut Sutarto Wijono adalah rangkaian aksi yang dilaksanakan seseorang berdasarkan kemampuannya untuk memengaruhi anggota untuk melakukan sesuatu dalam situasi tertentu.

Dari dua pengertian di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa secara umum kepemimpinan yang baik adalah kemampuan seseorang untuk menggerakan sikap individu atau kelompok untuk melakukan tindakan tertentu dengan maksud meraih tujuan bersama.

Kepemimpinan adalah sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Sedangkan pemimpin adalah orang yang diberikan kepercayaan untuk memimpin. 

 

Baca Juga: Mengenal Gaya Kepemimpinan Situasional dan Karakteristiknya

 

Ciri-Ciri Kepemimpinan yang Baik

Dikutip dari buku Principle Centered Leadership (2001) yang ditulis oleh Stephen Covey, seorang pemimpin yang baik memiliki ciri-ciri dalam dirinya, antara lain:

 

1. Pengaturan Manajemen yang Baik

Salah satu ciri-ciri kepemimpinan yang baik adalah baik dalam pengaturan manajemen. Ia dapat mengatur dirinya sendiri dengan sangat baik, mulai dari manajemen waktu, manajemen emosi, serta manajemen perhatian.

Seorang pemimpin yang baik dapat memahami dirinya sendiri dan juga mengetahui kelemahannya serta memanfaatkan kelebihannya. Sehingga ia dapat menyikapi serta mengkondisikan semua tindakan yang ia kerjakan.

 

2. Memiliki Strategi yang Jelas

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik selanjutnya adalah memiliki strategi yang jelas. Seorang pemimpin yang baik dapat menyusun strateginya dan bertindak dengan sebaik mungkin.

Ia juga harus dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Hasil baik atau buruknya keputusan tersebut bergantung pada tindakan yang diambil pemimpin tersebut.

Oleh karena itu menjadi pemimpin yang baik juga harus cerdas dalam melihat keadaan serta dapat menentukan strategi yang terbaik untuk diambil oleh organisasi yang ia pimpin.

 

3. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan berkomunikasi yang baik juga menjadi ciri seseorang punya kepemimpinan yang baik. Karena komunikasi yang baik menjadi kunci apakah para anggota bertindak sesuai dengan apa yang diarahkan atau diharapkan.

Skill komunikasi yang baik yang harus dimiliki pemimpin adalah ia harus tahu kapan saatnya ia akan berbicara dan kapan saat ia harus mendengarkan orang lain.

 

4. Bertanggung Jawab

Tentu seorang pemimpin yang baik harus mempertanggung jawabkan semua tugas dan perilakunya, sebagai pemimpin pastinya akan memikul tugas dan tanggung jawab yang berat. 

Oleh karena itu apapun yang terjadi kedepannya pemimpin adalah orang pertama yang tetap dan harus bertanggung jawab.

 

5. Memiliki Visi dan Misi yang jelas

Tanpa visi dan misi yang jelas kepemimpinan akan sulit dijalankan karena tidak fokus dan konsisten. Dengan adanya kejelasan dalam visi dan juga misi seorang pemimpin akan terus berusaha dan fokus untuk mencari jalan keluar serta penyelesaian ketika dilanda suatu permasalahan.

 

Itulah pengertian dan ciri-ciri kepemimpinan yang baik. Bagi Anda yang merupakan seorang pemimpin atau leader, rangkuman kali ini akan sangat membantu Anda dalam memaksimalkan kecakapan kepemimpinan Anda.