system recruitment

Menciptakan System Recruitment Ideal Bersama HRIS LinovHR

Setiap tahun, system recruitment tentunya akan berubah seiring perkembangannya teknologi yang semakin maju. Tentu sekarang sudah tidak relevan lagi untuk menggunakan sistem rekrutmen manual. Saat ini Sistem yang serba online, membuat banyak perusahaan ikut beralih ke online recruitment system.

Seperti apa system recruitment yang ideal untuk saat ini? dan Bagaimana cara menciptakannya? Yuk kita cari tahu bersama!

 

Kompleksitas Rekrutmen Karyawan dalam Perusahaan

Merekrut karyawan untuk perusahaan merupakan hal yang cukup ribet dan kompleks. Terkadang menemukan kandidat yang sesuai namun HR yang kurang tanggap ataupun memang kandidat tersebut memang kurang kualifikasinya.

Sebelum membahas tentang  system recruitment yang ideal dan cara menciptakannya, kita akan membahas kompleksitas rekrutmen karyawan secara lebih lengkap terlebih dahulu!

 

1. Menarik kandidat yang tepat

Jika Anda pernah mencoba menemukan kandidat yang tepat dengan bakat yang tidak memenuhi syarat, Anda akan tahu bahwa pilihan Anda terbatas. Anda akan memilih orang terbaik yang dapat Anda temukan saat itu, bukan yang paling cocok untuk pekerjaan itu.

Cara terbaik untuk merekrut orang yang tepat seringkali berasal dari saluran yang lebih kecil dengan bakat yang lebih berkualitas.

 

2. Mencari Kandidat yang Memenuhi Syarat

Kandidat terbaik sering dihubungi oleh HR untuk bergabung dengan perusahaannya , sehingga ini akan cukup menyulitkan anda untuk mendapatkannya.  Selain itu, kandidat dengan keterampilan yang memenuhi syarat, sangat sering mempertimbangkan beberapa tawaran pekerjaan secara bersamaan.

Anda perlu melakukan upaya ekstra untuk membujuk kandidat tersebut untuk memilih perusahaan Anda daripada pesaing Anda.

 

software hris

 

 

3. Mempekerjakan Cepat

HR ingin merekrut secepat mungkin, karena posisi yang kosong membutuhkan biaya dan menunda operasi.

Namun, tergantung pada perusahaan Anda, membuat perekrutan bisa memakan waktu beberapa bulan memberi tekanan pada tim HR yang membuat frustasi. 

Waktu yang lama untuk merekrut mungkin merupakan kekurangan kandidat yang memenuhi syarat. Proses perekrutan mungkin terlalu lama atau tim HR mungkin berjuang untuk mencapai konsensus, sehingga kandidat terbaik mencari pekerjaan di tempat lain.

 

4. Menggunakan Rekrutmen Berbasis Data

Perusahaan dapat menggunakan data dan metrik rekrutmen untuk terus meningkatkan proses rekrutmen dan membuat keputusan yang lebih tepat.

Tetapi mengumpulkan dan memproses data bisa merepotkan. Spreadsheet adalah salah satu cara untuk melacak data perekrutan tetapi membutuhkan pekerjaan manual dan rentan terhadap kesalahan manusia.

 

5. Brand Perusahaan

Brand perusahaan yang baik membantu menarik dan melibatkan kandidat yang lebih baik. Perusahaan yang tidak berinvestasi dalam branding, memberikan beban tiga kali lebih untuk melakukan perekrutan yang berkualitas.

 

6. Memastikan Pengalaman Kandidat yang Baik

Pengalaman kandidat tidak hanya penting untuk pencitraan perusahaan, tetapi juga menjadi faktor ketika kandidat terbaik Anda mengevaluasi tawaran pekerjaan Anda. Cara Anda memperlakukan kandidat selama proses perekrutan mencerminkan cara Anda memperlakukan mereka setelah perekrutan. 

Jika mereka memiliki pengalaman buruk, mereka cenderung tidak menerima. Sebaliknya, pengalaman kandidat yang positif dapat meningkatkan citra perusahaan Anda dan mendorong kandidat yang baik untuk melamar dan menerima tawaran pekerjaan Anda.

 

7. Merekrut Secara Adil

Banyak perusahaan berjuang untuk menarik dan mempekerjakan kandidat yang beragam dan bias yang tidak disadari sering menjadi alasannya.

Terlepas dari kewajiban hukum Anda untuk memberikan kesempatan yang sama, mempekerjakan secara objektif baik untuk bisnis karena membantu Anda mempekerjakan orang terbaik untuk pekerjaan itu tanpa mengganggu stereotip. 

Ini akan menghasilkan tempat kerja yang inklusif yang menunjukkan kepada kandidat potensial bahwa Anda adalah seorang meritokrasi dan memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dari efek positif keragaman.

 

8. Proses Rekrutmen yang Efisien

Tim perekrutan perlu berkomunikasi dengan cepat, mengevaluasi kandidat dengan mudah, dan mengetahui apa yang terjadi di setiap langkah. Perekrut ditugaskan untuk mengkoordinasikan semua komunikasi ini dan itu tidak selalu mudah. Terutama jika hubungan perekrut dengan manajer perekrutan tegang. 

Selain itu, tugas administratif seperti menjadwalkan wawancara sering kali menyita waktu berharga yang dapat digunakan perekrut dalam mengkoordinasikan proses perekrutan dan memastikan pengalaman kandidat yang baik.

 

Baca Juga: 3 Cara Menciptakan Sistem Rekrutmen Karyawan

 

Menggunakan HRIS LinovHR untuk Mengatasi Kompleksitas Rekrutmen Karyawan

 

Untuk membantu mengatasi kompleksitas dalam merekrut karyawan, LinovHR memiliki HRIS yang lengkap, akurat dan terpercaya.

Memiliki 12 modul yang akan membantu perekrutan hingga mengelola karyawan yang lebih unggul.

  1. Modul Recruitment menjadi pintu awal untuk merekrut talent terbaik dengan kualifikasi yang sesuai dengan posisi kerja yang terbuka.
  2. Modul Organization Management dapat digunakan untuk melihat gambaran besar visi, misi, dan value perusahaan.
  3. Modul Personnel Administration sebagai database penyimpanan informasi karyawan yang lengkap tanpa harus takut hilang.
  4. Modul Payroll menjadi solusi dalam pengelolaan penggajian karyawan tanpa harus menghitung manual.
  5. Modul Performance Management akan memudahkan penilaian kinerja karyawan agar semakin unggul kualitas karyawannya.
  6. Modul Competency Management menjadi jawaban untuk mengelola setiap kompetensi dan skill yang dipunya karyawan dalam satuan unit kerja.
  7. Modul Reimbursement sangat berguna terutama dalam reimburse bagian asuransi kesehatan jiwa ataupun ketenagakerjaan, uang lembur, ataupun tunjangan lainnya.
  8. Modul Succession Management akan memastikan bahwa posisi penting yang akan kosong karena resign-nya karyawan akan segera diisi dengan talent terbaik.
  9. Modul Time Management akan mempermudah HR dalam mengelola jadwal karyawan agar dinamika kerjanya sesuai dan meningkatkan kinerja karyawannya.
  10. Modul Loan merupakan fasilitas yang diberikan perusahaan bagi karyawannya yang mempunyai masalah mendesak terkait finansial.
  11. Modul Employee Self Service (ESS) adalah fitur berbasis software yang dikelola LinovHR untuk mengakses informasi kebutuhan karyawan.
  12. Modul Learning and Development akan membantu Anda untuk mengelola segala hal yang bertujuan untuk meningkatkan performa dan skill karyawan untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

 

Keuntungan Menggunakan HRIS LinovHR

Dengan begitu banyak modul yang ditawarkan, tentunya HRIS LinovHR menawarkan keuntungan yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola perusahaan, seperti :

 

  1. Mengumpulkan dan mengelola data secara lebih cepat
  2. Membantu dalam memproses calon karyawan dengan mudah
  3. Tidak perlu takut lagi untuk tidak bayar pajak karena otomatis terpotong dalam penggajian
  4. Membantu untuk meningkatkan skill dan performa karyawan
  5. Dapat membentuk pola kerja yang baik

 

Kompleksitas dalam perekrutan bukan lagi menjadi suatu masalah yang besar.

Hal ini tentunya dibantu dengan HRIS LinovHR yang siap menjawab kegelisahaan Anda untuk menemukan kandidat terbaiknya. Karena semua #EasyWithLinovHR