personal branding

Dijamin Lolos! 8 Tips Bangun Personal Branding sebelum Melamar Kerja

Membangun personal branding tidak hanya penting dilakukan untuk perusahaan saja. Namun, personal branding atau branding pada diri sendiri juga menjadi hal penting apalagi jika anda ingin melamar pekerjaan baru. Branding akan menjadi identitas yang melekat pada diri anda dan menjadi ciri yang khas, dengan sebuah branding perusahaan atau public bisa dengan mudah mengenali diri Anda etnah itu baik atau buruk. Lantas, bagaimana sih cara membangun personal branding sebelum melamar kerja?

Berikut pembahasan bagaimana cara membangun personal branding yang baik sebelum melamar pekerjaan.

 

1.Membuat Profil Sosial Anda

Tahukah Anda sudah banyak perusahaan yang mulai meminta karyawannya untuk menyebutkan apa username social media? Ya, ini dilakukan perusahaan agar mereka bisa melakukan penilaian pada calon karyawannya tidak hanya secara langsung. Namun perusahaan akan melihat bagaimana aktivitas social media Anda. Nah, bila Anda memiliki branding yang kuat dalam bersosial media, itu tentu akan memberikan daya tarik untuk perusahaan.

Bagaimana membuat branding sosial media? Misalnya saja, seorang yang senang jalan-jalan, ia sering mengupload gambar hasil jepretannya ke sosial media. Alih-alih mengupload foto selfi, ia lebih memilih mengupload gambar alam atau lokasi wisata yang dikunjungi.

Ini bisa menjadi cara melakukan personal branding positif. Jangan sampai aktivitas sosial media Anda malah memberikan branding yang negatif.

 

2.Cari Tahu Apa yang Anda Bisa

Yang kedua adalah cari tahu apa yang anda bisa Berikut adalah contoh sederhana dari hal ini, Jika anda ingin mendapatkan branding seorang yang kreatif. Tentu Anda harus melakukan hal-hal kreatif yang bisa ditunjukan pada public. Namun anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang Anda bisa, jangan sampai Anda melakukan branding diluar kemampuan. Ini malah akan jadi pemalsuan branding dan dampaknya tentu pada diri Anda sendiri.

 

3.Membuat Sebuah Konten Menarik

Sekarang ini sudah banyak sekali platform online yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat branding personal. Blog, sosmed ( Facebook, IG, Twiter ) dan banyak lagi. Sebelum menjadi content creator professional cobalah untuk membuat konten yang menarik untuk pada diri sendiri. Misal, Anda akan membuat konten dari sebuah tulisan yang di post pada blog personal Anda atau menulis  konten yang insipiratif pada  sosial media  anda .

 

4.Berinteraksi Dengan Public

Personal branding Anda tentunya bukan hanya untuk diri sendiri bukan? Anda membangunnya agar publik bisa mengetahui Anda dengan mudah bahkan tanpa harus berkenalan. Oleh sebab itulah anda harus melakukan proses  membangun branding jangan sungkan untuk berinteraksi dengan publik untuk menciptkan branding yang postive.

 

5.Buat Citra Positif

Berikutnya ada kelanjutan dari yang poin No 4 yaitu saat Anda berinteraksi pada public, buatlah citra yang positif agar branding yang ditangkap oleh publik pun positif. Tidak jarang ada saja orang yang memulai branding dengan citra negatif, tentu hal ini akan menyulitkannya dalam mengembalikan citra positifnya sendiri dan tentu akan menciptkan citra yang buruk jika anda ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

 

6.Jangan terlalu memasukan kehidupan pribadi pada personal branding Anda

Personal branding ibaratkan sebuah merek. Bila terpengaruh oleh kehidupan pribadi atau masalah yang bisa berpengaruh negatif tentu brand malah akan semakin menurun kekuatannya. Usahakan untuk tetap stabil dalam membangun brand. Ini bukan pencitraan namun Anda harus bersikap professional pada diri sendiri.

 

Baca Juga : 7 Tips Mudah Mengelola Data Karyawan

 

7.Buatlah Brand yang Mudah Diingat

Simple dan unik itulah yang Anda butuhkan dalam proses pembangunan brand. Jangan terlalu sulit menggambarkan personal branding Anda. Misal, seorang yang hobi berjalan-jalan dan senang mengupload kegiatannya ke sosmed dengan mudah akan dikenal sebagai travel blogger, atau tukang jalan-jalan. Mudah untuk dikenali bukan?

 

8. Pertahankan Branding Anda

Yap, yang terakhir adalah pertahankan branding Anda! Jangan terpengaruh dengan branding lainnya. Inilah yang tersulit, kadang kalau sedang membangun branding ada saja yang malah terpengaruh akibatnya personal branding semakin tidak jelas.

 

Nah, itulah 8 tips bangun personal branding sebelum lamar kerja. Yuk mulai buat branding yang postive untuk Anda sendiri agar memudahkan anda ketika melamar pekerjaan.