manajemen organisasi

Kiat Meningkatkan Manajemen Organisasi Perusahaan

Manajemen organisasi adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mencapai masing-masing tujuan yang telah direncanakan. Teori manajemen organisasi ini dipercaya mampu untuk melancarkan aktivitas pekerjaan yang efektif dan efisien.

Agar tujuan organisasi atau perusahaan dapat tercapai, serangkaian aktivitas harus dilakukan dengan baik dan benar. Untuk itu, terdapat tips untuk meningkatkan manajemen organisasi dalam suatu perusahaan. Tanpa menunggu lama, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Promosikan Karyawan yang Tepat

Agar meningkatkan manajemen organisasi, tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih karyawan yang tepat untuk dipromosikan. Untuk memilih orang ini, menjadi karyawan yang teladan saja tidak cukup. Sebab, manajer harus mengidentifikasi siapakah orang yang telah memenuhi standar kompetensi dan bisa diandalkan untuk memimpin rekan kerja yang lainnya.

Selain memiliki skill utama dalam kerja, memiliki soft skill seperti keahlian dalam komunikasi, mengelola tim kerja, memimpin dan mengarahkan anggota tim untuk melakukan pekerjaan yang efektif, dan dapat memutuskan suatu keputusan secara cepat juga harus dimiliki oleh karyawan tersebut.

 

Baca Juga : 7 Indikator Penilaian untuk Mempromosikan Karyawan

 

Sediakan Alat yang Tepat

Dalam hal ini, penyediaan alat yang dimaksud adalah perangkat lunak pengelolaan sumber daya manusia untuk membantu manajemen perusahaan dalam mengidentifikasi karyawan mana yang berhak untuk mendapatkan pelatihan guna untuk meningkatkan kinerjanya. Perangkat lunak atau software SDM saat ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan untuk merampingkan tugas pengelolaan karyawan dan meningkatkan kapabilitas kinerja mereka.

Selain menyediakan alat yang tepat, ajukanlah beberapa pertanyaan kepada karyawan Anda untuk mengetahui hal apa yang harus segera dibenahi seperti:

  • Apakah masalah terbesar dari manajemen organisasi perusahaan?
  • Apakah yang menjadi hambatan pekerjaan?
  • Hal apa yang membuat waktu menjadi terbuang sia-sia?

 

Membuat Struktur Organisasi

Struktur organisasi dibuat untuk menjelaskan setiap posisi atau kedudukan dari masing-masing karyawan atau manajer. Selain itu struktur tersebut dibuat agar alur kerja dapat dipahami secara jelas untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

Struktur atau bagan organisasi dapat membantu seorang atasan untuk mengetahui siapa yang dapat diberikan tanggung jawab ketika dirinya sedang tidak bisa berada di kantor. Maka dari itu, dalam struktur ini harus mencantumkan nama, posisi, serta nomor telepon yang bisa dihubungi. 

Dengan membuat struktur organisasi yang baik dan tepat dapat meningkatkan produktivitas kerja sehingga meminimalisir terjadinya hambatan dalam birokrasi serta saling menyalahkan satu sama lain yang menyebabkan penurunan kinerja.

 

Baca Juga : Tips untuk  Membuat Struktur Organisasi Perusahaan yang Efektif

 

Menuliskan Job Description Secara Jelas

Selain dengan struktur, job description dibuat agar setiap masing-masing karyawan memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus mereka kerjakan secara jelas. Penulisan ini bertujuan agar karyawan tidak mendapatkan job desc di luar dari tanggung jawabnya.

Adanya job description ini dibuat untuk memudahkan manajer untuk menunjuk anggotanya dalam memberikan tugas. Dengan begitu, karyawan akan lebih bisa mengefisiensi waktu untuk menyelesaikan tugas dan memperbaiki kesalahan dan lebih banyak waktu untuk  memberikan informasi dan pelatihan kerja kepada karyawan.

 

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan kerja yang nyaman dapat membantu para karyawan lebih bersemangat dalam bekerja dan memberikan hasil kerja yang maksimal.

Agar menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

 

  • Saling Percaya Satu Sama Lain

Baik manajemen perusahaan maupun karyawan tentu harus saling memupuk kepercayaan satu sama lainnya. Kepercayaan yang saling dibentuk ini akan memudahkan perusahaan untuk melibatkan karyawan dalam menjalani tugas penting, dan bagi karyawan akan memudahkan mereka untuk mengajukan pertanyaan kepada atasan tanpa adanya kecanggungan.

 

  • Manajemen Diri

Manajemen diri yang baik membuat setiap karyawan dapat memahami tanggung jawabnya sehingga dapat menyelesaikannya dengan baik. Agar setiap karyawan bisa menerapkan manajemen diri dengan baik, perusahaan bisa menerapkan beberapa pekerjaan yang dapat mereka kelola sendiri seperti memperbaharui data dirinya, mengajukan izin atau cuti, dan pekerjaan lainnya.

Melakukan pekerjaan yang dapat dilakukan sendiri oleh karyawan akan meningkatkan keterlibatan dan produktivitas kinerja mereka.

 

  • Pemberdayaan

Pemberdayaan dalam hal ini adalah melibatkan seluruh pihak mulai dari manajer sampai karyawan untuk ikut serta dalam membuat keputusan. Pemberdayaan akan mendorong manajer dan karyawan untuk mengetahui hal apa yang harus mereka kerjakan dan mengetahui kesalahan apa yang mereka perbuat. Sehingga mereka bisa menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

Ingin Meningkatkan Manajemen Organisasi? Gunakan Modul Organization dari LinovHR!

Untuk meningkatkan manajemen organisasi dalam perusahaan, menggunakan bantuan dari perangkat lunak seperti Software HRD dirasa dapat mempercepat pencapaian tujuan perusahaan.

Agar tidak salah memilih vendor perangkat lunak, Software HRD dari LinovHR adalah sebuah pilihan yang tepat. LinovHR melalui Modul Organization dapat berfungsi untuk melihat secara menyeluruh dan detail tentang gambaran besar perusahaan serta beberapa komponen lainnya.

Anda bisa memantau proses kerja mulai dari perusahaan induk hingga cabang-cabang perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah. Selain melihat gambaran dan proses kerja, modul ini akan memperlihatkan job description dan juga unit jabatan dari tiap unit perusahaan.

Dengan memanfaatkan Modul Organization dari LinovHR, Anda bisa mengelola company profile perusahaan baik induk maupun cabang-cabang perusahaan mulai dari nama, deskripsi, logo, hingga lokasi tiap perusahaan dengan mudah dan cepat. Selain itu, fitur yang dihadirkan pada modul ini dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan dapat memudahkan dalam mencapai tujuan.

Itu tadi adalah tips dalam meningkatkan manajemen organisasi dalam perusahaan. Penerapan tips di atas akan lebih mudah lagi dengan menggunakan Modul Organization dari Software HRD LinovHR. Seluruh proses kerja akan dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam modul.