Jangan Panik Hadapi Client Asing, Inilah Tips Presentasi Bahasa Inggris

Jangan Panik Hadapi Client Asing, Inilah Tips Presentasi Bahasa Inggris

Bagi banyak orang, presentasi sangat menegangkan, apalagi jika harus melakukan presentasi bahasa Inggris di depan client atau rekan bisnis yang berasal dari luar negeri. Jika salah dalam berkata, bisa saja perjanjian bisnis tidak terlaksana. 

Untuk itu, di bawah ini beberapa tips presentasi yang sangat baik dalam bahasa Inggris, sehingga Anda dapat membuat kesan baik kepada audiens!

 

Tips Presentasi dalam Bahasa Inggris

Apakah Anda sedang mempresentasikan informasi tentang perusahaan atau mempresentasikan proposal kepada client? Contoh presentasi bahasa Inggris mudah ditemukan pada perusahaan multinasional atau startup yang membutuhkan pendanaan dari investor.

Berikut adalah strategi yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan presentasi yang mencengangkan : 

 

Pikirkan Detailnya Terlebih Dahulu

Memberikan presentasi di depan audiens selalu membuat stres. Memikirkan detail seperti lokasi presentasi, peralatan, bahan, waktu, penampilan, hingga pakaian akan membantu Anda menghindari kegugupan. Memahami detail juga memudahkan Anda dalam menentukan seperti apa pembukaan presentasi bahasa Inggris.

 

Mempersiapkan Diri

Persiapan yang efektif memerlukan pertimbangan hal-hal sebagai berikut:

  • Pikirkan tentang siapa audiens Anda
  • Cari tahu apa pesan utama Anda
  • Pahami  struktur presentasi: pembukaan, bagian utama dan ringkasan apa yang akan Anda berikan
  • Persiapkan diri Anda untuk pertanyaan. Pikirkan tentang pertanyaan apa yang mungkin diajukan audiens
  • Biasanya seorang pembawa presentasi memiliki waktu presentasi maksimal 15 menit. Jadi, buat presentasi dengan sederhana, slide tidak lebih dari 20 serta menggunakan font yang dapat dibaca jelas

 

Perkenalkan Diri dengan Baik

Di awal presentasi, penting untuk memperkenalkan diri, memberikan nama lengkap, posisi, dan lain sebagainya. Beberapa orang juga menyertakan informasi kontak mereka di slide pertama berguna jika Anda ingin seseorang dari audiens menghubungi Anda setelah presentasi Anda. 

Setelah pendahuluan, jangan lupa untuk menyatakan topik presentasi Anda. Misalnya, “Good morning everyone, thank you for coming. My name is Dira. So the topic of today’s meeting about Engagement Digital Marketing in Quartal 4. Shall we get started?”

 

Baca Juga:  Menjanjikan! Berikut Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

 

Berikan Outline

Memberikan outline presentasi adalah suatu keharusan, karena orang ingin tahu mengapa mereka harus mendengarkan Anda. Itu sebabnya bagian pembuka sangat penting. Itu harus ceria, menarik dan menarik. 

Anda harus memahami dan menghafal outline tersebut, jadi Anda tidak kehilangan jejak pikiran Anda bahkan jika Anda gugup. Misalnya, “I’d like to give you a brief outline of my presentation…”

 

Buat Transisi yang Jelas

Menggunakan kata dan frasa transisi dalam bahasa Inggris membuat presentasi Anda terlihat halus dan mudah diikuti. Misalnya, “I’d like to move on to another part of the presentation….”. Sehingga para pemirsa paham materi yang telah berganti. 

 

Tarik Perhatian Audiens

Jika Anda tidak bersemangat saat presentasi, audiens Anda juga tidak akan bersemangat. Saat mempresentasikan, Anda harus merencanakan untuk membuat audiens Anda kagum. 

Gunakan kata sifat dan kata deskriptif karena akan membantu menarik perhatian audiens dan membuat presentasi Anda lebih hidup dan mudah diingat. Misalnya, “This is an outstanding example”

 

Gunakan Data Akurat

Jika Anda perlu menyajikan angka atau beberapa analisis komparatif dari algoritma, gunakan visual untuk mempresentasikannya. Anda dapat menggunakan bagan, grafik, atau diagram untuk membuat data Anda menarik secara visual. 

Ingat bahwa diagram lingkaran bagus untuk mewakili proporsi, diagram garis untuk mewakili tren, diagram kolom dan batang untuk peringkat. Misalnya, “Here are some facts and figures”

 

Rangkum Seluruh Presentasi

Di akhir presentasi, rangkumlah secara singkat poin-poin dan ide-ide utama dari seluruh aspek yang Anda jabarkan. Berikan pendapat Anda kepada audiens, pancing audiens untuk bertanya lebih dalam. Cara seperti ini bisa menjadi metode ampuh agar audiens bersedia melakukan suatu hal berdasarkan informasi yang Anda jelaskan. . 

Jika pembukaan presentasi dalam bahasa Inggris sudah dilakukan di awal, jangan lupakan penutupnya! Akhiri presentasi dengan mengucapkan terima kasih kepada semua pendengar dan mengundang mereka untuk tanya jawab. Anda dapat mengucapkan, “Let’s summarize briefly what we’ve looked at…”

 

Coba Terus Berlatih

Coba latih presentasi Anda menggunakan tips di atas. Berlatihlah di depan cermin atau bersama teman, orang tua, atau pasangan Anda.

Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik. Saat berlatih, usahakan jangan menggunakan kata-kata yang menunjukkan rasa canggung  seperti : uhhhhh, ahhhh, like, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: 7 Pertanyaan dan Jawaban dalam Interview Bahasa Inggris

 

Perlu dipahami bahwa ketenangan ketika membawakan presentasi sangat penting. Begitu Anda menguasai berbagai tips di atas, maka presentasi bahasa inggris bukan lagi hal yang menakutkan. Anda pun akan mendapatkan perhatian yang diharapkan dari para audiens.

Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu Anda dalam melakukan presentasi!