Pembukaan Presentasi

Tips Cara Pembukaan Presentasi Beserta Contoh Kalimat

Presentasi merupakan salah satu cara Anda untuk menyampaikan sebuah gagasan atau ide kepada orang lain dengan jelas. Namun, hal ini tentunya bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Salah satu bagian terpenting dari presentasi adalah pembukaan presentasi.

Di samping teknik presentasi, sesi membuka presentasi dapat menunjang keberhasilan sebuah presentasi. Para pendengar dapat lebih antusias berkat kalimat pembukaan presentasi yang tepat. Jika hal tersebut terjadi, maka materi atau inti pembahasan dalam presentasi tersebut akan mudah dipahami.

Lalu, bagaimana cara Anda membuka presentasi dengan baik? Simak artikel berikut ini agar Anda dapat melakukan presentasi lebih baik lagi kedepannya.

 

Mengapa Pembukaan Presentasi Sangat Penting?

Presentasi tidak hanya berbicara bagaimana Anda dalam menyampaikan gagasan utama kepada para pendengar. Terdapat hal-hal lainnya yang tidak kalah penting dalam bagian presentasi yang harus Anda lakukan dengan baik, yaitu membuka presentasi dengan baik.

Meski terdengar sepele dan kurang penting, padahal bagian pembukaan ini menjadi sangat penting dan berpengaruh besar terhadap keberhasilan suatu presentasi.

Dalam melakukan presentasi, tentunya Anda harus mendapatkan cukup perhatian dari para pendengar agar apa yang Anda sampaikan nantinya dapat diterima dengan baik. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa Anda harus membuka presentasi dengan sebaik mungkin.

Ketika para pendengar telah menaruh sikap antusias untuk bersedia mendengarkan penjelasan Anda, maka hal itu dapat menunjang keberhasilan Anda dalam melakukan presentasi hingga akhir. Namun, sebaliknya jika bagian pembukaan dalam presentasi kurang menarik, maka para pendengar tidak akan antusias dalam mendengarkan penjelasan Anda.

 

Tips Melakukan Pembukaan Presentasi yang Baik

Membuka sebuah presentasi dengan baik pastinya akan mengundang banyak atensi dari para pendengar. Selain kemampuan komunikasi efektif, tentunya terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika memiliki kesempatan untuk melakukan presentasi di hadapan orang banyak.

Beberapa cara pembukaan presentasi yang tepat sebagai berikut.

 

Menarik Perhatian Audiens

Audiens atau pendengar merupakan hal yang sangat penting dalam presentasi. Tentunya Anda ingin mereka yang mendengarkan akan paham dan mengerti apa yang Anda sampaikan.

Dengan menarik perhatian audiens, kemungkinan besar presentasi Anda didengarkan secara baik akan jauh lebih besar dibandingkan Anda tidak melakukannya sama sekali. Ini menjadi cara yang paling penting untuk diterapkan.

 

Sambut Audiens dengan Baik

Memberi sambutan kepada para pendengar presentasi menjadi hal yang baik Anda lakukan untuk bagian pembukaan presentasi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap para audiens yang hendak memberikan waktunya kepada Anda untuk mendengarkan materi penjelasan Anda.

Dengan melakukan hal ini, tentunya audiens merasa dilibatkan lebih dalam terhadap rangkaian presentasi yang hendak dilaksanakan. Inti pembahasan yang akan disampaikan juga akan lebih efektif terdengar oleh audiens.

 

Perkenalkan Diri

Memperkenalkan diri dalam bagian pembuka presentasi juga merupakan cara yang perlu Anda perhatikan. Audiens tidak lagi bertanya-tanya siapakah orang yang sedang melakukan presentasi.

Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk menyampaikan apa profesi serta jabatan yang Anda punya. Dengan begitu, audiens akan semakin memahami kapasitas seseorang yang sedang berbicara.

 

Ungkapkan Tujuan Presentasi

Fungsi dari pembukaan dalam sebuah presentasi adalah menarik perhatian audiens sebaik-baiknya untuk berkenan mendengarkan presentasi Anda. Namun, Anda juga perlu menyampaikan tujuan dari presentasi Anda secara jelas.

Hal ini dilakukan sekedar untuk mengingatkan kepada audiens inti dari pembahasan serta meningkatkan fokus mereka untuk mendengarkan presentasi.

 

Kemukakan Aturan dalam Sesi Tanya-Jawab

Salah satu cara penting yang mungkin banyak dilewatkan oleh pembawa presentasi adalah mengungkapkan aturan main selama sesi presentasi. Hal ini tentunya akan memperlancar presentasi yang Anda lakukan karena semua audiens sudah memahami apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukannya.

 

Baca Juga: Tips Presentasi Bahasa Inggris untuk Hadapi Client Asing 

 

Contoh Kalimat Pembukaan Presentasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kalimat pembukaan dalam sebuah presentasi sangat penting dilakukan. Hal tersebut sejatinya dilakukan untuk menarik perhatian audiens serta menunjang keberhasilan presentasi yang Anda lakukan.

Berikut beberapa contoh kalimat pembukaan yang dapat Anda gunakan dalam melakukan presentasi.

 

Kalimat Pembukaan dengan Perkenalan

Untuk melakukan pembukaan dengan perkenalan, Anda dapat melihat contoh seperti berikut ini:

 

“Selamat pagi, perkenalkan nama saya James sebagai marketing dari PT Maju Jaya. Pagi ini saya ingin menjelaskan beberapa hal penting mengenai …. selama 15 menit kedepan.”

 

Kalimat Pembukaan dengan Melemparkan Pertanyaan

Setelah Anda memperkenalkan diri, untuk menarik perhatian audiens lebih dalam dapat dengan cara melemparkan sebuah pertanyaan kepada audiens. Berikut contoh kalimatnya:

 

“Para hadirin sekalian, tentunya kalian sudah mengetahui betapa bahayanya rokok bagi kesehatan seseorang. Namun, apakah kalian tahu apa saja zat yang terkandung dalam satu batang rokok? Oleh karena itu, presentasi ini akan fokus membahas tentang zat-zat bahaya yang terkandung dalam rokok yang perlu Anda ketahui.”

 

Cara ini dapat meningkatkan fokus audiens dengan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda utarakan meskipun mereka tidak menjawabnya secara langsung.

 

Kalimat Pembukaan dengan Menggunakan Kutipan

Kutipan juga cukup berguna Anda gunakan dalam bagian pembukaan presentasi untuk meningkatkan fokus serta motivasi audiens agar mendengarkan seluruh isi presentasi. Berikut contoh kalimatnya:

 

“Seth Godin seorang penulis dan ahli pemasaran Amerika Serikat pernah berkata bahwa jangan mencari pelanggan untuk produk Anda, temukan produk untuk pelanggan Anda.”

 

Namun, bila topik atau tema presentasi Anda tidak dapat menggunakan sebuah kutipan, maka sebaiknya jangan memaksakan. Hal ini akan timbul ketidakcocokan terhadap materi yang disampaikan.

 

Kalimat Pembukaan dengan Menampilkan Data

Data sangat penting untuk menunjang keabsahan suatu argumen. Anda juga dapat menyajikannya dalam pembukaan presentasi. Berikut kalimatnya:

 

“Menurut data Kementerian Kesehatan RI, kematian akibat rokok di seluruh dunia mencapai 3 juta jiwa dimana 890.000 diantaranya merupakan para perokok pasif. Oleh karena itu, pagi hari ini saya akan fokus mendiskusikan tentang bahaya rokok terhadap kesehatan.”

 

Kalimat Pembukaan yang Langsung Pada Inti

Salah satu contoh pembukaan presentasi yang baik adalah dengan menyampaikan inti dari pembahasan secara jelas. Hal ini membuat audiens lebih memahami serta meningkatkan fokus mereka terhadap pembicara. Berikut contoh kalimatnya:

 

“Selamat siang para hadirin sekalian. Selama 20 menit kedepan, saya akan menjelaskan tentang pentingnya berinvestasi sejak dini. Oleh karena itu, dimohon untuk para hadirin tetap kondusif selama presentasi berlangsung.”

 

Baca Juga: Lihat Juga Kata-Kata Penutup Presentasi Disini

 

Itulah beberapa tips pembukaan presentasi yang dapat Anda lakukan dengan baik. Pastinya Anda tidak perlu bingung lagi ketika memulai sebuah presentasi. Semoga artikel ini membantu!