jurusan sastra inggris

10 Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Semakin banyak perguruan tinggi yang menyediakan ilmu linguistik atau jurusan sastra yang beragam, salah satunya jurusan sastra inggris.

Kira-kira setelah lulus nanti dari jurusan sastra inggris akan jadi apa? Apakah prospek kerjanya besar seperti jurusan umum lainnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak artikel ini dengan serius!

 

Apa yang Dipelajari Dalam Jurusan Sastra Inggris?

Terdapat lima komponen penting yang akan Anda pelajari jika Anda mengambil jurusan Sastra Inggris dalam peminatan kuliah

 

1. Bahasa

Pastinya Anda mempelajari bahasanya, yaitu bahasa Inggris. Mempelajari basic dari bahasa Inggris itu sendiri, seperti kamus bahasa sehari-hari (vocabulary), tatanan bahasa (grammar), mendengarkan perbincangan (listening), menulis yang baik (writing) dan juga membaca (reading).

 

2. Budaya

Jika Anda mengambil jurusan sastra, pastinya juga ikut mempelajari budayanya sebagai bentuk apresiasi terhadap negara yang kita pelajari bahasanya.

Selama Anda berkuliah di Sastra Inggris, bukan hanya budaya dari negara Inggris atau Amerika saja, namun budaya seluruh dunia. Sejatinya bahasa Inggris adalah bahasa universal dan pengikat antar dunia.

 

3. Sastra

Karya sastranya juga pasti akan digali lebih dalam jika Anda berkuliah Sastra Inggris. Mulai dari frasa, novel, puisi, lagu bahkan teater dan pertunjukannya.

Bukan sekedar menjadi penikmat, namun Anda harus menganalisis dan mereview berdasarkan opini Anda sesuai dengan teori yang sudah Anda pelajari.

 

4. Ilmu Linguistik

Bahasa dan ilmu linguistik adalah dua hal yang berbeda. Dalam ilmu linguistik, Anda akan belajar tentang ilmu morfologi (bentuk kata), fonologi (bunyi), sintaksis (bentuk frasan dan klausa), semantik (makna), pragmatik (ujaran), dan lain sebagainya.

Disini Anda akan mempelajari dari teks puisi, lirik lagu, hingga transkrip terjemahan film. Seru sekali, bukan?

 

5. Terjemahan

Jika Anda belajar sastra dan bahasa, umumnya Anda fokus dalam terjemahan. Penerjemah bukan hanya sekedar asal terjemah, namun dilihat bagaimana tatanan kata, kalimat sesuai dengan maksud, dan lain sebagainya. Terjemah disini bukan hanya terjemah tulisan, dapat juga terjemah lisan.

 

Baca Juga: 10 Prospek Karier Jurusan Sastra Indonesia

 

Daftar Universitas Penyedia Jurusan Sastra Inggris

Apakah Anda semakin tertarik untuk terjun dalam Sastra Inggris? Ini dia list beberapa universitas yang menyediakan jurusan Sastra Inggris di kampusnya.

 

List Perguruan Tinggi Negeri yang menyediakan Jurusan Sastra Inggris : 

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Padjadjaran
  4. Universitas Airlangga
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Udayana
  7. Universitas Diponegoro
  8. Universitas Negeri Medan
  9. Universitas Negeri Jakarta
  10. Universitas Andalas

 

List Perguruan Tinggi Swasta yang menyediakan Jurusan Sastra Inggris

  1. Universitas Gunadarma
  2. Universitas Katolik Atma Jaya
  3. Universitas Bina Nusantara (Binus)
  4. Universitas Kristen Petra
  5. Universitas Sanata Dharma
  6. Universitas Al-Azhar Indonesia
  7. Universitas Nasional
  8. Universitas Muhammadiyah
  9. Universitas Bung Hatta
  10. Universitas 17 Agustus 1945

 

10 Peluang Karir Jurusan Sastra Inggris

 

1. Translator

Translator merupakan karir yang paling populer di jurusan sastra inggris. Sebagai penerjemah, pastinya bertugas untuk menerjemahkan dari bahasa Inggris menuju bahasa lainnya ataupun sebaliknya agar pesan dapat tersampaikan dengan jelas.

Menjadi penerjemah, bukan hanya menerjemahkan dalam lisan namun dalam tulisan seperti komik, novel, dan lain sebagainya. 

 

2. Freelance Writer

Untuk Anda yang hobi menuli namun tidak ingin terikat dalam suatu organisasi atau fleksibel dalam waktu, menjadi freelance writer dapat menjadi pilihan karir Anda.

Menulis sesuai dengan storyboard client dan Anda dapat menulis sesuai dengan gaya artikel yang bebas terbatas. Jika bekerja berdasarkan kesukaan dan hobi, nampaknya tidak terlalu berat.

 

3. Dosen

Menjadi dosen adalah pekerjaan yang mulia. Selain sebagai pahlawan tanda jasa, menjadi dosen juga dapat sharing ilmu. Bukan hanya Anda sebagai dosen yang sharing ilmu, Anda juga akan mendapat ilmu baru dari mahasiswa. Dengan gaji yang jelas serta jam libur sesuai kuliah, membuat karir menjadi dosen salah satu yang diincar.

 

Baca Juga: Sedang Cari Kerja? Pahami Dulu Apa Itu Test Wartegg! 

 

4. Editor

Menjadi seorang editor merupakan pekerjaan menjanjikan untuk lulusan Sastra Inggris. Sebagai editor, biasanya memiliki peran dalam menilai script, lalu mengedit sesuai dengan grammar yang tepat, dan lolos dalam tahap editor sehingga dapat diluaskan.

 

5. Jurnalistik

Menjadi seorang jurnalistik bukan hanya dibutuhkan dalam ilmu jurnalis atau komunikasi. Namun menjadi seorang jurnalistik yang dapat mengerti apa yang narasumber bicarakan, terutama narasumber yang berasal dari luar negeri. Peran Anda disini sangat membantu! 

 

6. Diplomat

Kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang dianggap intermediate hingga expert membuat seseorang yang lulus dari jurusan ini cocok menjadi diplomat. Menjadi diplomat akan lebih sering bertemu dengan expat ataupun kerjasama dengan luar negeri, membuat kemampuan speaking dan writing Anda yang dicari.

 

7. Marketing

Menjadi seorang marketing belum tentu hanya berasal dari jurusan bisnis ataupun jurusan komunikasi. Belajar jurusan Sastra Inggris dapat membantu untuk menegosiasikan hingga mendapat deal kesepakatan yang sesuai bila client seorang warga negara asing.

Kalau Anda seorang marketing mendapat client yang tidak dapat bahasa Indonesia sedangkan Anda juga tidak bisa bahasa Inggris, bagaimana untuk mendapat kesepakatannya? 

 

8. Public Relation

Walaupun pekerjaan ini banyak yang berasal dari jurusan komunikasi, namun tidak menutup kemungkinan jurusan Sastra Inggris juga memiliki peluang dalam bidang ini.

Public relation memiliki peran dalam mengkoordinasi seluruh bentuk komunikasi agar berjalan dengan lancar. Cakap dalam berbahasa Inggris pastinya menjadi poin plus dalam penilaian perusahaan.

 

9. Tour Guide

Menjadi seorang pemandu wisata juga populer dalam jurusan ini. Biasanya yang menjadi turis adalah warga negara asing. Disini dibutuhkan seseorang yang handal dalam bahasa Inggris sehingga mengerti satu sama lain.

 

10. Blogger

Untuk yang memiliki hobi menulis dan sedang menekuni bidang ini, Anda dapat merubah hobi Anda menjadi peluang karir. Dengan ketertarikan Anda dalam menulis dan bercerita serta ilmu tatanan bahasa yang cukup baik, hal ini dapat berpotensi menjadi blogger sukses!

 

Walaupun butuh waktu untuk berprogress untuk meningkatkan pengunjung, traffic web dan lain sebagainya, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba

 

Lulusan sastra inggris bukan hanya sekedar menjadi translator semata, namun banyak peluang lainnya yang dapat Anda raup jika Anda kuliah dalam jurusan ini.

Tiap orang memiliki peluang yang sama walaupun memiliki latar belakang yang berbeda. Jadi jangan minder dengan jurusan umum lainnya, dan terus berkembang. Semangat!