rekrutmen online

Strategi Rekrutmen Online Selama Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak perusahaan harus beradaptasi dengan kondisi new normal. Bagaimanapun juga operasional perusahaan harus tetap berjalan normal tetapi tetap mempertimbangkan aspek protokol kesehatan. Contohnya saja dalam proses rekrutmen. Ada baiknya perusahaan mengurangi rekrutmen tatap muka dan menggunakan strategi rekrutmen online yang lebih efektif dan meminimalisir penyebaran COVID-19. 

 

Kendala Rekrutmen Selama New Normal

Selama pandemi belum usai, segala aktivitas bisnis dan ekonomi harus beradaptasi sampai pandemi bisa ditangani oleh vaksin. Perusahaan harus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku seperti menjaga jarak, menjaga higienitas tempat kerja, mencuci tangan teratur, dan lain-lain. Hal ini menyebabkan HRD harus mengedukasi karyawan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menetapkan jadwal kerja baru untuk karyawan yang harus work from home dan karyawan mana yang harus tetap bekerja di kantor. 

Tentu hal ini juga akan berpengaruh terhadap proses rekrutmen. Dengan pembatasan jumlah orang dalam ruangan kantor, HRD harus memtimbangkan cara yang dapat digunakan untuk melakukan rekrutmen tanpa mengorbankan aspek kesehatan. Solusinya, HRD dapat menggunakan rekrutmen online, dimana pihak HRD sebagai recruiter dan kandidat dapat saling terhubung untuk melakukan interview. Akan tetapi, rekrutmen online bukan tanpa tantangan. Umumnya tantangan muncul dikarenakan minimnya prasarana penunjang perusahaan. HRD sering kesulitan untuk menyaring banyaknya lamaran yang masuk. Selain itu, masalah kesiapan kandidat dalam aspek teknologi juga menjadi tantangan tersendiri. Sebab, banyak kandidat yang tidak begitu memahami cara video conference yang digunakan untuk rekrutmen online. 

 

Kelebihan Rekrutmen Online 

Walau mengalami beberapa kendala, rekrutmen online tetap menjadi cara yang paling aman dalam mengadakan rekrutmen. Perusahaan dapat memanfaatkan rekrutmen online sebagai bagian dari suksesi rekrutmen selama pandemi COVID-19 mengingat semua kegiatan harus mematuhi protokol kesehatan. Rekrutmen online memiliki beberapa kelebihan baik bagi perusahaan dan kandidat, yaitu: 

 

Lebih Sistematis

Melakukan rekrutmen secara online dinilai cukup praktis dan sistematis. HRD tidak perlu khawatir akan lembaran dokumen, CV, surat lamaran kerja, dan dokumen lainnya. Sebab semua data dan informasi tersebut terintegrasi dan tersimpan secara online. 

 

Kandidat Lebih Nyaman dan Percaya Diri

HRD pasti pernah menemukan kandidat yang kurang fokus saat wawancara karena kelelahan selama perjalanan menuju perusahaan. Dengan cara online, kandidat dapat mengikuti interview online dari kediamannya. Kandidat tidak perlu menghabiskan banyak waktu di perjalanan dan membuat kandidat mempunyai waktu lebih untuk menyiapkan segalanya. Persiapan yang matang inilah yang membuat kandidat lebih nyaman dan percaya diri. 

 

Penjadwalan Praktis

HRD dan kandidat sering mengalami kesulitan dalam menentukan jadwal interview karena padatnya kegiatan masing-masing. Namun, dengan cara online memudahkan HRD menjadwalkan interview di mana saja dan kapan saja.  Sehingga keduanya bisa saling terhubung dengan cepat. 

 

Membantu Mendalami Karakter Kandidat

Cara online dapat dimanfaatkan HRD untuk mendalami bagaimana karakter kandidat.  Contohnya bagaimana kesiapan karyawan dalam menghadapi online interview, cara berpakaian, lingkungan sekitar, dan lain-lain. Pendalam karakter ini dapat berguna untuk menilai bagaimana pola kerja kandidat jika kandidat akan bergabung di perusahaan.

 

Baca Juga: Persaingan Rekrutmen Ketat! 6 Tips untuk Dapatkan Karyawan Terbaik

 

Tips Rekrutmen Online Selama Pandemi 

Rekrutmen secara online bisa berjalan lancar bila dilakukan dengan penuh perencanaan strategis. Lalu, bagaimana tips rekrutmen online yang biak? Simak beberapa tips sederhana berikut ini! 

 

Gunakan Media Sosial

Media sosial menjadi bagian khusus dari kehidupan masyarakat. HRD dapat memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan lowongan atau rekrutmen perusahaan. Informasi melalui media sosial dapat menyebarkan informasi lebih cepat dan menarik kandidat. Ini sangat penting untuk menarik kandidat dari golongan muda yang sering menggunakan sosial media. 

 

Jaga Transparansi

HRD wajib menjelaskan tahapan yang akan dilalui oleh kandidat dan bagaimana rekrutmen akan berlangsung secara online. Selain itu HRD juga wajib menanyakan kesediaan karyawan jika seluruh proses interview online direkam.  Jawablah semua pertanyaan yang diajukan kandidat secara terbuka. 

 

Baca Juga: Pentingnya Transparansi Perusahaan dalam Penggajian Karyawan

 

Tentukan Format Interview Sesuai Kebutuhan

Format dalam melakukan interview secara online pastinya berbeda dengan interview biasa. Tentukanlah format yang sesuai kebutuhan, apakah satu arah dan dua arah?  Bagaimana alurnya? Dan apa saja pertanyaan yang akan digunakan? 

 

Gunakan Software Rekrutmen

Kini perkembangan teknologi telah melahirkan berbagai kemudahan dalam pengelolaan sumber daya manusia. Demi mendapatkan karyawan terbaik, perusahaan dapat menggunakan software rekrutmen dari LinovHR. LinovHR membantu perusahan dengan menyediakan software rekrutmen untuk mengelola kebutuhan rekrutmen secara detail, meninjau informasi kandidat yang masuk, serta menyeleksi kandidat mana yang berpotensi untuk perusahaan. Semua proses mulai dari seleksi, interview, psikotes, sampai lolos seleksi bisa berjalan lebih sistematis, aman, dan rahasia.  

Pandemi COVID-19 bukanlah halangan untuk tetap melakukan rekrutmen. Dengan perencanaan yang matang dan implementasi yang tepat, rekrutmen online dapat berjalan lancar untuk mendapatkan kandidat terbaik. Semoga informasi di atas dapat membantu perusahaan dalam melakukan rekrutmen online!