Trend HR - Freelancer

Trend HR: Freelancer Dan Pekerjaan Yang Mereka Tangani

Ada banyak sekali Trend HR yang berkembang akhir-akhir ini. Kecanggihan internet membuat dunia bisnis lebih mudah. Keuntungan ini juga menolong para pekerja yang bekerja di luar kantor seperti freelancer. Freelancer adalah pekerja lepas dalam bahasa Indonesia. Freelancer tidak terikat oleh seorang majikan/bos dan kantor. Waktu mereka bekerja juga mudah pengaturannya. Biasanya cenderung bebas, kapan saja mereka mau bekerja mereka akan bekerja. Tanpa harus “check in” ke kantor setiap hari, para freelancer bebas bekerja mengeluarkan kreativitas mereka. Hal ini yang membuat freelancer menjadi pekerjaan yang banyak dilirik orang akhir-akhir ini.

 

Kerja Dari Mana Saja

Tempat kerja bagi para freelancer ini bebas. Di mana saja mereka bisa bekerja. Di rumah, di cafe, atau ada yang memilih bekerja di alam bebas, sejauh itu masih nyaman untuk bekerja. Ini membuat para freelancer lebih produktif, karena tidak ada batas ruang seperti di kantor. Terkadang bekerja di kantor bisa membuat otak buntu. Suasana kerja yang cenderung membosankan akan membuat dampak pikiran menjadi jenuh. Untuk itu, inilah sisi keuntungan bekerja sebagai pekerja lepas atau freelancer. Mereka bisa bekerja dengan santai dan lebih produktif.

 

Baca Juga: 7 Hal Remeh Namun Dapat Tingkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

 

Bagi para pekerja lepas atau freelancer ini, pastinya mereka bukan orang yang luntang-lantung alias pengangguran tidak ada kerjaan. Di Indonesia mungkin karena kultur kebiasaan yang membuat seorang freelancer dianggap pengangguran karena mereka tidak masuk ke kantor sehingga ini membuat seorang freelancer direndahkan pekerjaannya. Padahal tidaklah demikian, seorang freelancer biasanya memiliki pemikiran yang biasanya jauh lebih kreatif, daya juang mereka relatif tinggi dibandingkan pekerja kantor biasa.

Dengan adanya kemajuan teknologi internet dan komputer pekerjaan sebagai freelancer mulai mendapat pandangan positif. Karena itu upah yang dibayarkan bagi seorang freelancer biasanya lebih mahal dari upah rata-rata pegawai kantor. Upah seorang pekerja lepas atau freelancer biasa dibayarkan per jam, per hari, per halaman, atau per proyek. Jika freelancer memiliki suatu kemampuan khusus, maka akan menerima upah lebih tinggi lagi.

 

Tantangan Menjadi Freelancer

Ada juga tantangannya jika memilih bekerja sebagai freelancer – seperti di awal kerja – mungkin belum berpengalaman membuat pendapatannya sedikit. Tapi dengan bertambahnya portofolio dan seiring waktu maka pendapatan menjadi naik. Dibutuhkan kesabaran bagi para freelancer.

 

Baca Juga: 7 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Portofolio

 

Tantangan kedua adalah dibutuhkan disiplin diri yang tinggi. Karena tidak ada bos atau manajer yang mengatur jam kerja freelancer maka merekalah yang menjadi bos atau manajer bagi diri mereka sendiri. Ini membutuhkan motivasi yang kuat dari dalam diri sendiri. Kedua tantangan ini tidak didapatkan jika bekerja dalam kantor.

 

Tipe Pekerjaan Yang Dilakukan

Berikut beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan sebagai freelancer:

  • Desainer

Mereka yang bekerja mendesain sesuatu mempunyai keuntungan tersendiri bila bekerja sebagai freelancer. Biasanya desainer yang bekerja lepas, menghasilkan karya yang bagus dan mengagumkan. Tak jarang harga dari karya desainer lepas ini sangat fantastis.

  • Copywriter

Seseorang yang menulis untuk menghasilkan penjualan. Tulisan-tulisan yang dibuat seorang copywriter biasanya mampu meningkatkan atau membuat penjualan lebih baik. Dengan penggunaan kata-kata yang khusus yang tertuang dengan baik, ide cemerlang seorang copywriter biasanya banyak dicari orang yang membuka bisnis baru atau ingin meningkatkan brand yang sudah ada.

  • Penerjemah

Dengan keahlian khususnya berbahasa, seseorang bisa menjadi penerjemah yang baik. Seorang freelancer penerjemah bahasa biasanya menerjemahkan dokumen khusus, dengan upah yang lumayan tinggi. Gaya terjemahan yang berbeda pun menjadi daya tarik bagi klien, mulai dari formal, teknikal, maupun casual, dan langsung.

 

 

Dengan banyaknya penyedia layanan jasa Freelance berbasis Online di Indonesia, tim HR memiliki banyak pilihan untuk meng-hire freelancer untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang anda butuhkan dengan harga yang terjangkau.