project manager

Project Manager: Tugas & Syarat Umum Menjadi Project Manager

Manajer proyek dianggap sebagai kompetensi strategis yang sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan bisnis. Dengan berbagai bekal pengalaman, seorang manajer proyek biasanya mengemban tanggung jawab atas beberapa proyek terkait. Lantas, apa itu project manager? Simak ulasannya dibawah ini!

 

Pengertian Project Manager

Project manager adalah orang yang berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, dan penutupan suatu proyek. 

Manajer proyek bertanggung jawab atas seluruh ruang lingkup proyek, tim proyek, sumber daya, dan anggaran proyek, termasuk bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan proyek.  Jadi, manajer proyek merancang tujuannya sendiri dan menggunakan keterampilan serta keahlian mereka untuk mencapai tujuan proyek. 

 

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Lini Pertama Dalam Perusahaan

 

Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager

Manajer proyek adalah pemimpin sebuah proyek, maka dari itu mereka mengemban tugas penting dalam suatu proyek. Berikut beberapa job desk project manager:

 

Membuat Rencana Proyek

Sebelum memasuki proses eksekusi, penting untuk membuat rencana yang detail untuk sebuah proyek. Mulai dari menentukan anggaran, ruang lingkup proyek, timeline, sumber daya, hingga tujuan utama yang harus diraih. Semua hal tersebut tentunya dilakukan dan dipimpin oleh manajer proyek.

 

Mengalokasikan Unit Tugas Kepada Tim

Manajer proyek tentunya tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu dengan tim di belakangnya. Setelah membuat rencana yang sesuai, manajer proyek akan memberikan tugas kepada tiap individu dalam tim yang relevan dengan bidang mereka dan kebutuhan proyek. 

Setelah proyek berjalan, tugas project manager adalah mengontrol kerja anggota tim agar tetap pada jalurnya, dengan melakukan diskusi dan brainstorming bersama. Tindakan tersebut perlu dilakukan secara rutin untuk mengawasi status unit kerja, kemajuan tim, dan mengalokasikan kembali sumber daya yang dibutuhkan. 

 

Membentuk Komunikasi Tim yang Efektif

Tanggung jawab utama lainnya dari manajer proyek adalah memastikan bahwa komunikasi dalam tim tetap efektif. Umumnya, topik yang sering dikomunikasikan berupa daftar tugas, jadwal, dan deadline yang harus dipenuhi oleh seluruh tim.

Komunikasi yang efektif sangat penting untuk meningkatkan produktivitas. Selain efektif, pastikan komunikasi yang dilakukan jelas agar mudah informasi yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh tim.

 

Melakukan Perhitungan Anggaran

Anggaran merupakan aspek paling penting dalam mengerjakan proyek. Sebelum memulai proyek, pemilik bisnis dan manajer proyek harus mengkomunikasikan jumlah anggaran yang dibutuhkan oleh proyek yang sedang mereka kerjakan. 

Umumnya, perhitungan anggaran untuk tahap pra-produksi dan eksekusi kemungkinan besar dapat melenceng. Oleh sebab itu, manajer proyek harus hati-hati memantau penggunaan anggaran proyek yang dikerjakannya. Serta, manajer proyek harus semaksimal mungkin memastikan bahwa anggaran yang dikeluarkan digunakan secara efektif dan efisien. 

 

Baca Juga : Inilah  Berbagai Macam Jenis Anggaran di Perusahaan

 

Mitigasi Krisis dan Masalah

Masalah dan krisis dalam sebuah proyek dapat terjadi kapan saja. Disinilah kemampuan manajer dalam menangani masalah dan mengontrol krisis diuji. Untuk mengantisipasi hal ini, pada tahap pra-produksi manajer proyek dapat memetakan potensi masalah yang mungkin muncul dan merancang solusi untuk menghadapinya di masa mendatang.  

 

Syarat Menjadi Project Manager

Untuk menjadi seorang manajer proyek yang profesional, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi sebagai berikut:

 

Lulusan Jurusan Manajemen 

Salah satu syarat utama untuk menjadi manajer proyek adalah memiliki latar belakang pendidikan Sarjana atau Master di jurusan Manajemen, Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis, atau jurusan terkait. 

 

Pengalaman Kerja dalam Manajemen Proyek

Syarat kedua untuk menjadi seorang manajer proyek profesional adalah mempunyai pengalaman kerja selama 5-8 tahun pada manajemen proyek atau pengalaman kerja yang masih terkait.

 

Mempunyai Sertifikasi CAPM dan PMP

Posisi yang satu ini mengharuskan Anda mempunyai sertifikasi khusus, yakni:

 

Certified Associate Project Management (CAPM)

Jika Anda baru memulai karir menjadi manajer proyek, maka sertifikasi tingkat pemula ini sangat cocok untuk Anda. Sertifikasi ini merupakan langkah awal yang penting bagi seorang manajer proyek pemula dalam memahami terminologi dan proses manajemen proyek . Anda hanya perlu menyiapkan Ijazah SMA atau diploma dan memiliki 1500 jam pengalaman kerja di bidang terkait.

 

Project Management Professional Certification (PMP)

Sertifikasi PMP dapat dianggap sebagai salah satu sertifikasi yang paling berharga untuk jenjang karir manajer proyek. Syarat untuk mendapatkan sertifikasi ini adalah pendidikan minimal Sarjana dan memiliki 4500 jam pengalaman kerja. Apabila Anda mendapatkan sertifikasi ini, Anda dapat membangun dasar pengetahuan dan pengalaman yang kuat yang diperlukan untuk menjalankan sebuah proyek. 

 

 Familiar Dengan Software Manajemen Proyek

Software manajemen proyek merupakan perangkat lunak yang kerap digunakan oleh manajer proyek dan tim nya untuk mengelola pekerjaan mereka. Untuk menjadi seorang manajer proyek yang profesional, Anda harus familiar atau menguasai software tersebut. Software yang sering digunakan antara lain Milanote, Trello, 2-Plan, Zoho Projects, dan sebagainya.

 

Mahir Menggunakan Microsoft Office

Seperti yang diketahui, hampir pada semua bidang pekerjaan menuntut pekerja untuk mahir menggunakan Microsoft Office. Sama halnya jika ingin menjadi manajer proyek, Anda dituntut untuk mahir menggunakan Microsoft Office, khususnya Microsoft Project.  Perangkat satu ini memudahkan manajer dan tim mengelola manajemen proyek.

Gaji Project Manager

Melansir dari indeed.com, rata-rata gaji seorang manajer proyek per bulannya di Indonesia sebesar Rp. 12 juta. Besarnya gaji yang diperoleh manajer proyek dapat berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia.

Berikut ini sejumlah  kota dengan bayaran tertinggi di Indonesia untuk profesi manajer antara lain:

  1. Jakarta Rp. 12-13  juta
  2. Denpasar Rp. 7-8 juta
  3. Bandung Rp. 7 juta

Namun, kisaran gaji tersebut tergantung pada keahlian, pengalaman, dan pengetahuan Anda. Jenjang karir manajer proyek sangat menjanjikan dalam sepuluh tahun ke depan karena tingginya peminat. Tak hanya itu, upah tahunan juga diperkirakan akan tumbuh untuk semua level manajer proyek. 

 

Baca Juga : Apa Saja Profesi yang Memiliki Bayaran Tertinggi di Indonesia? 

 

Skill yang Harus Dimiliki Project Manager

Pengetahuan tentang manajemen proyek saja terkadang tidak cukup untuk menjadi manajer proyek yang hebat. Sebab, menangani proyek juga membutuhkan kemampuan akuntabilitas, kemampuan beradaptasi, ketegasan, pemikiran analitis dan strategis. Berikut beberapa soft skills yang perlu Anda miliki untuk menjadi seorang manajer proyek yang hebat:

 

  1. Memiliki pemahaman tentang kasus bisnis dan manajemen resiko. Seorang manajer proyek biasanya dihadapkan dengan berbagai kasus bisnis dan harus bisa menanganinya dengan tepat, maka dari itu penting untuk menguasai manajemen risiko dalam proyek. 
  2. Kepemimpinan yang kuat. Sebagai pemimpin dalam tim, seorang manajer proyek harus memiliki kemampuan memimpin yang kuat agar dapat membawa tim nya melakukan proyek dengan lancar. 
  3. Kemampuan untuk memantau dan mengendalikan anggaran. Kemampuan mengelola anggaran dengan baik juga sangat penting, terutama dalam merencanakan anggaran dan mengawasi apakah anggaran berjalan sesuai rencana. 
  4. Membuat keputusan di bawah tekanan. Seorang manajemen proyek harus bisa membuat keputusan dengan cepat dan minim resiko meski berada dibawah tekanan.
  5. Keterampilan organisasi dan multitasking. Sebagai pemimpin tim, seorang manajer proyek harus memiliki keterampilan multitasking yang kuat untuk melakukan beberapa pekerjaan. 
  6. Kemampuan memecahkan masalah. Seorang manajer proyek harus bisa mencari solusi terbaik dengan cepat untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi ketika menangani sebuah proyek.

 

Sebelum Anda memulai karir sebagai project manager, pastikan bahwa karir ini tepat untuk Anda. Salah satu langkah awal yang tepat untuk mengawali karir Anda adalah dengan mengikuti magang manajemen proyek. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti sejumlah kurus atau pelatihan sertifikasi yang terkait dengan bidang ini. Selamat mencoba!