aplikasi KPI

5 Alasan Aplikasi KPI Penting untuk Perusahaan

Setiap perusahaan atau organisasi pasti memiliki tujuan bersama yang hendak dicapai. Agar tujuan tersebut lebih mudah tercapai, perusahaan membutuhkan sebuah parameter yang akan mengukur seberapa jauh dan efektif progress yang berjalan. Key performance indicators atau yang lebih sering disebut KPI adalah sebuah parameter untuk mengukur seberapa jauh perusahaan atau organisasi dalam perkembangan atau progress menuju tujuan. Oleh karena itu pula menggunakan aplikasi KPI mulai dipilih perusahaan agar perusahaan lebih mudah memantau dan mengukur perkembangan progress. 

 

Apa itu Aplikasi KPI?

Indikator kinerja utama atau KPI adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan dan mengevaluasi keberhasilan suatu perusahaan. KPI mengukur kemajuan menuju tujuan dan tujuan bisnis. Setiap indikator kinerja dan bisnis berbeda dan tergantung pada perusahaan masing-masing. Key Performance Indikator ditentukan oleh banyak faktor, seperti tujuan komersial, budaya perusahaan, dan sebagainya. Aplikasi KPI adalah sebuah perangkat lunak yang membantu perusahaan melakukan KPI lebih mudah. Dengan bantuan aplikasi, perusahaan dapat melihat Key Performance Indikator dan secara otomatis menunjukkan kinerja keseluruhan kapan dan di mana.

Aplikasi dalam pengelolaan KPI digunakan untuk mengelola sumber daya manusia dan operasi bisnis dengan arah dan tujuan yang jelas, karena setiap keputusan yang diambil atas dasar data aktual yang ada. Dalam menentukan indikator kinerja yang tepat, perusahaan akan lebih mudah untuk menerapkan strategi untuk keputusan make berdasarkan data yang dapat diandalkan. Jadi keputusan itu dibuat untuk lebih spesifik.

 

Mengapa Perusahaan Butuh Aplikasi KPI? 

Laporan KPI atau indikator kinerja utama dapat menginformasikan kemajuan bisnis serta kinerja perusahaan secara keseluruhan. Namun, perancangan KPI dalam sebuah dokumen fisik tidaklah fleksibel dan sulit untuk dipantau oleh pihak terkait. untuk mencapai. Beda halnya dengan penggunaan aplikasi yang mampu menyimpan dan mengukur perkembangan perusahaan dengan otomatis. Kemudian, aplikasi juga akan lebih mudah dalam membuat laporan.  Dengan penerapan aplikasi  KPI, laporan kinerja perusahaan dapat dibuat dengan lebih mudah, transparan, dan dapat diakses setiap saat. 

 

Alasan Menggunakan Aplikasi KPI

Selain untuk mempermudah perusahaan memantau dan mengakses progress KPI, penggunaan aplikasi akan memberikan beberapa dampak positif pada perusahaan. Simak alasan mengapa perusahaan harus menggunakan aplikasi KPI di bawah ini! 

 

1. Melacak Kinerja Anggota Tim

Tujuan utama dari sebuah sistem dalam aplikasi adalah untuk melacak kinerja setiap anggota tim dan semua kegiatan yang mereka lakukan. Perusahaan dapat dengan mudah menentukan jumlah bagian pasokan bawah, berapa banyak tugas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim, dan sebagainya.

 

Baca Juga: Memantau Kedisiplinan Karyawan dengan Software Manajemen Absensi

 

2. Meningkatkan Efisiensi

Dengan penerapan KPI, semua data dapat dengan cepat diakses dan digunakan. pelaporan pandangan KPI memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengukur kinerja karyawan dan perusahaan secara real time.

 

3. Pengambilan Keputusan

Data ditampilkan dalam penyajian yang mudah dipahami yang membuat staf mampu  menganalisis data penting lebih cepat dan mendalam. Hal ini dapat meningkatkan kinerja operasi masing-masing layanan. Aplikasi memberikan visualisasi interaktif yang membuat analisis proses yang lebih intuitif. Selain itu, perusahaan juga lebih mudah untuk memeriksa dan menemukan solusi efektif untuk masalah kinerja yang terjadi.

 

performance review

 

4. Membuat Perusahaan Lebih Fokus

Sebuah gambaran dari data perusahaan pada pelaksanaan indikator kinerja  membuat tim menjadi paham dan akhirnya lebih terfokus pada indikator penting yang paling bagi perkembangan perusahaan. Hal ini memungkinkan untuk beradaptasi proses bisnis untuk mencapai tujuan.

 

5. Fleksibel untuk Pertumbuhan Bisnis

Seiring dengan pertumbuhan perusahaan dan perubahan yang terjadi, tampilan KPI pun juga akan berubah. Aplikasi mampu memfasilitasi perubahan data indikator tersebut dengan fleksibel. Perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan perubahan KPI yang terjadi melalui aplikasi.

Nah, sekarang perusahaan Anda sudah memahami bagaimana pentingnya KPI dan menggunakan aplikasi KPI, bukan? Selain perusahaan harus merumuskan KPI yang tepat, perusahaan juga harus memilih aplikasi yang cocok dengan perusahaan. Software Performance Management LinovHR menawarkan sebuah kemudahan untuk perusahaan dengan menghimpun dan mengolah data-data parameter KPI dengan aplikasi yang didukung oleh server berbasis cloud. Jadi, data dan informasi yang tersimpan tak diragukan validitas dan keamanannya. Tunggu apalagi? Hubungi LinovHR sekarang juga dan dapatkan penawaran uji coba gratis spesial hanya untuk Anda!