5 Alasan Aplikasi KPI Penting untuk Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Aplikasi KPI
Isi Artikel

Setiap perusahaan atau organisasi pasti memiliki tujuan bersama yang hendak dicapai.

Agar tujuan tersebut lebih mudah tercapai, perusahaan membutuhkan sebuah parameter yang akan mengukur seberapa jauh dan efektif progress yang berjalan.

Key performance indicators atau yang lebih sering disebut KPI adalah sebuah parameter untuk mengukur seberapa jauh perusahaan atau organisasi dalam perkembangan atau progress menuju tujuan.

Oleh karena itu pula menggunakan aplikasi KPI mulai dipilih perusahaan agar perusahaan lebih mudah memantau dan mengukur perkembangan progress. 

Apa itu Aplikasi KPI?

Key Performance Indicator (KPI) adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai seberapa efektif suatu organisasi, seperti perusahaan, dalam mencapai tujuan bisnisnya. KPI dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja karyawan, performa aplikasi seluler, dan berbagai aspek lainnya.

Setiap indikator kinerja dan bisnis berbeda dan tergantung pada perusahaan masing-masing. Key Performance Indikator ditentukan oleh banyak faktor, seperti tujuan komersial, budaya perusahaan, dan sebagainya.

Aplikasi KPI adalah sebuah perangkat lunak yang membantu perusahaan melakukan KPI lebih mudah. Dengan bantuan aplikasi, perusahaan dapat melihat Key Performance Indikator dan secara otomatis menunjukkan kinerja keseluruhan kapan dan di mana.

Aplikasi dalam pengelolaan KPI digunakan untuk mengelola sumber daya manusia dan operasi bisnis dengan arah dan tujuan yang jelas, karena setiap keputusan yang diambil atas dasar data aktual yang ada.

Dalam menentukan indikator kinerja yang tepat, perusahaan akan lebih mudah untuk menerapkan strategi untuk keputusan make berdasarkan data yang dapat diandalkan. Jadi keputusan itu dibuat untuk lebih spesifik.

Mengapa Perusahaan Butuh Aplikasi KPI? 

Laporan KPI atau indikator kinerja utama dapat menginformasikan kemajuan bisnis serta kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Namun, perancangan KPI dalam sebuah dokumen fisik tidaklah fleksibel dan sulit untuk dipantau oleh pihak terkait. untuk mencapai.

Beda halnya dengan penggunaan aplikasi yang mampu menyimpan dan mengukur perkembangan perusahaan dengan otomatis. Kemudian, aplikasi juga akan lebih mudah dalam membuat laporan.

Dengan penerapan aplikasi  KPI, laporan kinerja perusahaan dapat dibuat dengan lebih mudah, transparan, dan dapat diakses setiap saat. 

Baca Juga: Mengenal Manfaat KPI Perusahaan dan Contohnya

Kriteria Standar dalam Memilih Aplikasi KPI

Untuk memilih aplikasi KPI yang dapat menjawab kebutuhan perusahaan, ada beberapa kriteria yang harus menjadi standar Anda.

Berikut ini beberapa kriteria yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan aplikasi mampu mensentralisasi dari manajemen hingga operasional.
  • Memungkinkan adanya kolaborasi antara karyawan, tim, dan pelanggan.
  • Adanya integrasi atau hubungan yang erat antara tindakan dan laporan.

Alasan Menggunakan Aplikasi KPI

Selain untuk mempermudah perusahaan memantau dan mengakses progress KPI, penggunaan aplikasi akan memberikan beberapa dampak positif pada perusahaan.

Simak alasan mengapa perusahaan harus menggunakan aplikasi KPI di bawah ini! 

1. Melacak Kinerja Anggota Tim

Tujuan utama dari sebuah sistem dalam aplikasi adalah untuk melacak kinerja setiap anggota tim dan semua kegiatan yang mereka lakukan.

Perusahaan dapat dengan mudah menentukan jumlah bagian pasokan bawah, berapa banyak tugas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim, dan sebagainya.

Baca Juga: Memantau Kedisiplinan Karyawan dengan Software Manajemen Absensi

2. Meningkatkan Efisiensi

Dengan penerapan KPI, semua data dapat dengan cepat diakses dan digunakan.

Pelaporan pandangan KPI memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengukur kinerja karyawan dan perusahaan secara real time.

3. Pengambilan Keputusan

Data ditampilkan dalam penyajian yang mudah dipahami yang membuat staf mampu  menganalisis data penting lebih cepat dan mendalam.

Hal ini dapat meningkatkan kinerja operasi masing-masing layanan. Aplikasi memberikan visualisasi interaktif yang membuat analisis proses yang lebih intuitif.

Selain itu, perusahaan juga lebih mudah untuk memeriksa dan menemukan solusi efektif untuk masalah kinerja yang terjadi.

4. Membuat Perusahaan Lebih Fokus

Sebuah gambaran dari data perusahaan pada pelaksanaan indikator kinerja membuat tim menjadi paham dan akhirnya lebih terfokus pada indikator penting yang paling bagi perkembangan perusahaan.

Hal ini memungkinkan untuk beradaptasi proses bisnis untuk mencapai tujuan.

5. Fleksibel untuk Pertumbuhan Bisnis

Seiring dengan pertumbuhan perusahaan dan perubahan yang terjadi, tampilan KPI pun juga akan berubah.

Aplikasi mampu memfasilitasi perubahan data indikator tersebut dengan fleksibel. Perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan perubahan KPI yang terjadi melalui aplikasi.

Manfaat Aplikasi KPI

Menggunakan aplikasi KPI sebagai salah satu tools untuk melacak pencapaian tujuan perusahaan mendatangkan banyak manfaat.

Contohnya adalah  dapat membantu Anda melacak perkembangan setiap indikator penilaian dari masing-masing karyawan.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya seperti berikut ini:

1. Memberikan Penilaian yang Jelas

Aplikasi KPI memiliki peran penting dalam memberikan penilaian yang jelas terhadap kinerja suatu perusahan.

Dengan menggunakan fitur yang ada dalam aplikasi ini, perusahaan dapat mengidentifikasi dan mengukur tingkat keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan strategisnya. 

Hasilnya, perusahaan dapat dengan mudah menilai sejauh mana pencapaian tujuan telah terwujud.

2. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Tidak hanya mampu memberikan penilaian dan gambaran mengenai kinerja organisasi. Penggunaan aplikasi KPI juga berperan dalam mendukung proses pengambilan keputusan. 

Dengan memproses data yang tersedia, aplikasi ini menyajikan informasi yang sesuai dan terukur bagi pimpinan. 

Hal ini membantu pemimpin untuk membuat keputusan yang berdasarkan fakta, dan mengukur kinerja perusahaan secara terus menerus dari waktu ke waktu.

3. Berfokus pada Tujuan Strategi

Manfaat berikutnya dari aplikasi ini adalah dapat menjadi alat penting dalam memastikan bahwa seluruh departemen dan anggota perusahaan bekerja sesuai dengan tujuan strategis yang telah ditetapkan. 

Aplikasi ini akan membantu menjaga fokus dan memastikan bahwa setiap tugas yang dilakukan memiliki dampak positif pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.

4. Adanya Transparansi Data

Aplikasi KPI berkontribusi dalam menciptakan transparansi dan akuntabilitas dalam organisasi. 

Pasalnya, aplikasi ini memastikan bahwa semua pihak memahami target dan tujuan yang sedang dicapai. 

5. Membantu Menganalisis dengan Mudah

Dengan menggunakan aplikasi key performance indicator, perusahaan dapat secara signifikan mempermudah proses analisis data. 

Dengan menyajikan informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis yang mendalam terhadap kinerja organisasi. 

Performance Management System LinovHR Sebagai Aplikasi KPI Terbaik 

LinovHR

Aplikasi KPI menjadi salah satu tools modern yang memudahkan perusahaan dalam melacak serta menilai pencapaian target karyawan serta tujuan perusahaan.

Penggunaan aplikasi ini membawa dampak signifikan bagi memastikan kinerja perusahaan sesuai dengan harapan.

Maka dari itu, penting sekali untuk memastikan Anda memilih aplikasi KPI terbaik seperti Performance Management System LinovHR.

Performance Management System LinovHR dilengkapi dengan fitur Goals & KPI yang memungkinkan perusahaan untuk menyusun dan memonitor KPI dari tingkat perusahaan sampai tingkat karyawan.

Penyusunan dan realisasi KPI juga bisa disusun berdasarkan periode, baik itu per bulan, per tiga bulan, atau juga per tahun.

Nantinya, karyawan bisa melaporkan pencapaian dari tiap KPI mereka langsung melalui ESS. HR dan manajemen bisa secara real-time melihat progres dari pencapaian KPI tersebut.

Pada akhir periode, sistem pun akan secara otomatis melakukan akumulasi dari pencapaian KPI.

Hasil dari pencapaian KPI pun bisa diunduh dalam bentuk laporan yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan karyawan.

Dengan demikian, modul ini tidak hanya menyederhanakan proses evaluasi kinerja, tetapi juga memberikan wawasan mendalam mengenai kontribusi karyawan terhadap tujuan perusahaan, mengidentifikasi apa yang perlu diperbaiki 

Atau

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja tim Anda dengan LinovHR dan ajukan demonya sekarang, serta rasakan dampak positifnya!

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter