Bagaimana Membuat HR Strategy yang Tepat Guna?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

hr strategy
Isi Artikel

Dalam era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, peran HR strategy semakin penting dalam menjaga daya saing suatu organisasi. 

Melalui HR strategy plan yang efektif, organisasi dapat mengoptimalkan potensi dan kinerja para karyawan, mengembangkan budaya kerja yang sehat, serta memastikan keberlanjutan dan keberhasilan jangka panjang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana membuat strategi HR yang tepat guna.

 

 

Apa Itu HR Strategy?

HR strategy adalah rencana langkah-langkah untuk mengatasi tantangan terbesar dalam sebuah organisasi dengan solusi yang berpusat pada manusia.

Pendekatan ini melibatkan kontribusi dari sumber daya manusia dalam pembuatan kebijakan dan menekankan pentingnya rekrutmen, pengelolaan bakat, kompensasi, perencanaan suksesi, dan budaya perusahaan.

HR strategy menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga keberhasilan suatu organisasi.

Mencakup serangkaian keputusan dan tindakan yang diambil untuk mengelola sumber daya manusia agar dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi.

 

Mengapa HR Strategy Penting?

HR Strategy penting karena tanpa ada strategi di belakangnya, HR hanya akan menjadi fungsi administratif dan pertumbuhan bisnis dapat terhambat. 

Bayangkan misalnya, dua perusahaan yang berbeda yang ingin memperluas ke pasar baru. Salah satunya adalah perusahaan yang strategis dan memberikan posisi penting bagi HR sejak awal. 

Perusahaan tersebut melakukan strategi yang paling menguntungkan dari segi tenaga kerja dan mengembangkan rencana jangka panjang untuk membangun jaringan kandidat berkualitas tinggi.

Kemudian, perusahaan lainnya menggunakan pendekatan transaksional dalam memecahkan masalah. 

Alih-alih melibatkan HR dalam diskusi perluasan, perusahaan tersebut menugaskan seorang manajer perekrutan untuk mencari kandidat tanpa mengetahui apakah bakat yang diinginkan ada di pasar tersebut atau tidak.

Seperti yang ditunjukkan dari contoh pertama, ketika HR terlibat dan terintegrasi pada berbagai tingkatan dalam organisasi, hal tersebut dapat menciptakan keuntungan yang kuat.

 

Baca Juga: Mengenal Strategic HRM Bagi Perkembangan Perusahaan

 

Manfaat HR Strategy Plan

Salah satu manfaat utama dari HR strategy plan adalah membantu organisasi mengalokasikan anggaran dengan cara yang akan memaksimalkan return on investment (ROI) mereka. 

Di sisi lain, sebuah perusahan juga bisa mendapatkan manfaatnya, antara lain:

  • Mengurangi turnover karyawan.
  • Meningkatkan keterlibatan karyawan.
  • Meningkatkan produktivitas.
  • Menarik bakat yang unggul.
  • Menerapkan kebijakan yang lebih baik.

 

Bagaimana Membuat HR Strategy?

Berikut langkah-langkah untuk membuat strategi HR yang perlu Anda ketahui.

 

1. Meluangkan Waktu untuk Perencanaan

Sediakan beberapa jam yang fokus untuk mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan penting, melakukan penelitian mengenai faktor eksternal, dan merinci strategi.

Mendokumentasikan informasi dan tujuan yang penting akan membantu mempermudah implementasi strategi.

 

2. Membuat Checklist

Mengembangkan rencana strategi SDM dapat terasa membingungkan karena terdapat banyak informasi yang harus dimasukkan dalam dokumen yang komprehensif tersebut.

Dengan membagi tugas menjadi kategori-kategori yang lebih kecil melalui pembuatan daftar periksa, para profesional HR dapat mengembangkan strategi yang komprehensif dengan semua komponen yang penting.

 

3. Sinkronisasi dengan Pimpinan Bisnis

Setiap HR strategy plan yang sukses harus selaras dengan strategi bisnis keseluruhan perusahaan.

Di dunia kerja yang terus berubah, menjadi praktik terbaik untuk membangun strategi bisnis yang berorientasi pada orang dan fleksibel agar dapat beradaptasi dengan tantangan yang tidak terduga.

 

4. Membuat Jadwal Waktu

Jadwal waktu harus mengidentifikasi tujuan yang ingin dicapai oleh para pemimpin SDM sepanjang tahun dan jangka panjang.

Rutin melakukan evaluasi dapat membantu perusahaan tetap berada pada jalur yang tepat, sambil beradaptasi dengan perubahan yang tidak terduga di pasar.

 

Tips Menerapkan HR Strategy dengan Baik

Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan HR strategy plan dengan baik:

 

1. Melibatkan Pihak yang Terkait

Strategi membutuhkan kolaborasi dari berbagai bagian. Para profesional SDM sebaiknya terlibat sejak awal, dan lebih baik manajer serta pemimpin senior lainnya pun memberikan persetujuan terhadap rencana tersebut.

 

2. Mengetahui Anggaran

Tanpa dana yang mencukupi, strategi HR hanya akan menjadi angan-angan belaka. Fokuslah pada strategi yang sesuai dengan anggaran organisasi secara realistis.

 

3. Jangan Melupakan Tugas Administratif

Jangan mengabaikan tanggung jawab administratif demi strategi. Jangan sampai hal tersebut akan menghambat setiap rencana, seberapa besarpun rencananya.

 

4. Memantau dan Menyesuaikan Strategi

Ukur efektivitas strategi dari waktu ke waktu dengan menggunakan indikator kinerja utama atau Key Performance Indicator. Jika ada sesuatu yang tidak mencapai hasil yang diinginkan, bisa dilakukan revisi sesuai kebutuhan.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan Anda dapat menerapkan strategi SDM dengan lebih efektif.

 

Contoh HR Strategy

HR strategy dapat dibedakan menjadi strategi yang luas atau spesifik. Strategi SDM yang luas berfokus pada manajemen organisasi secara keseluruhan.

Strategi yang spesifik berfokus pada perbaikan fungsi SDM tertentu, seperti rekrutmen, perencanaan kompensasi, dan pengembangan karyawan.

Meskipun setiap HR strategy plan berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap organisasi, umumnya strategi SDM mencakup hal-hal berikut:

  • Komunikasi yang berkelanjutan antara HR, pimpinan, dan anggota tim.
  • Penyediaan pengalaman onboarding (masuk) dan offboarding (keluar).
  • Praktik perekrutan yang beragam dan inklusif.
  • Mobilitas karier dan pengembangan profesional.
  • Kompensasi dan manfaat yang kompetitif.
  • Kepercayaan dan transparansi.
  • Memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan mental karyawan.

 

Baca Juga: 7 Strategi Efektif HRD dalam Penyusunan Sistem Reward dan Punishment

 

Software HRIS LinovHR Bantu Implementasi HR Strategy

software hris

 

Dalam mengimplementasikan HR strategy di perusahaan, tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan upaya dan kerja keras dari HR dalam mengelola kinerja karyawan secara efisien.

Seperti yang sudah Anda ketahui, HR strategy yang efektif menjadi kunci untuk keberhasilan perusahaan. Maka dari itu, diperlukan cara yang mudah dan efektif dalam pengimplementasiannya.

Salah satunya yakni dengan menggunakan software HRIS yang dapat mengelola berbagai aspek HR seperti pengelolaan data karyawan, manajemen absensi, penggajian, pelatihan, dan lain-lain.

Rekomendasi software HRIS terbaik yang bisa Anda gunakan yakni Software HRIS LinovHR, yang bisa memudahkan Anda dalam implementasi HR strategy plan.

Fitur Organization Management dalam software ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan organisasi dengan sangat mudah.

Ada juga Personnel Administration yang menjadi jawaban untuk keperluan perusahaan dalam mengelola database karyawan dengan baik, didukung dengan berbagai fitur unggulan di dalamnya seperti Personal Details yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi karyawan secara rinci.

Dengan software ini, Anda juga akan dimudahkan dalam mengelola penggajian karyawan, sebab LinovHR menyediakan juga fitur Payroll yang akan membantu Anda melakukan pengaturan dan perhitungan gaji karyawan dengan cepat dan tepat.

Masih banyak fitur terbaik lainnya yang bisa Anda gunakan dalam mengimplementasikan HR Strategy dengan Software HRIS LinovHR. Sebut saja Competency Management, Performance Management, Time Management, Loan, Succession Management, Reimbursement, hingga Learning Management System.

Selain itu, software HRIS LinovHR menyediakan fitur analitik yang kuat, memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data SDM dan mengidentifikasi tren serta pola-pola penting.

Dengan bantuan Software HRIS LinovHR, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan produktivitas dalam pengelolaan SDM secara maksimal.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba demonya secara gratis dan nikmati beragam manfaatnya sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter