tips work from home

Tips Work From Home untuk Para Manajer

Seorang manajer tentu harus memantau dan mengarahkan seluruh anggota tim nya agar tercipta kelancaran kinerja. Pandemi COVID-19 yang belum berakhir ini membuat perusahaan menerapkan sistem Work From Home (WFH) baik manajer maupun para karyawannya. Bagaimanakah cara agar manajer bisa tetap produktif bekerja selama WFH? Berikut ini LinovHR akan membagikan tips work from home bagi Anda yang berperan sebagai atasan atau manajer perusahaan! 

 

Membuat Lingkungan Kerja yang Tepat

tips work from home yang pertama adalah menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Lingkungan kerja yang nyaman pastinya menjadi hal utama dalam kelancaran aktivitas kerja. Sebagai pemimpin, tentunya Anda cenderung memiliki hak istimewa untuk memiliki ruang kerja pribadi yang bagus dan nyaman. 

Namun jangan lupa untuk mengontrol kondisi para anggota tim Anda. Tanyakanlah bagaimana kondisi lingkungan kerja mereka saat WFH, apakah nyaman dan kondusif untuk bekerja.

 

Buatlah Beberapa Rencana Kerja

Kondisi seperti ini membuat seluruh orang untuk memikirkan cara terbaik untuk bekerja. Sebagai manajer, buatlah beberapa opsi atau rencana untuk beberapa kondisi yang mungkin akan terjadi.

Misalnya jika karyawan sedang tidak memiliki kuota internet atau sedang terjadi pemadaman listrik di area tempat tinggalnya. Anda bisa membolehkan mereka untuk bekerja di kantor. Perusahaan tentunya harus memikirkan rencana cadangan seperti ini akan keefektifan kerja tetap berjalan.

 

Tetap Adakan Pelatihan Karyawan

Walau sedang bekerja dengan sistem Remote, tetaplah adakan pelatihan kepada anggota tim Anda. Buatlah agenda untuk mengadakan pelatihan secara virtual dengan tim.

Pelatihan secara virtual ini tentu saja berbeda dari pelatihan pada biasanya. Karyawan maupun Anda sendiri akan beradaptasi dengan pelatihan yang seperti ini. Untuk itu sebelum mengadakan pelatihan, sebarkan informasi atau simulasi pelatihan. Hal ini dilakukan agar kegiatan pelatihan virtual nanti berjalan dengan lancar.

 

Jangan Memutuskan Koneksi!

Saat ini komunikasi menjadi kegiatan yang sangat penting untuk menunjang proses kerja. Terlebih lagi Anda dan anggota tim harus terpisah beberapa waktu dan tetap harus menyelesaikan target kerja. Jadi, tetaplah menjaga koneksi Anda dengan anggota tim melalui aplikasi chat yang sudah banyak tersedia. 

Dengan begitu, Anda tetap bisa memberikan informasi, tugas, atau revisi kerja yang harus segera dibenarkan. Selain itu, seluruh anggota tim mulai dari manajer hingga karyawan akan saling mengetahui kabar satu sama lainnya.

 

Baca Juga : WFH Kurang Produktif? Gunakan 4 Aplikasi WFH Makin Produktif

 

Berikan Apresiasi Kerja

Bekerja dengan sistem remote atau hybrid ini tentu saja ada hambatan tersendiri bagi masing-masing individu. Ketika karyawan atau anggota tim berhasil menyelesaikan target kerja, berikanlah apresiasi kepada mereka walau hanya memberikan ucapan selamat.

Memberikan ucapan selamat akan meningkatkan motivasi kerja anggota tim meningkat dan semangat untuk mengerjakan tugas baru. Anda juga bisa mengadakan selebrasi secara virtual dengan anggota.

 

Jadwalkan Rapat Secara Teratur

Tips work from home berikutnya adalah jangan lupa untuk mengatur jadwal rapat secara teratur. Kegiatan rapat dilakukan untuk saling mengetahui kemajuan atau progres kerja yang dilakukan masing-masing anggota. Selain itu, pada rapat ini juga akan membahas jika terjadi masalah dan sama-sama untuk menemukan solusinya.

Dengan rapat yang teratur, Anda jadi bisa mengetahui hal apa saja yang sudah dilakukan dan hambatan apa saja yang sedang mereka alami. Sehingga, proses kerja akan lebih cepat selesai dan menghindari terjadinya masalah yang besar.

 

Adakah Waktu Santai Bersama

Setiap harinya, Anda dan anggota tim pasti sangat berfokus untuk menyelesaikan target kerja. Agar tidak terjadi stress atau overload, adakanlah waktu santai bersama dengan anggota tim. 

Waktu santai ini bisa diisi dengan cara makan siang bersama, bermain mini games, dan kegiatan menyenangkan lainnya yang dilakukan secara virtual. Lama-lama, waktu santai bersama akan menumbuhkan motivasi kerja, meningkatkan kekompakan anggota tim, serta meningkatkan keterlibat karyawan.

 

Dorong Karyawan untuk Saling Membantu Satu Sama Lainnya

Pada setiap anggota, pastinya terdapat karyawan yang memiliki pengetahuan atau keahlian yang lebih untuk mengerjakan beberapa hal. Jika di dalam anggota tim Anda terdapat ciri karyawan seperti itu, doronglah mereka untuk bisa saling membantu satu sama lainnya. Jangan lupa untuk menekankan kepada karyawan untuk tidak malu bertanya dan meminta tolong jika terjadi hambatan kerja.

 

Penuhi Kebutuhan Karyawan

Untuk melakukan proses kerja, pastinya karyawan memiliki kebutuhan yang harus mereka dapatkan. Kebutuhan tersebut nantinya akan menunjang kelancaran kerja para karyawan. 

Untuk itu, penuhilah kebutuhan kerja karyawan seperti memberikan subsidi untuk kuota internet. Dengan menyediakan pemenuhan karyawan ini, mereka akan merasa sangat diperhatikan oleh manajer atau perusahaan dan membuat mereka untuk terus termotivasi, terhubung, dan terlibat pada perusahaan.

 

Baca Juga : 6 Cara Pantau Karyawan Saat Sedang Work From Home

 

Agar aktivitas kerja bisa tetap berjalan seperti biasanya, haruslah untuk mengadakan inovasi kerja dalam menyesuaikan kondisi yang terjadi seperti saat ini. Sebagai pemimpin atau manajer, sangat penting untuk memberikan perhatian dan pemantauan yang lebih kepada anggota tim. Jangan sampai karyawan merasa tidak diperhatikan dan membuat mereka menjadi tidak bersemangat dalam bekerja. 

Semoga tips work from home untuk para manajer di atas dapat membantu Anda untuk bisa lebih baik lagi dalam bekerja. Semoga membantu!