Administrasi bisnis

Baru Mulai Kuliah? Simak Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis!

Jurusan kuliah merupakan hal yang sangat penting untuk ditelaah lagi sebelum benar-benar memilih dan mempelajarinya selama empat tahun kedepan. Jurusan yang dipilih haruslah sesuai dengan kemampuan, minat dan juga prospek pekerjaan yang diinginkan. Salah satu jurusan kuliah yang kini prospek kerjanya sangat luas dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan adalah administrasi bisnis.

Jurusan administrasi bisnis dapat memberikan Anda banyak kajian mengenai berbagai kebijakan di dalam sektor bisnis, publik, fiskal ataupun yang sesuai dengan fokus studi Anda. ilmu-ilmu ini tentunya kini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan sehingga prospek kerja administrasi bisnis pun sangat besar peluangnya.

Namun, apa yang dimaksud dengan administrasi bisnis itu sendiri dan apa saja fokus yang dipelajari dengan mendalam di dalam jurusan ini?

Simak lebih lanjut artikel dari LinovHR ini! 

 

Apa Itu Ilmu Administrasi Bisnis?

Jurusan ilmu administrasi bisnis adalah program studi yang fokus pada aspek perencanaan dan pengendalian suatu instansi negeri maupun swasta dengan tujuan akhir yang sudah ditetapkan. 

Jurusan ini juga biasa dikenal sebagai administrasi niaga yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kegiatan operasional bisnis dan juga perusahaan yang meliputi marketing, pengelolaan keuangan, pengelolaan sumber daya manusia hingga kegiatan produksi. Tidak hanya itu, jurusan ini pun juga biasanya mempelajari mengenai penciptaan produk baru.

Dengan memilih jurusan ini, Anda akan dipastikan mendapatkan berbagai keahlian tertentu yang kini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Contoh keahlian yang bisa Anda dapatkan dari jurusan administrasi bisnis adalah kemampuan manajerial, analisis, berpikir strategis, kemampuan komunikasi, mengelola organisasi hingga perhitungan atau matematika. 

Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini juga sangat banyak dan pastinya dapat memberikan Anda banyak pengetahuan seputar bisnis dan administrasi perusahaan, contohnya adalah seperti asas-asas manajemen, kebijakan dan strategi pemasaran, kebijakan dan strategi Sumber Daya Manusia, akuntansi, manajemen pemasaran strategis, teknik penyusunan rencana bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan mempelajari jurusan ini, Anda akan secara otomatis terbentuk menjadi individu yang teliti, tekun, detil, terstruktur, rasional dan juga bisa bekerjasama dalam tim. Soft skill ini tentunya sangat dibutuhkan bagi para fresh graduate untuk melamar pekerjaan.

 

Baca Juga: Apa Saja Tugas dan Besaran Gaji Helper Gudang?

 

Kampus yang Menyediakan Jurusan Administrasi Bisnis

Kini, banyak kampus yang membuka jurusan administrasi bisnis namun beberapa universitas ini merupakan universitas terbaik dalam memfasilitasi jurusan administrasi niaga atau administrasi bisnis. 

 

Beberapa diantaranya adalah: 

  • Universitas Brawijaya yang berada di Malang
  • Universitas Diponegoro yang terletak di Semarang
  • Universitas Lampung atau UNILA di Lampung
  • Universitas Katolik Atma Jaya di Jakarta
  • Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) yang berada di Bandung, dan masih banyak lagi universitas lainnya yang membuka jurusan ini.

 

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa sangat banyak prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan jurusan administrasi bisnis sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai jenjang karir seperti apa yang bisa diambil apabila Anda memilih untuk mempelajari jurusan yang satu ini.

Berikut adalah beberapa prospek kerja yang bisa didapatkan dari jurusan ini:

 

Staf Administrasi

Prospek kerja pertama yang bisa didapatkan oleh lulusan administrasi bisnis adalah staff administrasi sebuah perusahaan. Posisi ini memiliki berbagai tugas seperti rekapitulasi surat-surat, mulai dari surat transaksi hingga surat berharga seperti aset perusahaan.

Tidak hanya itu, staf administrasi juga memiliki tanggung jawab untuk membuat surat-surat resmi yang diminta atau dibutuhkan perusahaan.

 

Manajemen Perusahaan

Prospek kerja kedua yang bisa didapatkan dari lulusan jurusan administrasi niaga atau bisnis adalah manajemen perusahaan yang memiliki tugas untuk memimpin, mengadministrasi dan juga memberikan arahan untuk perusahaan. 

Tidak hanya itu, manajer juga perlu memiliki kemampuan perencanaan mengenai aktivitas perusahaan kedepannya. Jika Anda mengisi posisi ini maka Anda dapat melamar posisi management trainee apabila Anda merupakan seorang fresh graduate.

Jika Anda bergabung di sebuah perusahaan dengan posisi ini maka Anda dapat mempelajari mengenai keseluruhan perusahaan sebelum ditentukan posisi apa yang cocok dengan Anda

mobile ess

 

Konsultan Bisnis

Memilih jurusan ini pastinya dapat memberikan Anda berbagai ilmu di dalam bidang bisnis sehingga Anda pun juga bisa memiliki prospek kerja untuk menjadi seorang konsultan bisnis. 

Konsultan sendiri merupakan seseorang yang dipercayai untuk memberikan nasihat mengenai berbagai hal di dalam bidang bisnis, baik itu konsultan internal maupun eksternal. Perbedaan internal dan eksternal hanyalah tempat dimana ia bekerja, apakah di perusahaan sendiri atau untuk menjadi konsultan di perusahaan lain.

 

Analis Keuangan

Memiliki prospek kerja sebagai analis keuangan juga merupakan prospek kerja lainnya yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan administrasi bisnis. Sebagai seorang analis keuangan maka Anda akan memiliki tanggung jawab dalam mengambil data-data laporan pendapatan perusahaan hingga rekomendasi keuangan. 

Seorang analis keuangan juga dapat memiliki pemahaman dalam hal sektor bisnis atau industri tertentu sehingga dapat memberikan pendapat atau saran mengenai perihal keuangan di dalam perusahaan.

 

Akuntan

Tidak hanya analis keuangan, Anda yang memiliki ijazah administrasi bisnis juga bisa memiliki prospek kerja untuk menjadi seorang akuntan.

Meskipun diharuskan untuk melakukan berbagai pelatihan, Anda pastinya sudah memiliki ilmu mendasar mengenai hal ini di masa kuliah. Dengan menjadi seorang akuntan, Anda dapat membuat sistem indikator performa keuangan di dalam perusahaan. 

 

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengambil jurusan ilmu administrasi bisnis? Mengingat prospeknya yang cukup luas dan fleksibel, tentu tak heran jika jurusan ini banyak diminati. Semoga ulasan singkat di atas bisa membantu!