branch manager

Siapakah Itu Branch Manager? Berikut Uraian Tugas dan Gajinya!

Istilah manager pastinya sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. Namun, apakah Anda mengetahui juga perihal branch manager? Apa itu branch manager?

Branch manager adalah seorang pimpinan di kantor cabang, sehingga harus menjadi contoh yang baik kepada para bawahannya di kantor cabang suatu perusahaan.

Posisi manajemen berada di tengah struktur organisasi dan memiliki tanggung jawab kepada top level management. Biasanya hal seperti ini sering dijumpai pada perusahaan perbankan atau perusahaan multinasional dengan banyak anak cabang. 

Untuk menjadi seorang branch manager, tentunya bukanlah hal yang mudah karena ada tugas-tugas yang perlu dimiliki oleh seorang manajer cabang akan proses bisnis dan kinerja semua karyawan menjadi lancar.

 

Tugas Branch Manager

Tugas Branch Manager
Branch Manager

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menjadi seorang branch manager tentunya memiliki tugas-tugas tertentu yang harus dijalankan demi melancarkan proses bisnis perusahaan di cabang di mana si manajer ditempatkan.

Berikut ini adalah beberapa tugas dari seorang branch manager.

 

Mengawasi dan Mengkoordinasi Kegiatan Operasional

Menjadi seorang branch manager artinya Anda diharuskan untuk mampu mengawasi dan juga mengkoordinasi aktivitas yang berlangsung di kantor cabang tersebut. Dengan adanya koordinasi yang diatur oleh manajer cabang, maka kegiatan operasional dan proses bisnis dapat berjalan dengan lancar dan maksimal

 

Menjadi Pemimpin Kegiatan Operasional Perusahaan Cabang

Manajer cabang juga harus memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin dalam kegiatan operasional perusahaan dan juga mendorong kinerja para karyawan agar lebih maksimal dalam menjalankan dan menyelesaikan tugasnya. 

Tidak hanya itu, seorang manajer yang ditempatkan di kantor cabang juga bertanggung jawab dalam hal memonitor seluruh kegiatan operasional bisnis perusahaan di cabang tersebut. Maka dari itu, untuk pelaksanaan tugas ini sangat dibutuhkan seorang branch manager yang sangat aktif.

 

Mengembangkan Kegiatan 

Tidak hanya mengelola dan mendorong perusahaan di kantor cabang ke titik yang maksimal, seorang manager cabang juga perlu untuk mengembangkan kembali seluruh kegiatan operasional perusahaan di kantor cabang tersebut dari berbagai segi atau aspek, mulai dari aspek pelayanan hingga kualitas produk yang terdapat di perusahaan tersebut.

Karena hal inilah, branch manager perlu untuk melalui proses training yang rutin.

 

Melakukan Observasi Kinerja Karyawan

Sebagai seorang manajer, tentu Anda perlu memantau atau mengobservasi hingga menilai kinerja setiap karyawan yang ada di kantor cabang tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para tenaga kerja menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada mereka. 

 

Mudahkan Manajemen Job Description Karyawan dengan Software HRD LinovHR

Lihat Berbagai Fitur Lengkap LinovHR Disini

 

Mencari Solusi Atas Sebuah Masalah

Tidak dapat disangkal bahwa setiap hal pasti akan ada penghalang ataupun masalah yang harus dihadapi dan dilewati, begitu pula dengan suatu perusahaan.

Maka dari itu, fungsi dan tugas seorang branch manager akan sangat dibutuhkan dalam hal memecahkan atau mencari solusi yang tepat untuk perusahaannya, baik itu masalah terkait dengan konsumen maupun masalah terkait hal internal.

 

Syarat Menjadi Branch Manager

Dengan banyaknya tugas atau tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang branch manager, maka kualifikasi untuk seseorang yang ingin menjadi branch manager pun perlu dimiliki atau dipenuhi.

 

Memiliki Skill Leadership

Untuk menjadi seorang manajer cabang, tentunya Anda diharuskan untuk memiliki kemampuan dalam hal leadership atau kemampuan untuk memimpin sekelompok orang atau bahkan suatu organisasi. 

Dengan memiliki skill kepemimpinan atau leadership, seorang manajer dapat dengan efektif mendelegasikan berbagai tanggung jawab yang harus dikerjakan dan diselesaikan oleh bawahannya.

 

Berorientasi Terhadap Target

Memiliki tujuan yang jelas atau target tertentu tentunya merupakan hal umum yang sering dimiliki oleh banyak individu. Namun, untuk seorang manajer hal ini merupakan suatu keharusan yang perlu dimiliki demi mencapai target atau pencapaian tertentu dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. 

Target yang dimiliki tentunya akan diberitahukan kepada bawahan seorang manajer agar pencapaian pun dapat lebih maksimal dan juga cepat karena kerja sama yang baik.

 

Mampu Bekerjasama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seorang pemimpin memiliki suatu target yang harus dicapai dan pencapaian tersebut tidak akan bisa didapatkan apabila bekerja secara individu. 

Maka dari itu, untuk meraih target yang diharapkan, seorang branch manager sangat perlu untuk memiliki kemampuan dalam bekerja sama dengan tim agar semua tenaga kerja di perusahaan tersebut memiliki visi dan misi yang sama dalam hal meraih pencapaian tertentu.

 

Berkomunikasi dengan Baik

Karena seorang branch manager harus mampu untuk mendelegasikan tugas dan juga menyampaikan visi dan misi perusahaan kepada para tenaga kerjanya, maka sangat diperlukan bagi setiap branch manager untuk memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal berkomunikasi agar tidak ada kesalahpahaman atau misinformasi.

 

Baca Juga: Sering Miskomunikasi? Simak Cara Mengatasi Miskomunikasi dari HR Berikut Ini!

 

Mampu Mengemban Tanggung jawab

Karena branch manager dapat dikatakan sebagai sosok pemimpin di perusahaan cabang, maka tugas yang dimiliki oleh manajer cabang pun juga banyak sehingga hal ini mendorongnya untuk menjadi seseorang yang tanggung jawab.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa salah satu syarat lainnya bagi seorang branch manager adalah tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaannya dan juga kinerja seluruh bawahannya.

 

Visioner

Syarat lainnya yang perlu dimiliki atau menjadi bagian dari kualifikasi seorang manajer cabang adalah kemampuan untuk menjadi visioner. Menjadi seseorang yang visioner meliputi kemampuan untuk merencanakan hal-hal penting di masa mendatang demi keberlangsungan atau kelancaran proses bisnis perusahaan dengan menyusun berbagai strategi yang cemerlang.

 

Berapa Gaji Menjadi Branch Manager?

Rata-rata besaran gaji branch manager di Indonesia adalah Rp 91.200.000 per tahunnya atau sekitar Rp 7.000.000 per bulannya.

Untuk seseorang yang baru memulai karirnya sebagai branch manager, kisaran gajinya adalah sebesar Rp 48.000.000 per tahun atau Rp 4.000.000 perbulannya. Sementara untuk gaji branch manager yang sudah berpengalaman tinggi, maka besarannya berada di kisaran Rp 155.000.000 per tahunnya.

 

Bagaimana? Tertarik untuk menduduki posisi ini?

Demikianlah hal-hal seputar manajer cabang atau branch manager yang sekiranya perlu untuk diketahui. Untuk menjadi seorang pemimpin tentunya Anda diharuskan untuk memiliki kemampuan-kemampuan tertentu karena hal ini dapat berpengaruh kepada kinerja tim lain yang berada di naungan Anda.