cara bekerja di luar negeri

8 Tips Cara Bekerja di Luar Negeri, Salah Satunya Sangat Mudah!

Seiring berjalannya waktu, saat ini kesempatan bekerja di luar negeri cukup banyak dan terbuka lebar untuk para tenaga kerja di Indonesia.

Bidang pekerjaan yang dicari pun bermacam-macam dan tentunya dapat disesuaikan dengan keahlian dan keterampilan Anda. Cara bekerja di luar negeri pun tidak sesulit yang dibayangkan, kini dengan bantuan internet dan job portal, Anda bisa mencari lowongan pekerjaan di luar negeri yang sesuai dengan minat, skill, dan passion Anda. 

Bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri, berikut beberapa cara yang perlu Anda ketahui dan pahami agar mudah bekerja disana. Apa saja? Simak yuk!

 

Tentukan Jenis Pekerjaan yang diinginkan

Sebelum memulai karir di luar negeri, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui jenis pekerjaan yang diinginkan. Penting untuk Anda mengetahui dan memahami bidang pekerjaan apa yang akan Anda geluti dan posisi seperti apa yang paling cocok dengan kemampuanmu. Jika Anda sudah paham dengan jenis pekerjaannya, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

 

Lakukan Riset Lowongan Kerja di Luar Negeri

Salah satu hal yang menjadi kendala bekerja di luar negeri adalah membedakan lowongan pekerjaan yang benar dan palsu. Hal ini dikarenakan Anda tidak mengetahui kondisi kantor secara langsung dan banyaknya modus penipuan di internet yang tentunya dapat merugikan Anda. oleh sebab itu, saat mencari lowongan pekerjaan  di luar negeri alangkah baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. 

Lakukan riset mengenai profil perusahaan yang Anda lamar, bagaimana reputasi perusahaan, sistem kerjanya, dan besar upah yang diberikan. Dengan melakukan riset, Anda akan terhindar dari jebakan lowongan pekerjaan abal-abal.

 

Baca Juga : 5  Cara Mengenali Lowongan Kerja Palsu

 

Pahami Negara Tujuan

Menetap sementara untuk bekerja di negara asing bukanlah hal yang mudah, perbedaan bahasa, kultur, dan budaya dapat menjadi kendala utama. Sebelum memutuskan kerja di luar negeri, sebaiknya Anda memahami budaya negara yang dituju. Sehingga Anda tidak terlalu merasakan culture shock saat tiba disana. 

Anda bisa lakukan riset mengenai daerah tempat tinggal atau kota yang akan Anda datangi. Tak hanya itu, Anda juga perlu melakukan riset mengenai perusahaan tempat Anda bekerja untuk mengetahui bagaimana budaya kerja di perusahaan tersebut.

 

Siapkan Mental dan Tekad yang Kuat

Hidup berjauhan dari keluarga, kerabat, teman, dan orang tersayang pasti rasanya sulit, apalagi jika Anda belum pernah hidup merantau. Perlu diketahui, tinggal di negara asing tidaklah mudah karena semua hal harus dikerjakan sendiri mulai dari bangun tidur, pergi bekerja, mengurus rumah, berbelanja kebutuhan, dan lain-lain.

Bekerja di luar negeri dapat membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tidak bergantung dengan bantuan orang lain. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan mental dan tekad yang kuat sebelum berangkat ke luar negeri.

 

Baca Juga : Budaya Kerja 5S Ala Jepang

 

Menguasai Bahasa Asing

Bekerja di luar negeri menuntut Anda untuk lebih sering berkomunikasi dengan orang asing yang tentunya memiliki bahasa yang berbeda. Maka dari itu, sebelum kerja di negara lain sebaiknya Anda menguasai bahasa dari negara tersebut atau setidaknya menguasai bahasa Inggris. Dengan begitu, Anda bisa bekerja dengan baik dan komunikasi pun lancar.

 

Perdalam Skill 

Memiliki skill atau kemampuan merupakan aspek yang sangat penting dan salah satu cara bekerja di luar negeri agar mudah diterima. Sebagai tenaga kerja asing, Anda dituntut untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni. Maka dari itu, Anda harus menguasai betul skill yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang akan dijalani.

Jika Anda menguasai skill yang dibutuhkan, maka Anda bisa mengatasi tekanan dan tantangan yang diberikan. Sehingga Anda lebih mudah mengikuti arus kerja di perusahaan tersebut.

 

Siapkan dan Lengkapi Dokumen

Salah satu cara bekerja di luar negeri yang paling penting adalah mempersiapkan dokumen yang lengkap. Setiap negara tentunya memiliki aturan dan persyaratan yang berbeda-beda sehingga Anda harus cermat memperhatikan dokumen apa saja yang dibutuhkan. Biasanya dokumen yang wajib ada seperti, kartu identitas, paspor, visa kerja, dan sisanya mengikuti persyaratan negara yang Anda tuju. Usahakan dokumen yang Anda siapkan lengkap agar Anda tidak mendapat masalah hukum ketika tiba di negara tujuan.

 

Mempersiapkan Budget

Cara berkarir di luar negeri selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan budget atau biaya. Biaya yang disiapkan juga harus cukup jumlahnya karena sangat penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari Anda disana. Meskipun banyak juga perusahaan di luar negeri yang menanggung biaya tempat tinggal atau biaya akomodasi, namun tidak ada salahnya Anda menyiapkan budget pribadi untuk berjaga-jaga. Ditambah lagi Anda merupakan pendatang yang harus beradaptasi lebih dahulu menyesuaikan biaya hidup disana. Jadi, siapkan budget dengan jumlah yang cukup.

 

Berdasarkan orang yang memiliki pengalaman bekerja di luar negeri, beberapa tips atau cara bekerja di luar negeri di atas sangat membantu bagi tenaga kerja yang baru pertama kali ke luar negeri Sebagai tenaga kerja asing, Anda tidak hanya dituntut untuk bekerja secara profesional dan maksimal namun juga harus menjaga nama baik bangsa. Semoga bermanfaat!