kerja di luar negeri

Apakah Kerja di Luar Negeri Selalu Menguntungkan?

Sebagian banyak orang yang bermimpi untuk meniti karier di luar negeri karena tergiur akan sejumlah keuntungan yang akan didapatkan. Namun, kerja di luar negeri tentu tidak semudah bekerja di negara sendiri. Terdapat sejumlah syarat yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu sebelum memutuskan berangkat ke sana, seperti kemampuan berbahasa asing dan skill yang sesuai dengan bidang pekerjaan.

Selain itu, bekerja di luar negeri juga memiliki tantangan tersendiri yakni Anda membawa nama baik bangsa Indonesia. Sehingga Anda harus bekerja secara profesional dan mumpuni di bidang pekerjaan yang dijalankan.

 

Sederet Kelebihan Kerja di Luar Negeri

Kerja di luar negeri tentu memiliki sederet kelebihan yang akan berpengaruh pada perkembangan karir Anda. Simak ulasannya berikut ini.

 

Mengasah Kemampuan Bahasa Asing

Saat Anda memutuskan bekerja di luar negeri, syarat utama yang harus dipenuhi adalah menguasai bahasa negara yang dituju atau paling tidak menguasai bahasa universal seperti Inggris. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya belajar atau kursus bahasa asing terlebih dahulu, terutama percakapan sehari-hari. Karena meski bahasa asing Anda sudah cukup bagus, namun ada saja beberapa kosa kata atau bahasa gaul disana yang tidak Anda mengerti.

Dengan memutuskan bekerja di luar negeri, Anda dapat mengasah kemampuan bahasa asing setiap hari dengan berbicara bersama warga lokal atau partner kerja sehingga skill bahasa asing Anda semakin lancar.

 

Baca Juga: Cara Menjaga Profesionalitas saat Bekerja didalam Maupun Luar Negeri

 

Mengenal Kultur dan Budaya lain

Setiap negara di dunia tentunya memiliki kultur dan budaya yang berbeda-beda. Tak hanya menguasai bahasa asing, saat bekerja di luar negeri artinya Anda harus siap belajar mengenai budaya, kultur, kebiasaan, dan adat istiadat yang berlaku di negara tersebut. dengan mempelajari budaya dan kultur negara lain, tentunya Anda dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Selain itu, Anda juga belajar memahami perbedaan dan meningkatkan rasa toleransi terhadap budaya baru.

Hal tersebut mempengaruhi karir Anda, apalagi jika perusahaan tempat Anda bekerja memiliki karyawan dari berbagai negara. Sehingga kerja di luar negeri bukan hanya soal gaji yang besar, tetapi juga memperluas wawasan dan pengetahuan yang bisa menjadi bekal untuk karir Anda kedepan.

 

Mendapatkan Gaji yang Lebih Besar

Sebagian banyak orang ingin bekerja di luar negeri karena mengincar gaji atau pendapatan yang lebih besar. Memang jika dibandingkan dengan rata-rata upah pekerja di Indonesia, gaji yang didapat di luar negeri jauh lebih besar.

Bagaimana bisa? karena gaji yang akan Anda dapatkan dihitung berdasarkan standar hidup masyarakat di negara yang Anda tuju, seperti biaya tempat tinggal, biaya makan, transportasi, dan lain-lain.

Maka, gaji yang akan didapatkan dengan bekerja di luar negeri jumlahnya sangat fantastis jika dikonversi ke dalam rupiah. Menariknya lagi, terdapat beberapa perusahaan di luar negeri yang sudah menanggung semua biaya akomodasi karyawannya, mulai dari tempat tinggal hingga biaya makan.

 

Menambah Relasi Pertemanan

Salah satu kelebihan bekerja di luar negeri adalah membuka peluang yang lebih besar untuk Anda memiliki relasi pertemanan yang luas.

Karena partner kerja Anda bukan hanya orang Indonesia melainkan orang-orang dari berbagai negara. Relasi pertemanan yang luas sangat dibutuhkan dalam dunia kerja untuk mendukung karir Anda. Oleh karena itu, bangunlah relasi pertemanan dengan baik saat bekerja di luar negeri dan tetap menjaga hubungan kerja yang profesional.

 

Baca juga : Manfaat Menjalin Relasi dengan Partner Kerja

 

Melatih Kemandirian

Bekerja di luar negeri artinya Anda harus jauh dari keluarga, kerabat, sahabat, dan orang tersayang. Jika dipandang dari sisi lain, hal tersebut bisa berdampak positif untuk Anda yakni melatih kemandirian.

Kerja di luar negeri mengharuskan Anda melakukan semua hal sendirian dan tidak bergantung dengan orang lain, mulai dari makan, berbelanja kebutuhan, mencuci pakaian, membersihkan tempat tinggal, dan sebagainya. sehingga Anda menjadi pribadi yang lebih tangguh, mandiri, dan kreatif. Serta, Anda semakin mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan disana.

 

3 Kekurangan Kerja di Luar Negeri

Selain kelebihan, bekerja di luar negeri juga memiliki kekurangan. Berikut 3 kekurangan kerja di luar negeri yang harus bisa Anda hadapi. 

 

  • Biaya Hidup Tinggi

Memang gaji yang lebih besar akan Anda dapatkan dengan kerja di luar negeri, namun hal tersebut sebanding dengan biaya hidup yang dikeluarkan di negara tersebut. biaya hidup di luar negeri tentunya jauh lebih mahal dibandingkan di Indonesia, mulai dari biaya makan hingga biaya tempat tinggal.

Namun, biaya hidup ini kembali lagi kepada gaya hidup Anda. apabila Anda bisa mengelola keuangan dengan baik, maka biaya hidup yang dikeluarkan pun tidak terlalu tinggi. Jadi, biaya hidup orang yang bekerja di luar negeri juga dipengaruhi gaya hidup atau life style seseorang.

 

  • Jauh dari keluarga

Alasan terberat saat memutuskan untuk bekerja di luar negeri adalah jauh dari keluarga, kerabata, atau orang tersayang. Keluarga yang biasanya memberikan dukungan dan semangat secara langsung kini hanya bisa memberikannya secara jarak jauh atau virtual.

Untuk mengatasi perasaan homesick tersebut, Anda bisa menyempatkan waktu untuk pulang saat musim liburan atau sering-sering berkomunikasi melalui video call.

 

  • Harus Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Keluar dari zona nyaman adalah salah satu hal yang paling berat, sama halnya dengan Anda memutuskan kerja di luar negeri.

Mau tidak mau Anda harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kebiasaan negara yang dituju. Selain itu, peraturan dan hukum di luar negeri tentu berbeda dengan di Indonesia sehingga Anda juga perlu mempelajari peraturan yang berlaku di negara tersebut agar semakin mudah beradaptasi.

 

Baca Juga : 7 Tips Melatih Kemampuan Adaptasi di Kantor Baru

 

Seperti itulah kelebihan dan kekurangan kerja di luar negeri yang perlu Anda ketahui dan pahami. Saat bekerja di manapun, yang terpenting adalah Anda harus bisa bekerja dengan profesional dan maksimal agar pengalaman yang didapatkan menjadi bekal untuk kemajuan karir Anda kedepannya.