Cara Membuat Slip Gaji Karyawan: Langkah-langkah dan Tipsnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

cara membuat slip gaji karyawan
Isi Artikel

Ada yang membuat slip gaji dengan mail merge dari Microsoft Excel ke Microsoft Word. Ada yang menggunakan  slip gaji karyawan dengan kertas karbon. Atau ada yang membuat slip gaji dengan cara-cara yang super manual lainnya.

Semuanya ini merupakan cara konvensional atau cara lama dalam membuat slip gaji.

Namun, dengan memakai cara lama, Anda mungkin mengalami salah perhitungan sebab ceroboh atau kurang cermat akibat human error.

Atau, Anda akan kesulitan dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan perhitungan dan rekapitulasi data tersebut.

Oleh sebab itu dibutuhkan cara membuat slip gaji karyawan dengan benar. LinovHR akan membahas mengenai cara buat slip gaji melalui artikel di bawah ini.

 

Apa itu Slip Gaji?

Slip gaji adalah dokumen rincian gaji, atau ada juga yang menyebutnya dengan surat keterangan penghasilan, yang diterima karyawan dalam sebulan.

Slip gaji juga dapat digunakan untuk pengajuan besaran gaji yang lebih tinggi di perusahaan lain saat karyawan mengajukan resign.

Slip gaji umumnya digunakan karyawan untuk mengetahui rincian gaji yang diterima tiap bulannya. Dengan begitu, karyawan lebih bijak dalam mengelola keuangan mereka.

 

menghitung slip gaji karyawan
slip gaji karyawan

 

Di samping itu, slip gaji biasa digunakan sebagai lampiran dokumen administratif untuk  mengajukan kredit. Informasi yang terjadi di slip gaji akan menjadi acuan bagi kreditur untuk menilai apakah karyawan mampu membayar cicilan tiap setiap bulan.

Komponen yang tersaji dalam rincian gaji adalah gaji pokok, tunjangan, potongan pajak, dan sebagainya.

Informasi pada slip gaji tergantung jabatan dan posisi si karyawan dalam perusahaan. Format slip gaji berbeda dalam tiap perusahaan.

Selanjutnya, perusahaan juga akan menjadikan slip gaji lama sebagai referensi untuk menyiapkan besaran gaji yang pantas berdasarkan pengalaman dan kemampuan. 

 

Cara Membuat Slip Gaji Karyawan

cara menghitung slip gaji karyawan
perhitungan slip gaji

 

Untuk membuat slip gaji, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan format slip gaji yang ingin dibuat. Format slip gaji dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan atau kebutuhan pribadi. Namun, pada umumnya slip gaji berisi informasi tentang pendapatan karyawan, potongan gaji, dan total gaji yang diterima.
  2. Siapkan data karyawan yang akan dimasukkan ke dalam slip gaji. Data yang dibutuhkan antara lain nama karyawan, nomor identitas karyawan, posisi karyawan, gaji pokok, tunjangan, potongan gaji, dan total gaji yang diterima.
  3. Buatlah tabel dengan kolom-kolom yang sesuai dengan format slip gaji yang telah ditentukan. Kolom-kolom tersebut antara lain nama karyawan, nomor identitas karyawan, posisi karyawan, gaji pokok, tunjangan, potongan gaji, dan total gaji yang diterima.
  4. Isilah tabel dengan data karyawan yang telah disiapkan sebelumnya.
  5. Hitunglah total gaji yang diterima oleh karyawan dengan cara menambahkan gaji pokok dan tunjangan, lalu dikurangi dengan potongan gaji.
  6. Tambahkan informasi lain yang diperlukan, seperti periode pembayaran gaji dan informasi tentang lembur atau bonus jika ada.
  7. Setelah semua informasi sudah terisi, review kembali slip gaji untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kekeliruan.
  8. Cetak slip gaji dan serahkan kepada karyawan masing-masing.

 

Baca juga: Cara Tepat Mengoptimalkan Sistem Penggajian Karyawan pada Perusahaan Anda

 

Membuat Slip Gaji dengan LinovHR

LinovHR dapat memproses dan menghasilkan slip gaji dengan otomatis, dengan tujuan untuk membantu mengatasi masalah pembayaran gaji untuk para karyawan.

Salah satu alasan utama sebuah usaha bisnis menggunakan LinovHR adalah memastikan bahwa pekerjaan yang harus diselesaikan dengan banyak orang dan waktu yang lama apabila didukung dengan perangkat lunak, seperti aplikasi payroll berbasis cloud dan premise.

Cara membuat slip gaji karyawan dengan LinovHR sangat sederhana. HRD cukup klik button “salary slip” pada payroll software LinovHR.

Kemudian, data dan komponen gaji akan terproses secara otomatis. Slip Gaji pun selesai! Cepat bukan? Slip gaji dengan format PDF pun mudah dikirim melalui e-mail.

Cara ini juga dinilai lebih praktis, karyawan tidak perlu membawa dokumen kertas kemana-mana. Jika karyawan ingin mencetaknya, karyawan bisa mencetaknya sendiri.

 

Kelebihan Produk dan Layanan Payroll Software

Kali ini LinovHR sedikit membeberkan tentang kelebihan produk dan layanan payroll software dalam penghitungan gaji yang ada di slip gaji Anda. payroll software LinovHR memiliki beberapa kelebihan dalam layanan, diantaranya:

  1. Menyediakan format slip gaji baru dalam software payroll. Format slip gaji tersebut adalah peningkatan yang signifikan dari format slip gaji yang lama.Format slip gaji yang baru menggunakan fitur baru, seperti payroll report, payroll transaction dan salary slip.
  2. LinovHR juga menyediakan fitur lain yang ada, seperti jamsostek report, tax report dan loan request dengan harga masing-masing paket yang terjangkau.

aplikasi slip gaji

 

Banyak perusahaan mencari aplikasi slip gaji terbaik untuk perusahaanya. LinovHR hadir dalam mengatasi permasalahan slip gaji dan sesuai dengan tips memilih aplikasi slip gaji online.

LinovHR juga menawarkan user interface yang mudah dipahami. Proses adaptasi staf HRD dalam menggunakan aplikasi slip gaji online lebih cepat.

Ucapkan selamat tinggal kepada tumpukan kertas slip gaji dan segera rasakan kemudahan yang ditawarkan dari LinovHR! 

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter