cara cetak kartu bpjs ketenagakerjaan

Jangan Panik! Inilah Panduan Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu kewajiban perusahaan adalah memberikan jaminan sosial, yakni salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Namun, bagaimana jika kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang? Tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang pastinya penting untuk Anda ketahui.

Simak artikel berikut ini agar Anda dapat memahami cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan! 

 

Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Sudah selayaknya pihak pekerja sadar benar akan hak karyawan yang harus didapatkan dari perusahaan. Setiap karyawan sebagai pekerja berhak mendapatkan jaminan sosial dari perusahaan baik itu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Hal ini tertuang dalam Pasal 14 UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Pekerja yang telah terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan harus memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan. Kartu tersebut memiliki banyak fungsi seperti melakukan pencairan saldo atau klaim jaminan hari tua (JHT).

Kartu BPJS Ketenagakerjaan juga menjadi bukti bahwa Anda adalah peserta dari program pemerintah tersebut. Meski sudah terdapat kartu BPJS Ketenagakerjaan secara digital, namun kartu dalam bentuk fisik sebenarnya masih diperlukan dalam beberapa situasi tertentu. 

Berikut merupakan 4 cara untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang perlu Anda ketahui.

 

Melalui Aplikasi

Di era digital seperti saat ini tentunya proses administrasi dapat dengan mudah prosesnya melalui aplikasi-aplikasi yang siap membantu pekerjaan kita. Begitu pula jika Anda ingin mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU.

Anda perlu mengunduhnya melalui ponsel Anda dan segera daftarkan akun terlebih dahulu. Jika Anda telah membuat akun, Anda dapat login pada aplikasi menggunakan akun Anda yang telah terdaftar.

Lihat tampilan pada menu kemudian klik Kartu Digital. Setelah itu Anda perlu mengklik pada tampilan kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Lihat sisi pojok kanan atas dan pilih simbol tiga titik.

Kemudian Anda perlu menyimpan kartu digital tersebut di galeri atau dapat dikirim melalui email Anda. Setelah itu Anda sudah dapat mencetaknya secara mandiri. Anda dapat mencetak kartu tersebut dalam kertas HVS.

Kartu BPJSTKU terdiri dari tampilan depan dan belakang dimana tampilan depannya memuat identitas seperti nomor peserta yang dibutuhkan saat mencairkan saldo BPJSTKU.

 

Melalui Laman Resmi

Selain menggunakan aplikasi, cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan secara online dapat dilakukan melalui situs resmi BPJSTKU. Hal ini tentunya hampir sama dengan cara yang sebelumnya yaitu cukup menggunakan ponsel atau laptop Anda.

Anda perlu mengunjungi situs resmi BPJSTKU dengan alamat sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Setelah itu Anda perlu memasukkan nama serta email akun Anda yang telah terdaftar.

Seperti cara sebelumnya, pada tampilan menu Anda perlu mengklik kartu digital. Kemudian klik pada gambar kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda. Setelah itu Anda dapat menyimpan kartu tersebut di galeri Anda.

Anda dapat mencetaknya dengan kertas HVS atau meminta jasa cetak agar bisa mencetak kartu tersebut dalam tampilan depan belakang. Tentunya kartu digital yang Anda cetak tersebut tidak mempengaruhi untuk e-klaim BPJS Ketenagakerjaan.

 

Baca Juga: Tak Usah Antri! Ikuti Cara Cek Status BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi! 

 

Melalui Kantor Cabang

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang selanjutnya adalah dengan datang langsung melalui kantor cabang yang tersedia. Hal ini juga merupakan cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang dengan menemui petugas yang bersangkutan mengenai penggantian kartu.

Cara ini memang tergolong konvensional karena menyita banyak waktu dan tenaga. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara ini.

Anda perlu mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dan menemui petugas yang ada di sana. Nantinya, petugas akan mengarahkan serta memproses permohonan cetak kartu BPJSTKU Anda.

Perlu dicatat pula ketika Anda sudah tidak bekerja lagi di suatu perusahaan, Anda perlu melampirkan surat keterangan bahwa Anda belum menerima kartu fisik dari HRD perusahaan Anda.

 

Baca Juga: Ini Caranya Menghitung Potongan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

 

Melakukan Konfirmasi pada HRD

Sebenarnya Anda dapat meminta kartu fisik BPJS Ketenagakerjaan Anda kepada HRD perusahaan. Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang satu ini sudah lazim digunakan oleh sebagian besar perusahaan.

Tentunya hal ini mempermudah serta menghemat waktu dan tenaga Anda karena HRD perusahaan akan segera mengurusnya. Waktu yang dibutuhkan untuk proses cetak kartu BPJSTKU pada umumnya 7 hari kerja saat data peserta diterima oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Tentunya cara ini hanya dapat Anda lakukan bila Anda masih bekerja di perusahaan tersebut. Karena HRD perusahaan hanya mengurus data karyawan yang masih aktif bekerja di perusahaan tersebut.

Bagaimana? Tidak perlu cemas jika kartu BPJS Ketenagakerjaan milik Anda hilang, bukan? Beberapa cara di atas dapat Anda gunakan sesuai kondisi.

Jika Anda tak punya banyak waktu, maka cara cetak kartu bpjs ketenagakerjaan secara online bisa digunakan. Namun jika Anda ingin pergi ke kantor BPJS terdekat pun tidak masalah. Semoga dapat membantu!