leadership management

Cara Menerapkan Leadership Management di Perusahaan Kecil

Perusahaan kecil yang mempunyai karyawan terbatas perlu mendapatkan perhatian khusus dalam segi kepemimpinan. Sebab, jumlah karyawan yang terbatas membutuhkan arahan yang jelas untuk membuat perusahaan bertahan dan mampu melebarkan sayap.  Pada dasarnya kepemimpinan (leadership) diartikan sebagai suatu proses memotivasi, mempengaruhi, dan mendorong orang lain agar berkontribusi agar dapat mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Kepemimpinan yang sukses didukung oleh leadership management yang konsisten dan terarah.

 

Hubungan Kepemimpinan dengan Manajemen 

Leadership dan manajemen merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Bahkan, kepemimpinan dinilai tidak dapat berjalan mulus tanpa diikuti manajemen yang baik. Termasuk juga fungsi pengarahan yang dilakukan oleh seorang leader. Seringkali masyarakat mengartikan kepemimpinan dan manajemen adalah hal yang sama. 

Faktanya, dalam suatu manajemen diperlukan sisi kepemimpinan yang berfungsi untuk memberi arah dan pengaruh bagi anggota. Sehingga, segala usaha guna meraih tujuan organisasi dapat sukses terlaksana. Manajemen yang dimaksud tidak terbatas pada manajemen perusahaan. Tetapi juga mencakup manajemen usaha, manajemen kemasyarakatan, manajemen sosial, dan manajemen pemerintah.

Singkatnya, kepemimpinan merupakan salah satu bagian krusial dari manajemen. Jadi tidak dapat disamakan. Dapat dilihat bahwa seseorang yang menduduki jabatan manajer harus berperilaku dan melaksanakan fungsi kepemimpinan. Namun, seorang pemimpin belum tentu menjalankan fungsi seperti manajer.

 

software hris

Mengapa Leadership Management Penting? 

Dalam menjalankan fungsi perusahaan, leadership management menjadi faktor penentu keberhasilan anggota mencapai target. Dalam perusahaan skala kecil, kepemimpinan yang kuat sangat dibutuhkan guna memberdayakan seluruh divisi untuk mengembangakan perusahaan menjadi skala yang lebih besar. Berikut ini alasan manajemen kepemimpinan sangat penting, antara lain:

 

Menyusun Kebijakan Tim

Seorang pemimpin idealnya dapat memutuskan kebijakan sebelum tim mengerjakannya. Mereka juga harus mempertimbangkan berbagai hal, seperti resiko, kelebihan dan kekurangan. Dengan menerapkan leadership management maka pertimbangan ini disusun secara terstruktur. Alhasil, kebijakan yang dibuat minim resiko dan tidak merugikan para pihak.

 

Mendelegasikan Tugas

Pemimpin tidak dapat bekerja sendiri dan memegang semua bidang di bawah kendalinya. Seorang pemimpin yang mampu mendelegasikan tugasnya agar organisasi berjalan mulus. Dalam rangka pendelegasian tugas dibutuhkan manajemen.  Sehingga tercipta koordinasi yang baik dan tugas diberikan kepada anggota sesuai keahlian masing-masing. Kesuksesan pendelegasian tugas berdampak positif dalam meningkatkan efisiensi sumber daya perusahaan.

 

Koordinasi Seluruh Elemen Perusahaan

Kepemimpinan bukan hanya fungsi pengaturan semata. Mereka juga perlu melatih kemampuan koordinasi antara bawahan dengan atasannya. Terutama menjaga hubungan harmonis agar seluruh elemen perusahaan dapat berjalan produktif. Apabila semua elemen perusahaan berkoordinasi dengan baik, visi dan misi mudah tercapai.

 

Evaluasi 

Leadership management sebaiknya melakukan tinjauan atas tugas dan fungsi anggotanya. Maksudnya adalah melakukan evaluasi setelah tugas terselesaikan. Tujuannya supaya mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki dan inovasi yang dibutuhkan. Alhasil,  perusahaan bisa terus berkembang ditengah persaingan dengan kompetitor.

 

Baca Juga: Keunggulan Kompetitif dan Contohnya dalam Perusahaan

 

Mengendalikan Wewenang Anggota 

Manajemen dan kepemimpinan idealnya mampu mengendalikan wewenang atas anggota timnya. Terutama perusahaan kecil yang perlu pengaturan mendetail dan sesuai kapasitas para anggota. Sehingga terhindar dari berbagai kecurangan, miskomunikasi dan konflik kepentingan yang akan menghambat operasional perusahaan. 

 

Cara Menerapkan Leadership Management Yang Efektif

Penerapan leadership management yang baik akan mengoptimalkan jalannya perusahaan. Pemimpin perusahaan pun harus mempelajari cara-cara untuk memaksimalkan peranannya.  Bagaimana caranya?  Simak cara-cara penerapan leadership management berikut ini:

 

Mendorong Partisipasi Karyawan

Kekhawatiran perusahaan adalah gagal mengelola organisasi karena kurangnya keterlibatan karyawan. Tujuan perusahaan ditetapkan agar sumber daya manusia disalurkan sesuai potensi yang dimiliki.  Sementara itu, seorang pemimpin diharapkan dapat memberi motivasi agar partisipasi mereka optimal. Apabila partisipasi karyawan secara individual telah terpenuhi disinyalir membuat kinerja tim lebih maksimal.

 

Menerapkan Komunikasi Dua Arah

Sangat penting dalam manajemen dan kepemimpinan melakukan komunikasi dua arah. Sebab dalam kinerja tim sekalipun tidak ada komunikasi satu arah. Idealnya komunikasi dilakukan ke atas dan ke bawah. Contohnya jika hanya mengikuti perintah manajer maka karyawan menjadi pasif, tidak kreatif, dan kurang inovatif. Disamping itu, karyawan tidak bisa bebas mengeluarkan aspirasinya.

 

Sistem Kerja Fleksibel

Sistem  kerja harus diciptakan lebih fleksibel karena disinyalir mampu meningkatkan hasil. Selain itu bertujuan mempertahankan produktivitas karyawan. Pemimpin dapat mendorong agar karyawan melakukan kerja produktif, baik itu bekerja dikantor maupun jarak jauh. Meskipun bekerja dari rumah maupun jauh dari kantor, karyawan tetap memiliki inspirasi bekerja. Contoh karyawan atau anggota tim dapat bekerja dengan bebas selama proyek berlangsung sampai dengan selesai. 

 

Memberikan Penghargaan

Banyak perusahaan memberikan penghargaan bagi karyawan yang kinerjanya paling baik. Bahkan dapat memilih sendiri penghargaan yang diinginkan. Penghargaan atau reward tidak selalu berhubungan dengan uang tunai. Ada banyak perusahaan yang menawarkan berbagai penghargaan dalam bentuk non tunai seperti voucher spa, tiket ke pertandingan olahraga, dan tiket konser.

Fungsi kepemimpinan dan manajemen dilakukan agar hasil kinerja menjadi maksimal. Sehingga analitik kerja sumber daya perusahaan selalu meningkat. Apabila hasil kinerja menurun dapat diperbaiki sesegera mungkin agar tidak menimbulkan kerugian perusahaan. Hal ini berlaku pula bagi perusahaan kecil. Dengan penerapan leadership management yang tepat, bukan tidak mungkin perusahaan kecil mampu menjadi perusahaan besar yang mempunyai banyak cabang dan konsumen. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan!