5 Cara Mengatasi Inflasi Bagi Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

cara mengatasi inflasi
Isi Artikel

Inflasi adalah turunnya nilai mata uang dari waktu ke waktu ini menjadi salah satu ancaman nyata dalam dunia  bisnis.

Hal ini karena ketika inflasi semakin besar maka akan menghambat proses bisnis. Oleh karena itu, perusahaan harus tahu cara mengatasi inflasi.

Ada beberapa faktor mengapa inflasi terjadi. Inflasi sendiri dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti daya konsumsi masyarakat yang meningkat, distribusi barang yang tersendat, terjadinya kelangkaan akan barang tertentu, hingga likuiditas yang berlebih di pasar.

Oleh sebab itu, agar bisnis dapat selalu berjalan lancar. Anda harus dapat mengantisipasi inflasi yang terjadi dengan tahu bagaimana cara mengatasi inflasi.

Simak penurutan LinovHR di bawah ini!

 

Bagaimana Cara Inflasi Mempengaruhi Bisnis?

Cara Inflasi Mempengaruhi Bisnis
Cara Inflasi Mempengaruhi Bisnis

 

Nyatanya inflasi tidak hanya dirasakan oleh para konsumen saja, melainkan dirasakan juga oleh para pebisnis maupun perusahaan.

Tetapi, bagaimana sebuah inflasi dapat mempengaruhi sebuah bisnis? Jawabannya, karena dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti:

 

1. Menurunnya Daya Beli Konsumen

Menurunnya daya beli konsumen ini tentunya dipengaruhi oleh peningkatan harga yang terjadi. Peningkatan harga ini tentunya bisa menjadi kerugian bagi perusahaan, karena dapat membuat konsumen enggan untuk membeli produk yang dijual oleh perusahaan.

Dampak dari menurunnya daya beli konsumen tersebut akan berdampak juga pada turunnya omzet yang didapatkan oleh perusahaan.

 

2. Meningkatnya Harga Bahan Baku

Inflasi yang terjadi umumnya akan meningkatkan beberapa harga barang maupun bahan baku. Jika sudah begitu, maka biaya produksi pun akan naik.

Peningkatan harga bahan baku tersebut, tentunya akan berdampak juga pada harga produk yang naik di pasaran.

 

3. Meningkatnya Gaji Karyawan

Selain, biaya produksi yang meningkat akibat dari harga bahan baku yang naik. Gaji para pegawai maupun buruh juga akan ikut naik dengan sendirinya.

Seperti yang sudah dijelaskan, inflasi akan mengurangi nilai mata uang yang ada. Sedangkan, jika gaji karyawan ataupun buruh tetap sama, maka hal itu akan menyulitkan mereka dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

Cara Mengatasi Inflasi bagi Perusahaan

Kini, Anda telah mengetahui bagaimana cara inflasi mempengaruhi bisnis dan juga perusahaan. Anda juga perlu memahami dan mengetahui cara mengatasi inflasi tersebut, agar tidak merugikan bisnis maupun perusahaan yang Anda miliki.

Ini dia beberapa cara mengatasi inflasi yang bisa Anda terapkan di perusahaan:

 

1. Efisiensi Biaya Internal

Salah satu cara yang bisa digunakan perusahaan dalam mengatasi inflasi yang terjadi yaitu dengan melakukan efisiensi terhadap biaya internal yang dimiliki perusahaan.

Biaya internal yang dimaksud yaitu seperti biaya listrik, biaya administrasi, dan juga biaya-biaya lainnya yang berasal dari faktor internal.

 

2. Melakukan Penekanan Pada Biaya Pokok

Biaya pokok yang dimiliki oleh perusahaan yaitu biaya produksi, biaya operasional, dan juga biaya pemasaran. Perusahaan sebisa mungkin harus menekan tiga biaya pokok tersebut, agar dapat mengatasi inflasi yang terjadi kepada perusahaan.

Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi terhadap ketiga biaya tersebut, agar dapat meminimalisir pengeluaran pada biaya pokok.

 

3. Menciptakan Inovasi dan Variasi yang Baru

Salah satu cara yang bisa digunakan perusahaan dalam mengatasi inflasi yaitu dengan menciptakan inovasi maupun variasi produk.

Tujuannya agar para konsumen tidak memburu atau mencari barang yang sama. Dengan begitu, tingkat permintaan yang tinggi bisa ditekan dan semakin lama akan menurun, karena adanya produk atau inovasi baru yang bisa menjadi alternatif.

 

Baca Juga: Customers Journal, Cara Anda Tingkatkan Penjualan Produk

 

4. Meningkatkan Harga

Cara ini bisa digunakan oleh perusahaan, apabila cara-cara yang lain tidak berjalan sesuai harapan.

Meskipun inflasi identik dengan kenaikan harga, namun cara ini terbilang cukup efektif untuk dilakukan. Meningkatkan harga produk akan dapat menekan daya beli masyarakat, yang secara tidak langsung juga akan menekan peredaran uang yang ada di masyarakat.

Daya beli dan peredaran uang yang menurut di masyarakat, dapat menekan inflasi untuk tidak terus meningkat. Sehingga perusahaan bisa tetap bertahan ditengah-tengah inflasi yang terjadi.

 

5.Menimbun Persediaan

Cara terakhir yang bisa perusahaan lakukan yaitu dengan melakukan penyetokan inventaris sebelum harga mengalami peningkatan.

Meskipun cara ini terbilang sangat sulit dilakukan, karena pada dasarnya inflasi sendiri sulit untuk diprediksi dan cepat sekali mengalami perubahan. Namun, cara ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk selangkah lebih maju dibandingkan perusahaan lainnya.

Situasi terjadinya inflasi adalah keadaan yang tidak bisa dihindari. Setiap tahunnya, inflasi pasti terjadi dengan persentase yang berbeda-beda. Sebagai pelaku bisnis, tentu kita harus cepat dan tanggap dalam mengatasi hal ini agar bisnis kita bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan dan juga inflasi.

 

Salah satu cara yang bisa perusahaan lakukan untuk mengatasi inflasi adalah dengan mengadopsi teknologi untuk membuat pekerjaan semakin mudah dan tidak membuang waktu.

Dengan teknologi, pekerjaan akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Sebab, perusahaan yang efektif dan efisien dapat meningkatkan produktivitas dan dapat menekan biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

 

Aplikasi Absensi Online
LinovESS dari HRIS LinovHR

 

Teknologi yang bisa diadopsi oleh perusahaan adalah Software HR sehingga bisa membuat pekerjaan pengelolaan karyawan lebih ringkas.

Hal inilah yang ditawarkan software HRIS LinovHR yang punya berbagai modul seperti:

  • Time Management: Memiliki fungsi untuk mengatur berbagai hal terkait jadwal kerja karyawan.
  • Personnel Administration: Berfungsi untuk mengatur data karyawan.
  • Organization Management: Struktur perusahaan akan menjadi lebih rapih dengan fitur yang satu ini.
  • Recruitment: Dengan fitur ini roses rekrutmen dari hiring sampai onboarding akan menjadi lebih efektif.
  • Competency Management: Melalui fitur ini proses manajemen kompetensi karyawan untuk kemajuan perusahaan akan menjadi lebih efisien.
  • Payroll: Fitur yang satu ini akan memudahkan proses pengelolaan payroll karyawan dari perhitungan hingga pelaporan.
  • Performance Management: Manajemen performa karyawan akan semakin maksimal dengan bantuan software ini.

 

Masih banyak modul dan fitur dari Software HR LinovHR yang dapat anda lihat melalui tautan berikut ini: LinovHR.com/Feature/

 

Pada akhirnya penting bagi anda untuk mengetahui cara mengatasi inflasi pada perusahaan, hal ini agar proses bisnis dapat terus berjalan meskipun disaat kondisi ekonomi yang kurang baik.

Semoga artikel dari LinovHR dapat bermanfaat. Good Luck!

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter