Kepuasan kerja karyawan

7 Cara Efektif Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

Karyawan di dalam perusahaan merupakan sumber daya terpenting guna mendukung tercapainya visi misi yang telah dibuat. Selain itu, mereka juga sangat berbeda bila dibandingkan dengan sumber daya lain sebab karyawan merupakan sumber daya yang lebih spesifik sebab memiliki perilaku, perasaan, akal dan tujuannya sendiri. Oleh sebab itulah, pengelolaan SDM dalam perusahaan merupakan hal yang penting untuk bisa dilakukan. Berikut ini adalah 7 cara efektif meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

 

1. Menyediakan Lingkungan Terbaik bagi Para Karyawan

Lingkungan tentu saja akan mendukung produktivitas karyawan perusahaan. Karena bila karyawan merasa tidak nyaman, semangat bekerja malah akan semakin menurun dari waktu ke waktu. Oleh sebab itulah, perusahaan harus bisa membuat suasana yang lebih santai dan bisa mendukung kinerja para karyawan agar mereka memiliki kepuasan kerjanya sendiri. Misalnya saja, berikan fasilitas seperti tempat kerja yang tenang, jauh dari kebisingan, memiliki suhu yang sesuai, bau yang nyaman dan yang lainnya.

 

Hal ini dibuktikan dari sebuah makalah dari Harvard University yang juga diambil dari websitetheguardian.com, yang mengatakan bahwa ruang kantor yang hijau menghasilkan respon fisiologis seperti peningkatan aktivitas otak dan hormon yang lebih rendah. Sehingga kinerja kognitif dari pekerja kantor tersebut dapat menghasilkan dua kali lipat dari mereka yang bekerja di lingkungan konvensional

 

2. Berikanlah Pelatihan pada Karyawan

Memberikan pelatihan pada karyawan perusahaan juga sangatlah dianjurkan guna mendukung kepuasan kerja karyawan. Ini bisa membantu untuk membantu SDM yang cekatan dalam menyelesaikan permasalahan. Selain itu, dengan dilakukannya training, karyawan perusahaan juga bisa melakukan suatu pekerjaan dengan lebih professional.

 

Baca Juga: Manfaat Program Orientasi Dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru

 

3. Fasilitas Pendukung

Fasilitas yang diberikan oleh perusahaan juga bisa memberikan kepuasaan kerja pada karyawan, selain itu mereka juga bisa lebih produktif tanpa ada hambatan ketika bekerja. Misalnya saja, fasilitas berupa komputer atau laptop, sebaiknya jangan sampai karyawan memberikan alasan mereka tidak bisa bekerja sesuai deadline karena komputernya sangat lemot.

 

4. Memberikan Semangat Kerja Kepada Karyawan

Tidak sedikit karyawan merasa malas bekerja dalam perusahaan karena mereka tidak mendapatkan dukungan dari perusahaan, mereka hanya sering mendapatkan tuntutan saja. Sebaiknya, disamping menuntut, berikanlah semangat pada karyawan agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Memang, tujuan perusahaan untuk mengeluarkan hasil maksimal adalah yang terpenting, tapi bagaimana bisa mendapatkannya bila karyawan di dalamnya saja merasa malas?

 

5. Berikanlah Dukungan Bila Memberikan Suatu Ide yang Baik untuk Perusahaan

Jangan membuat karyawan merasa segan mengeluarkan pendapat. Meskipun tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, biarkanlah mereka untuk mempertimbangkannya kembali. Latihlah mereka untuk terus kreatif dan percaya diri memberitahukan pendapatnya.

 

6. Memberikan Tujuan dan Target Sesuai Kemampuan

Karyawan tentunya mempunyai tujuan dan target yang besar. Namun, hal tersebut tidak bisa dicapai hanya oleh 1 orang karyawan saja bukan? Perusahaan membutuhkan sebuah tim, sementara itu di dalam tim tersebut juga perusahaan harus bisa membagikan tugas sesuai dengan kemampuan personalnnya. Jangan sampai, Anda menyerahkan tanggung jawab keuangan pada mereka yang tidak memiliki kemampuan dalam bidang tersebut. Itu malah akan membuat tujuan sulit tercapai.

 

7. Terimalah Saran dari Karyawan Bila Memang itu Benar dan Baik

Meskipun perusahaan sudah menetapkan suatu target dan tujuan, bukan berarti harus menutup telinga dari saran yang diberikan oleh karyawannya. Karena bisa jadi, ketika karyawan menjalankan pekerjaannya mereka menemukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan agar karyawan tidak mendapatkan kesalahan. Terimalah saran dari karyawan bila memang itu benar dan baik bagi perusahaan. Ciptakanlah suasana diskusi yang bisa saling mendukung, jangan pernah egois karena perusahaan berada di pihak tertinggi.

 

Itulah 7 cara efektif meningkatkan kepuasan kerja karyawan yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Berdasarkan penjelasan di atas, sebaiknya perusahaan bisa lebih mempertimbangkan hal-hal yang akan mendukung pada tujuan dan target di masa yang akan datang.