passion

Tips Menemukan Passion di Dalam Bekerja

Memulai karir baru pasti menyenangkan, terasa ada pasion tinggi untuk mengerjakan segala tugas yang ada di depan mata. Tapi saat melakukan hal sama selama hampir satu dekade atau lebih, mudah saja kehilangan passion saat bekerja. Tak ada kenikmatan yang sama seperti saat pertama kali bekerja.

Passion dalam bekerja bisa membuat lupa bahwa pekerjaan yang dilakukan sebenarnya untuk orang lain, sehingga tiap tugas yang dibebankan akan dilakukan suka rela. Sebenarnya, pasion tak pernah hilang, hanya tersembunyi dalam diri masing-masing. Adalah tugas penting untuk menemukan passion sehingga kenikmatan dalam bekerja bisa didapat lagi.

 

1. Mulai dengan Perspektif Baru

Saat pergi ke restoran tapi tak punya keinginan untuk makan sama sekali, maka tak ada apapun yang terjadi. Suasananya membuat tak nyaman, dan menunya seperti tak memiliki cita rasa. Tak ada satupun yang menarik, bahkan tak ada kenikmatan apapun jika dipaksa makan menu terbaik sekalipun.

Prinsip yang sama bisa diterapkan saat mencari passion dalam bekerja. Jika yakin bahwa menemukan passion itu susah, kemungkinan besar passion sulit ditemukan. Perspektif semacam ini menghalangi sinyal pencarian, sehingga pekerjaan yang dilakukan seolah terpaksa.

 

2. Bedakan Antara Hobi dan Passion

Lewat beberapa eksplorasi, bisa saja aktivitas yang dikerjakan mungkin yang terbaik. Tapi coba tanya pada diri sendiri, siapa yang akan mendapat keuntungan dari aktivitas ini? Lalu, apakah aktivitas yang dilakukan selama ini merupakan hobi atau memang benar-benar passion?

Jika ini memang passion dan ada pemasukan dari sini, satu yang harus disadari yaitu apakah aktivitas ini bisa dikatakan sebagai karir. Untuk beberapa pekerja, passion adalah sesuatu yang menyenangkan, dan menerapkannya dalam dunia kerja berarti merubah dari ‘suka melakukan’ menjadi ‘harus melakukan’.

 

3. Buat Sesuatu yang Baru

Menurut Telegraph, rahasia untuk menemukan passion yaitu dengan membuat sesuatu yang baru. Dalam kata lain, mencoba sesuatu yang baru dari nol. Terdapat argumen yang mengatakan, pekerja akan lebih punya passion tinggi tentang bisnis, karir, dan proyek, jika dimulai dari antah-berantah.

Saat membuat sesuatu yang baru, passion pekerja akan merasa terpanggil untuk segera menyelesaikan tugas. Satu kunci utama untuk menemukan passion yang sebenarnya menurut laman ini yaitu sukses. Analoginya, jika punya media sosial dengan lima pengikut selama lebih dari setahun, sudah pasti tak ada passion yang tersisa, dan sebaliknya.

 

4. Temukan Makna Dalam Bekerja

Membuat gambaran besar dari pekerjaan yang selama ini dilakukan akan memberi makna sendiri dalam kerangka mencari passion. Studi menunjukkan bahwa individu akan merasa lebih terikat dengan pekerjaannya jika yang dikerjakan dapat memberi makna secara personal.

Tentu tiap pekerja akan memaknai secara berbeda terhadap aktivitas yang dikerjakan. Jadi, pikirkan lagi apa alasan yang membuat menerima pekejaan ini, dan kenapa masih melakukan aktivitas ini sampai sekarang. Perbarui komitmen juga tujuan dalam bekerja, dan ini akan memberi makna baru.

 

Baca Juga : Manajemen Waktu anda Bermasalah Saat Bekerja ? Lakukan 8 Hal ini

 

5. Identifikasi Apa yang Berubah

Jika saat pertama masuk kerja memiliki passion tinggi, kenapa passion itu bisa hilang? Padahal apa yang dikerjakan masih sama seperti saat pertama masuk. Semisal ini yang terjadi, berarti ada sesuatu yang berubah. Untuk menemukan passion lagi, identifikasi perubahan apa yang terjadi.

Sangat penting untuk memahami penyebab hilangnya passion, karena dari sini jawaban bisa ditemukan. Misalnya, apakah karir yang dijalani sudah tak memberi tantangan lagi? Jika iya, masalahnya adalah tantangan, dan solusinya adalah meminta tanggung jawab baru. Maksudnya adalah, jika masalah utama dikenali, akan lebih mudah mencari solusi atas situasi ini.

 

6. Temukan Sesuatu yang Memberi Energi

Coba lihat hari-hari saat aktif bekerja, lalu perhatikan tugas apa yang membuat semangat muncul. Ini bisa berarti apapun, misalnya dengan menyelesaikan tugas di waktu terbatas, pergi sebentar dari kantor, menelusuri tiap sudut kantor, membantu rekan kerja, bersosialisasi, atau yang lain.

Perhatikan bagaimana tubuh bereaksi atas segala aktivitas tersebut. Mengetahui aspek mana yang memberi energi akan membantu mengidentifikasi pemicu yang nantinya bisa memunculkan passion. Kuncinya, luangkan beberapa menit untuk membayangkan apa yang akan dirasakan jika sukses dalam menyelesaikan suatu tugas.

 

Baca Juga : Menelisik Bekerja di Bawah Tekanan Dalam Lowongan Kerja

 

Jika Anda telah berhasil menemukan passion dalam bekerja maka anda telah maju selangkah lebih dekat menuju pribadi yang sukses .