panel interview

8 Kiat Mempersiapkan Diri Sebelum Panel Interview

Guna memperoleh calon karyawan berkualitas, perusahaan akan melakukan teknik interview dengan berbagai cara. Salah satunya, melalui panel interview. Apakah Anda sudah tahu apa itu panel interview? Jika belum, simak penjelasan di bawah ini.

 

Pengertian Panel Interview

Panel interview adalah teknik wawancara kerja yang mempertemukan seorang pelamar dengan sekelompok pihak perekrut (interview group). Jika pada umumnya, wawancara kerja dilakukan dengan satu pelamar dan satu perekrut. Namun, dalam interview ini, perekrut didampingi dengan beberapa orang.

Hal itu dilakukan untuk memperoleh pertimbangan yang lebih banyak atas kompetensi calon karyawan. Dengan demikian, kemungkinan perusahaan merekrut orang yang salah bakal berkurang.

Dalam momen ini, pelamar kerja harus memberikan kesan yang baik atas semua panelis yang hadir. Jika tidak, nantinya akan ada panelis yang kurang setuju dengan rencana perekrutan Anda.

 

Kiat-Kiat Menghadapi Panel Interview

Panel interview membutuhkan banyak persiapan khusus. Tidak mudah bagi semua karyawan untuk menjalaninya mengingat Bagi Anda yang hendak melalui panel interview, berikut kiat-kiat dalam menghadapinya.

 

1. Cari Tahu Siapa Saja Panelis yang Hadir

Umumnya, ketika memberikan undangan interview, HRD akan memberitahu siapa saja sosok yang hadir, termasuk para panelis. Anda dapat mencari tahu sosok tersebut dalam sosial media, seperti Linkedin.

Dengan demikian, Anda dapat lebih paham atas latar belakang dari para panelis. Alhasil, rasa kepercayaan diri akan tumbuh pada diri. Lalu, tidak gugup dalam menghadapi panelis tersebut.

 

Software HR LinovHR Memiliki modul rekrutment untuk memudahkan HR dalam melakukan proses rekrutmen karyawan, dari proses hiring, tes, interview hingga onboarding. 

Segera undang kami untuk melakukan demo Software sekarang juga. Gratis !

LinovHR.COM/Free-Demo/

 

2. Berlatih Mengendalikan Bahasa Tubuh 

Rasa canggung dan gugup saat bertemu orang baru adalah hal yang wajar. Biasanya, rasa gugup tersebut akan menimbulkan kecemasan berlebih dan memunculkan gerakan-gerakan tubuh yang tidak sewajarnya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat berlatih untuk menahan diri dengan cara menghirup napas dalam-dalam sebelum melaksanakan panel interview. Lalu, cobalah berusaha untuk memandang mata para panelis dengan penuh rasa yakin. Melalui hal tersebut, Anda dapat dinilai sebagai sosok yang percaya diri.

 

3. Persiapkan Sejumlah Pertanyaan untuk Panelis

Dalam wawancara kerja, biasanya akan ada momen ketika perekrut bakal memberikan waktu untuk bertanya soal perusahaan mereka. Untuk menghadapi hal ini, Anda dapat menyiapkan sejumlah pertanyaan seputar pekerjaan yang dilamar. 

Melalui hal ini, Anda  akan dinilai sebagai sosok dengan rasa penasaran yang tinggi oleh HRD. Allhasil, kemungkinan Anda untuk lolos interview ini meningkat.

 

4. Jangan Lupa Membawa Salinan Resume atau CV 

Ketika hendak melalui panel interview, sebaiknya Anda telah membawa salinan resume dengan jumlah yang sesuai dengan pihak yang hadir. Hal ini akan memudahkan pemberian nilai terhadap Anda.

Selain itu, panelis pun dapat mengenal Anda lebih jauh melalui CV maupun Resume yang diberikan. Alhasil, nilai kompetensi Anda dapat meningkat di mata perekrut

 

Baca juga: Sedang Mencari Kerja? Ketahui Perbedaan Resume dan CV! 

 

5. Bawa Catatan Kecil

Saat melakukan interview tentu perekrut akan memberikan beberapa penjelasan penting. Dengan membawa catatan kecil, Anda dapat menulis segala hal yang sekiranya berguna untuk waktu mendatang. Selain itu, Anda akan lebih mudah untuk mengingat poin-poin penting yang disampaikan oleh perekrut. 

Jika lolos interview, tentu akan ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk tahap selanjutnya. Dengan menulisnya di catatan kecil, Anda dapat mempersiapkan segala kebutuhan secara lebih baik.

 

software hris

6. Bangun Kesan Pertama yang Baik Kepada Panelis

Salah satu penentu keberhasilan panel interview adalah kesan pertama yang baik. Untuk melakukannya, cobalah untuk bersikap santun sekaligus tegas ketika melakukan interview.

Selain itu, Anda dapat lebih aktif saat sedang diwawancarai oleh perekrut. Hal ini dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan panelis dengan sedikit mengkaitkan dengan pengalaman yang pernah dilakukan. 

 

7. Tanyakan Bagaimana Cara Mengetahui Hasil Wawancara (Follow up)

Anda tentu penasaran dengan hasil dari panel interview. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah bertanya pada panelis bagaimana cara mengetahuinya. Jangan tinggalkan ruang interview tanpa mengetahui cara untuk melakukan follow up. Dengan begitu, Anda tidak akan berpangku tangan saja saat menunggu keputusan hasil. 

 

Baca juga: Manfaat Follow Up Email Bagi Calon Karyawan 

 

8. Ucapkan Terima Kasih Ketika Selesai Melaksanakan Interview

Setelah melaksanakan interview, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh panelis. Selain itu, Anda juga dapat melakukan jabat tangan dengan panelis untuk memberikan kesan profesional. 

Melalui panel interview tidaklah mudah. Anda harus dapat menahan dan menyiasati rasa grogi ketika berhadapan dengan orang banyak.  Semoga dengan kiat-kiat yang telah disampaikan dapat mengantarkan Anda menuju kesuksesan berkarir. Selamat mencoba!