competency management

Competency Management Software System LinovHR berbasis Online

Manajemen kompetensi diperlukan oleh perusahaan dalam upaya pengkategorian atau kualifikasi akan kompetensi tiap karyawan dalam menjalankan tugasnya sesuai posisi atau jabatannya. Melalui manajemen kompetensi, perusahaan mampu melacak keterampilan dan pengalaman setiap karyawannya untuk mengisi pekerjaan tertentu ataupun untuk merencanakan pelatihan dan pendidikan agar performa karyawan meningkat dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Dengan adanya kompetensi, perusahaan dapat menentukan standar pengetahuan, keahlian, kemampuan kerja seseorang atas bidang tertentu.

 

Pentingnya Competency Management untuk Perusahaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk sukses mencapai tujuan, kita harus memiliki keterampilan yang relevan dengan tujuan tersebut. Begitupun perusahaan, agar bisa sukses mencapai tujuan diperlukan karyawan yang tepat dengan kompetensi yang tepat pula. Tapi tak cukup berkompeten saja, karyawan harus ditempatkan di posisi yang tepat pula atau biasa kita kenal dengan perumpamaan ‘The Right Person in The Right Place’.

Bagi perusahaan dengan banyak karyawan, tentu pengelolaan kompetensi ini menjadi lebih rumit jika tidak menggunakan sistem yang terstruktur. Proses penilaian, pendataan kompetensi, penilaian kerja, dan lain sebagainya tentu menjadi tidak efektif jika dilakukan secara manual. Oleh karena itulah diperlukan sistem yang bisa membantu penerapan manajemen kompetensi ini secara otomatis yaitu menggunakan sistem berbais perangkat lunak (software). Salah satu operator penyedia modul software Competency Management System ini adalah LinovHR.

 

Competency Management Software System LinovHR  Berbasis Online

LinovHR merupakan salah satu brand Human Resources Information System (HRIS) yang menyediakan berbagai modul manajemen perusahaan, salah satunya untuk Competency Management System. Melalui modul ini, penggunanya dapat mengukur dengan jelas dan komprehensif akan kompetensi apa yang dibutuhkan oleh masing-masing unit kerja. Apalagi dengan sistem yang bisa diakses secara online, yang artinya kegiatan manajemen kompetensi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh HRD atau yang terkait.

 

Fitur dalam Competency Management Software System LinovHR

Sebagai sebuah software, Competency Management System dari LinovHR menyediakan fitur-fitur utama yang lengkap dan terstruktur sehingga memudahkan pengoperasiannya. Berikut beberapa fitur utama yang disediakan.

 

1.    Competency List

Tiap unit kerja tentu memiliki kebutuhan karyawannya masing-masing. Karyawan pengisinya harus memiliki standar kompetensi khusus agar unit kerja bisa produktif dengan hasil yang memuaskan. Karena itulah perlu dilakukan pendataan kompetensi yang dibutuhkan oleh tiap unit kerja agar perusahaan bisa melakukan perencanaan baik untuk pelatihan, reposisi jabatan, kebutuhan rekruitmen, dan lain sebagainya. Melalui fitur Competency list, daftar semua jenis kompetensi yang dibutuhkan oleh tiap-tiap unit kerja tersebut disusun secara terstruktur dan terperinci.

 

competncy management

 

2.    Competency Detail

Daftar kompetensi yang ada di tiap unit kerja juga tidak hanya sekedar data umum. Melalui fitur Competency Detail, akan ditampilkan deskripsi setiap daftar kompetensi secara lebih rinci.

 

3.    Edit Competency

Untuk mempermudah administrator melakukan penyuntingan atau perbaikan terhadap setiap data kompetensi yang sudah ada, fitur Edit Competency dapat digunakan.

 

4.    Competency Group List

 

comptency

 

Fitur Competency Group List akan menampilkan pengelompokkan berbagai kompetensi yang telah dibuat sesuai dengan kebutuhan unit kerja.

 

5.    Competency Group Edit

Sama halnya dengan fitur edit competency, fitur ini juga untuk memberi kemudahan administrator dalam memasukkan daftar kompetensi group yang baru atau melakukan perbaikan terhadap kompetensi group yang sudah ada sebelumnya.

 

6.    Competency Group Add

Kondisi setiap perusahaan tentu berdinamika termasuk dalam kebutuhan kompetensinya. Maka penambahan kompetensi group baru menjadi hal yang diperlukan.

 

7.    Competency Model List

 

competency model

 

Competency Model List menampilkan daftar model kompetensi secara lengkap. Fitur ini memungkinkan user melampirkan seluruh rangkaian keterampilan dan kompetensi pada suatu pekerjaan atau posisi sekaligus.

 

8.    Competency Model Detail

Tidak hanya menampilkan daftar model kompetensinya, tetapi daftar ini juga dilengkapi dengan penjelasan dan rinciannya.

 

Baca Juga :  8 Alasan Mengapa Sistem Manajemen Kompetensi Untuk Perusahaan

 

9.    Add Competency Model

Melalui fitur Add Competency Model, administrator dapat terbantu dalam menambahkan model kompetensi lainnya ke dalam sistem.

 

10.    Edit Competency Model

Melalui fitur ini, administrator dapat melakukan pembaharuan daftar model kompetensi atau melakukan perbaikan terhadap setiap model kompetensi yang sudah ada.

 

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai Competency Management Software LinovHR dengan menghubungi tim sales kami  di sini.