6 Competency Management Tools Terbaik 2024

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

competency management tools
Isi Artikel

Memastikan karyawan memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaannya adalah hal yang penting.

Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk dapat mengelola seluruh kompetensi yang dimiliki karyawan. Untuk bisa melakukannya lebih mudah, sekarang sudah ada competency management tools.

Sesuai namanya, tools ini akan membantu pekerjaan HR dalam manajemen kompetensi karyawan.

Dengan tools ini HR dapat melihat secara holistik seperti apa kompetensi yang dimiliki oleh karyawan. Kemudian data tersebut bisa menjadi insight yang berharga bagi HR untuk merencanakan strategi.

Saat ini, sudah banyak vendor tools competency management yang ada di pasaran.

Di dalam artikel ini, akan kami berikan beberapa rekomendasi terbaiknya untuk Anda, mari simak artikel LinovHR berikut!

 

 

Kenapa Perusahaan Membutuhkan Competency Management Tools?

Menemukan, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan yang terampil menjadi tantangan tersendiri untuk perusahaan.

Untuk memenuhi tuntutan ini, penggunaan competency management tools semakin penting.

 

Implementasi competency tools dapat membantu organisasi dalam beberapa hal seperti:

  1. Memastikan perusahaan mempekerjakan karyawan yang sesuai dengan kompetensi dan skill yang dibutuhkan sehingga bisa mengurangi skill gap.
  2. Dapat membantu mengidentifikasi kebutuhan pengembangan di dalam organisasi sehingga karyawan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.
  3. Competency management tools dapat membantu mempertahankan karyawan dengan membuat mereka merasa dihargai dan didukung dalam pengembangan karir karyawan.

 

Selain memiliki fungsi yang dapat mendukung organisasi dalam menemukan, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan, penggunaan competency management tools juga mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan, seperti berikut.

 

1. Mendukung Tujuan Bisnis

Keterampilan dan bakat yang tepat berperan dalam menentukan keberhasilan perusahaan.

Para profesional HR sering kali merasa kesulitan dalam mengelola karyawan yang berbeda berdasarkan peran pekerjaan dan kompetensi mereka.

Namun, penggunaan competency management tool dapat membantu HR dalam melakukan pelacakan kompetensi setiap karyawan dan menyusun strategi serta pelatihan melalui platform yang sama.

 

2. Meningkatkan Retensi Karyawan

Menurut Workplace Learning Report 2018 dari LinkedIn, 94% karyawan akan bertahan lebih lama di perusahaan yang berinvestasi dalam pengembangan karir mereka.

Penggunaan competency management tools akan membantu organisasi dalam menyusun strategi yang tepat dalam mempertahankan karyawan dengan memberikan mereka pelatihan dan pengembangan yang berdampak pada perkembangan karier mereka.

Dengan pelatihan yang berkelanjutan ini, karyawan akan merasa perusahaan memerhatikan perkembangan mereka, loyalitas karyawan pun terbangun, dan turn over bisa ditekan.

 

3. Membantu Pembuatan Competency Profiling

Dengan menggunakan competency management tools, menilai profil kompetensi teknis dan perilaku menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.

Tools ini biasanya menyimpan dan menganalisis basis data karyawan, memberikan wawasan yang lebih baik tentang profil mereka.

Sehingga kegiatan competency profiling bisa dilakukan dengan mudah, ini akan membantu HR dalam menyusun strategi.

 

4. Membantu Proses Pengambilan Keputusan

Competency management tools memungkinkan pengambilan keputusan dilakukan lebih baik dalam hal human resource. Setiap tanggung jawab dapat diberikan kepada orang yang paling kompeten.

Dari data yang terhimpun di dalam tools tersebut, manajer memiliki gambaran yang jelas tentang keterampilan setiap karyawan, ini membantu mereka untuk dapat membuat tim terbaik untuk setiap proyek.

Jadi dapat disimpulkan, competency management tools adalah sebuah tools yang dibutuhkan oleh organisasi bila ingin meningkatkan kinerja karyawan dan mengembangkan talenta internal.

 

Baca Juga: Apa Pengertian Competency Assessment

 

Daftar Competency Management Tools Terbaik

Saat ini sudah banyak competency management tools dengan berbagai fitur dan manfaat yang ditawarkan. Berikut kami rangkumkan competency management tools terbaik untuk Anda.

 

1. Cloud Assess

Cloud Assess adalah software competency management yang menawarkan platform pelatihan, penilaian, dan pelacakan kompetensi secara digital.

Perangkat ini dirancang untuk mempertimbanngkan pengembangan keterampilan praktis.

Cloud Assess mengkhususkan diri pada on the job training untuk pekerja tanpa meja, sehingga sangat ideal untuk industri yang membutuhkan penilaian keterampilan secara langsung.

 

2. EdApp

EdApp memiliki fitur analisis dan penilaian praktis yang akan membantu HR dalam menemukan competency gap analysis dalam core competency di perusahaan.

EdApp juga memiliki alat pembuat pelatihan intuitif yang didukung dengan AI yang dapat membantu membuat pelatihan lebih mudah.

 

3. Avilar

Rekomendasi ketiga ada Avilar, yang menyediakan competency management system lengkap dengan e-learning, yang dapat membantu menguji, menilai, dan memaksimalkan potensi tenaga kerja.

Dengan platform ini, Anda bisa memulai proyek manajemen kompetensi dengan mudah untuk memahami staf Anda dengan lebih baik.

Perangkat lunak ini membantu Anda menciptakan “model kompetensi” dengan mendefinisikan pekerjaan yang perlu dilakukan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

Kemudian Anda dapat menilai kemampuan individu untuk melihat seberapa baik kemampuan mereka memenuhi kriteria pekerjaan.

Akhirnya, membuat strategi pelatihan dan pengembangan untuk mengatasi kesenjangan keterampilan yang paling mendesak.

 

4. HRSG

HRSG memberikan akses ke lebih dari 300 kompetensi perilaku, teknis, dan kepemimpinan. Kompetensi ini dapat diedit dan dihubungkan dengan deskripsi pekerjaan di perusahaan Anda.

Perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan deskripsi pekerjaan yang sudah ada seperti akuntansi, pemasaran, dan software developer.

Sistem ini bahkan memungkinkan Anda untuk membuat wawancara berbasis kompetensi untuk proses orientasi dan perekrutan.

 

5. Kahuna

Competency management tools Kahuna cocok untuk perusahaan kecil dan besar yang membutuhkan sistem berbasis cloud untuk menetapkan kompetensi, penilaian, melacak kinerja, dan merencanakan kebutuhan tenaga kerja di masa depan.

Kahuna juga hadir dalam versi mobile yang membuat pelacakan core competency menjadi lebih mudah untuk para manager.

Perangkat lunak ini juga dapat menyarankan peluang pengembangan untuk karyawan yang ada sesuai kebutuhan.

 

6. LinovHR

LinovHR
Software LinovHR

 

Rekomendasi competency management tools yang terakhir adalah LinovHR. 

Pada dasarnya, LinovHR adalah Software HRIS Indonesia memiliki banyak sekali fitur yang dapat mendukung Anda dalam manajemen kompetensi, menyusun HR strategy, merencanakan perekrutan, sampai dengan menyusun kegiatan pengembangan dan pelatihan karyawan.

Salah satu modul yang dimiliki oleh Software HRIS ini adalah modul Competency Management sangat cocok untuk perusahaan yang ingin memiliki software manajemen kompetensi berbasis cloud dan terintegrasi.

 

LinovHR

 

Di dalam modul Competency Management LinovHR, Anda bisa menemukan fitur Competency List dan Competency Category, kedua fitur ini akan membantu Anda dalam menyusun profil kompetensi yang dimiliki oleh karyawan di setiap unit kerja.

Lalu ada juga fitur Competency Model yang membantu HR untuk mendefinisikan pekerjaan dan mencocokannya dengan kompetensi yang dimiliki karyawan.

Fitur ini tentunya akan membantu HR dalam menempatkan karyawan yang tepat di posisi yang tepat.

Competency Management Tools LinovHR juga dilengkapi dengan  fitur Gap Analysis, dari sini HR bisa menganalisis setiap kesenjangan kompetensi yang dimiliki antar karyawan di unit kerjanya.

Dari data berharga ini HR dapat merencanakan pelatihan apa yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan karyawan.

 

Untuk pelatihannya sendiri, HR bisa menyusun dan melakukannya dengan menggunakan Learning Management System LinovHR yang sudah terintegrasi dengan software competency management.

Ada juga fitur Assesment yang dapat HR gunakan untuk melakukan penilaian kompetensi kepada setiap karyawan. Penilaian ini juga bisa menjadi data berharga untuk menentukan apakah perlu ada pelatihan atau perencanaan perekrutan.

HR dapat memanfaatkan fitur Competency Details untuk menyusun job description yang akan digunakan dalam proses perekrutan. Agar lebih mudah, perencanaan perekrutan juga bisa dilakukan di Recruitment Management LinovHR.

Bisa dikatakan, Competency Management Software LinovHR adalah pilihan competency management tools terbaik yang menyediakan solusi all-in-one.

 

Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai fitur dan fungsi dari Competency Management Software LinovHR, Anda bisa mengajukan demo gratis!

Tentang Penulis

Putri Prima Soraya
Putri Prima Soraya

Mulai menulis sejak 2019, selalu berdedikasi untuk memberikan tulisan terbaik dan informatif. Mendalami berbagai topik seputar dunia kerja, HR, serta bisnis.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Putri Prima Soraya
Putri Prima Soraya

Mulai menulis sejak 2019, selalu berdedikasi untuk memberikan tulisan terbaik dan informatif. Mendalami berbagai topik seputar dunia kerja, HR, serta bisnis.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter