training of trainer adalah

Training of Trainer Penting Bagi Perusahaan, 6 Alasan Ini Harus Anda Pahami!

Sebagai seorang karyawan dalam suatu perusahaan, Anda akan menjalani training atau pelatihan. Training merupakan salah satu agenda wajib dari perusahaan dalam rangka upaya pengembangan karyawan baik dari aspek ilmu pengetahuan, skill, maupun attitude.

Nah, biasanya training ini akan dilaksanakan dengan jadwal dan waktu tertentu. Materi yang diberikan juga disesuaikan dengan training goals serta masing-masing divisi dan kebutuhan perusahaan. 

Pada saat melakukan training, biasanya karyawan akan diarahkan oleh seorang trainer. Trainer ini yang akan bertanggung jawab penuh untuk mencapai tujuan training dari peserta trainee atau para karyawan. 

Pertanyaan yang sering muncul adalah, jika para trainer ini sudah memiliki kemampuan untuk ‘mengajarkan’ orang lain, siapa yang mengajarkan mereka? Apakah seorang trainer harus menempuh pendidikan khusus? Atau pernahkah Anda mendengar tentang training of trainer?

Yuk simak ulasan di bawah ini untuk cari tahu lebih lanjut!

 

Apa Itu Training of Trainer?

Menjadi seorang trainer juga memerlukan training atau yang biasa disebut dengan training of trainer. Training of trainer adalah pelatihan peningkatan kapasitas yang diikuti oleh para calon trainer di masing-masing organisasi atau perusahaannya. 

Training of trainer ini juga bisa diartikan sebagai pelatihan yang ditujukan untuk karyawan yang akan menjadi trainer bagi karyawan atau anggota lainnya.

Jika yang mengikuti training adalah seseorang yang memang sudah trainer, maka tujuan dari training of trainer ini kemudian untuk meningkatkan kapasitas atau kemampuan trainer tersebut.

Training of trainer merupakan salah satu upaya pengembangan sumber daya manusia dalam perusahaan. Jika seorang trainer berasal dari perusahaan atau organisasi itu sendiri tentu akan menguntungkan perusahaan. Maka dari itu, banyak yang menggagas upaya istilah ini. 

Jika memang demikian, apa saja pertimbangan perusahaan dalam memilih siapa saja yang seharusnya mengikuti training of trainer tersebut?

  • Pihak perusahaan bisa mengambil orang-orang terbaiknya. Namun, untuk membantu dalam memilih kandidat yang tepat, Anda dapat melihat dari latar belakang mereka selama bekerja di perusahaan tersebut.
  • Apakah karyawan ini memiliki pengalaman belajar atau kemampuan dalam memimpin sebuah rapat?
  • Atau bisa juga memilih karyawan yang pernah dan berpengalaman dalam mengorganisasi suatu event di perusahaan.

 

Beberapa keterampilan di atas bisa jadi potensi yang sangat bagus dalam menciptakan trainer yang handal ke depannya.

 

Baca juga: Perhatikan 8 Aspek Berikut Sebelum Mengadakan Training Karyawan

 

Alasan Mengapa Training of Trainer Dibutuhkan dalam Perusahaan

Mengapa perusahaan membutuhkan training of trainers? Awalnya inisiasi ini dinilai memang digunakan untuk penghematan biaya perusahaan agar tidak perlu mengirim karyawannya pelatihan eksternal secara terus menerus. Namun ternyata tidak hanya itu, berikut beberapa alasannya.

 

Menghindari ‘Downtime’

Adanya pelatihan yang diikuti karyawan biasanya membuat mereka untuk sementara waktu tidak bekerja. Jika dalam satu perusahaan karyawannya harus melakukan pelatihan eksternal dengan sekaligus, pastilah terjadi downtime.

Sedangkan jika dilakukan training of trainer dan perusahaan memiliki trainer internal, maka trainer pasti bisa menyesuaikan sesi dengan jadwal dari perusahaannya agar tidak terjadi downtime. 

 

Menghemat Biaya Pelatihan 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, manfaat adanya training of trainer adalah untuk menghemat biaya pelatihan yang dikeluarkan perusahaan. Selain itu tentu perusahaan akan lebih memberdayakan kompetensi dan kemampuan karyawannya dengan lebih baik. 

 

Calon Trainer Perusahaan Lebih Paham Tugasnya

Dalam training of trainer, calon trainer akan dibekali dengan pelatihan mulai dari pembuatan materi hingga transfer knowledge untuk peserta training nantinya sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Perusahaan membutuhkan trainer yang paham dan mampu mengcover hal-hal tersebut sehingga penting untuk mengadakan training of trainer.

 

Penting untuk Kurikulum Pelatihan

Perusahaan biasanya memiliki kurikulum pelatihan tersendiri. Untuk membentuk kurikulum pelatihan tersebut alangkah baiknya jika seorang trainer yang bertugas juga berasal dari perusahaan yang sama sehingga lebih memahami culture perusahaan dan kebutuhan perusahaan.

 

Transfer Keahlian Lebih Efektif 

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan dari training of trainer adalah menciptakan trainer yang handal untuk perusahaan. Dengan melakukan pelatihan trainer dan memastikan trainer yang dilatih jadi lebih handal, maka penyampaian transfer keahlian untuk karyawan lain akan lebih efektif.

 

Tingkat Turnover Karyawan Lebih Rendah

Melalui program training of trainer maka perusahaan diharapkan bisa memberikan pelatihan yang berkualitas. Sebuah studi menyebutkan bahwa 40% karyawan yang mendapatkan pelatihan yang buruk memutuskan untuk berhenti.

Sedangkan jika Anda bisa memastikan pelatihan yang diadakan baik dan sesuai kebutuhan, maka karyawan akan lebih baik dalam memberikan keputusan bisnis. Selain itu hasilnya tentu dapat menambah kompetensi dan kemampuan mereka untuk perusahaan.

 

Baca Juga: Berbagai Kendala Pada Saat Online Training

 

Demikian ulasan tentang training of trainer. Menjadi trainer bukanlah hal yang mudah, menyampaikan materi dan menjadi seorang trainer juga membutuhkan pelatihan tersendiri salah satunya dengan training of trainer. Setelah mengetahui pentingnya hal tersebut, apakah perusahaan Anda sudah menjalankannya?

Semoga artikel ini bermanfaat.