Contoh Job Description

Tips Membuat Job Description untuk Rekrut Karyawan Baru

Untuk kelangsungan sebuah usaha, tentu diperlukan karyawan yang bekerja secara efektif. Bila suatu usaha tidak didukung oleh karyawan-karyawan yang baik maka ini akan memperlambat kinerja perusahaan. Jadi hal yang terpenting untuk mendukung peningkatan usaha adalah menemukan karyawan yang baik. Ini terjadi mulai saat perekrutan. Jika karyawan yang direkrut bagus maka ini akan memberikan kontribusi positif dalam perusahaan.

Merekrut karyawan yang efektif bagi perusahaan diperlukan ketelitian. Saat melakukan perekrutan karyawan melalui wawancara banyak hal yang dibicarakan dengan calon karyawan baru. Terutama motivasi bekerjanya juga harus diperhatikan. Tapi terkadang tidak tertutup kemungkinan ketika Anda sudah mendapat karyawan yang tepat dan baik, hanya karena tidak bisa membuat job description yang baik maka karyawan yang baru direkrut keluar karena merasa tidak mampu menyelesaikan pekerjaan.

Job description atau gambaran pekerjaan/tugas adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi tujuan dari dibentuknya suatu pekerjaan/tugas. Gambaran tentang apa yang harus dilakukan oleh si pemegang jabatan, bagaimana suatu pekerjaan dilakukan, alasan-alasan mengapa pekerjaan tersebut dilakukan, hubungan antara suatu posisi tertentu dan posisi lainnya di luar lingkup pekerjaannya dan di luar perusahaan sehingga dapat tercapai tujuan bagian kerja dan perusahaan secara luas. Berikut beberapa tips membuat gambaran pekerjaan dan contoh job description bagi karyawan rekrutan baru:

Membuat Judul Job Description yang Menarik

Para calon rekrutmen baru biasanya tertarik awalnya dengan judul pencarian karyawan. Tentu saja job description atau jabatan yang ditawarkan dapat memikat hati rekrutmen karyawan baru. Anda perlu membuat judul yang menarik, sesuai dengan bahasa kemajuan jaman sekarang. Contoh judul menarik seperti, “Dicari Marketing yang berani menerima tantangan dengan bonus besar”. Ini bisa membantu anda untuk mendapatkan perhatian para pencari kerja.

 

Deskripsikan secara jelas

Menuliskan job description tidak perlu bertele-tele. Cukup tiga sampai lima poin hal yang diperlukan dicantumkan secara singkat dan jelas. Beberapa hal yang perlu ditulis antara lain: kompetensi yang vital untuk dimiliki dalam menunjang kesuksesan pekerjaan, background pendidikan dan kemauan kerja yang penting untuk dimiliki bagi rekrytmen karyawan baru.

 

Cantumkan Semua Hal Penting

Tidak perlu berlebihan, namun pastikan ketika membuat job description Anda sudah menyampaikan semua hal penting dengan jelas apa saja yang perlu diketahui para pencari kerja. Diantaranya:

     1. Posisi

Promosikan posisi yang diperlukan dengan menampilkan job title yang menarik secara mendetail. Berikan informasi yang jelas mengenai posisi seperti apa yang dibutuhkan perusahaan agar tidak ada orang yang salah melamar.

 

    2. Kemampuan dan Kualifikasi

Di dalam job desc tulis beberapa kemampuan dan kualifikasi yang harus dimiliki calon karyawan. Sebagai tambahan, jelaskan apakah kemampuan dan kualifikasi tersebut harus dianggap sebagai persyaratan mutlak atau tambahan.

 

    3. Tipe Pekerjaan

Disini bisa dijelaskan jenis pekerjaannya, bersifat full time atau part time, bahkan jika ada shift kerja harus dicantumkan agar pelamar kerja tidak kaget. Jika dari awal ada keterbukaan maka akan didapatkan karyawan yang tepat.

 

Baca Juga :Pengaruh Screening Dalam Melakukan Perekrutan Karyawan Baru

 

    4. Gaji dan Tunjangan

Untuk semakin menarik perhatian para pencari kerja, beri keterangan mengenai kisaran gaji hingga tunjangan pada setiap posisi yang dibutuhkan.

 

    5. Lokasi Kantor perusahaan

Di bawah job desc, cantumkan alamat kantor, email, nomor telepon dan juga media sosial perusahaan anda. Beri kemudahan pada orang-orang yang ingin melamar kerja di perusahaan anda.

 

Itulah contoh job description yang dapat dibuat saat akan melakukan perekrutan karyawan baru, Buatlah job description sejelas mungkin, dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar mendapatkan karayawan yang benar – benar diharapkan. Untuk memudahkan rekrutmen karyawan anda dapat mencoba software hrd  LinovHR, dengan software LinovHR proses rekrutmen akan lebih efektif dan efisien daripada menggunakan cara manual. Anda dapat mencobanya  disini