Apa Itu Essay Method dalam Performance Appraisal? Ini Penjelasannya

Apa Itu Essay Method dalam Performance Appraisal? Ini Penjelasannya!

Di dunia kerja, penilaian kinerja menjadi bagian penting dalam melakukan evaluasi dan pengembangan karyawan. 

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah essay method atau metode esai. Metode ini bersifat subyektif dalam melakukan penilaian kinerja.

Dalam artikel LinovHR ini, kita akan membahas apa saja kelebihan, kelemahan, serta kapan essay method bisa digunakan untuk menjadi pilihan penilaian yang paling tepat.

 

Apa Itu Essay Method dalam Performance Appraisal?

Apa Itu Essay Method dalam Performance Appraisal
Pahami apa itu essay method dalam performance appraisal

Essay method atau metode esai adalah sebuah metode penilaian kinerja yang cukup umum digunakan dalam berbagai model bisnis.

Dalam performance appraisal atau penilaian kinerja, metode ini digunakan untuk memberikan gambaran mengenai performa karyawan.

Metode ini juga dapat disebut sebagai “free-form method” atau metode penilaian kinerja yang bebas dan tidak mengikat. 

Sebab dalam metode ini, atasan akan memberikan penilaian dengan mencatat kekuatan serta kelemahan karyawan dalam melakukan pekerjaannya, serta mengidentifikasi area yang bermasalah, dan merancang rencana tindakan perbaikan (improvement plan).

 

Kelebihan Essay Method dalam Penilaian Kinerja

Kelebihan Essay Method dalam Penilaian Kinerja
Ini Kelebihan Essay Method dalam Penilaian Kinerja

Salah satu keunggulan dalam penilaian esai adalah, berbeda dengan kriteria penilaian kinerja konvensional, metode esai lebih tidak terstruktur sehingga bersifat lebih fleksibel.

Dengan ini, penilai dapat mengevaluasi berbagai aspek kinerja yang relevan dengan pekerjaan atau pertumbuhan perusahaan.

Penggunaan metode ini berdasar pada anggapan bahwa tidak semua sifat dan perilaku karyawan dapat dianalisis secara rinci. 

Sebaliknya, metode ini memungkinkan stakeholder yang memberikan asesmen untuk lebih menekankan kualitas karyawan, masalah yang dihadapi karyawan selama bekerja, atau hal lainnya.

Saat menulis esai, pemberi asesmen harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti potensi karyawan, pengetahuan dan kemampuan teknis, hubungan antara rekan kerja dengan atasan dan sesama karyawan, dan lain sebagainya. 

Penilaian yang bersifat komprehensif ini dapat memberikan informasi lebih banyak tentang karyawan dibandingkan teknik penilaian kinerja lainnya.

 

Baca Juga: Mengenal Incident Method dalam Performance Appraisal

 

Kekurangan Essay Method dalam Penilaian Kinerja

Kekurangan Essay Method dalam Penilaian Kinerja
Apa Saja Kekurangan Essay Method dalam Penilaian Kinerja?

Meskipun essay method memiliki keunggulan seperti penjelasan sebelumnya, perlu diingat bahwa metode ini juga memiliki keterbatasan yang perlu dipertimbangkan seperti metode penilaian lainnya.

Kekurangan utama metode esai dalam penilaian kinerja terletak pada sifatnya yang sangat subjektif. 

Metode esai ini memang memberikan wawasan yang mendalam mengenai kinerja seorang karyawan. Namun, metode ini cenderung rentan terhadap bias sehingga memberikan penilaian yang tidak valid.

Selain itu, metode esai kurang memanfaatkan elemen pembanding atau komparatif. Hal ini karena penilaian hanya mengandalkan pertanyaan secara terbuka.

Meskipun metode ini memberikan kebebasan bagi tim penilai dalam memberikan informasi detail, kebebasan ini juga dapat menjadi kelemahan karena hilangnya elemen pembanding tersebut.

 

Kapan Metode Esai Cocok Digunakan?

Essay method menjadi pilihan yang tepat ketika melakukan penilaian kinerja untuk karyawan yang memiliki deskripsi pekerjaan atau job description yang berbeda dengan posisi lain atau yang target kerjanya tidak terbatas pada numerik. 

Secara khusus, metode esai dapat digunakan dengan baik ketika dikombinasikan dengan metode penilaian lain, seperti skala penilaian grafis. 

 

Elemen Penting dalam Melakukan Metode Esai

Elemen Penting dalam Melakukan Metode Esai
Apa Saja Elemen Penting dalam Melakukan Metode Esai?

Berikut adalah 3 hal yang perlu diperjuangkan untuk menetapkan perusahaan Anda menuju kesuksesan dalam metode esai:

 

1. Konsistensi

  • Sebaiknya tetapkan format yang akan digunakan di perusahaan untuk memudahkan penulisan esai. 
  • Dalam hal ini, perusahaan dapat melakukan standardisasi akan beberapa hal, seperti gaya penulisan, bahasa yang digunakan, panjang tulisan, dan lain sebagainya.
  • Ini sebaiknya disepakati bersama, karena esai yang tidak terstruktur dan terlalu kompleks akan membingungkan sehingga sulit dipahami oleh para stakeholder.
  • Agar tetap efisien dan efektif, penilai sebaiknya fokus membuat esai penilaian yang singkat dan spesifik. Ini memastikan seluruh penilaian mencerminkan kinerja karyawan.
  • Penilai juga harus memastikan bahwa mereka menyediakan cukup waktu dalam jadwal mereka untuk mempersiapkan esai.
  • Seorang penilai yang sibuk mungkin mengorbankan peringkat kinerja karyawan dengan menulis esai tergesa-gesa atau kehabisan waktu untuk menilai kinerja karyawan secara menyeluruh. 
  • Penting bagi tim penilai untuk menyisihkan cukup waktu dalam menulis ulasan yang konsisten, akurat, dan ringkas untuk menetapkan karyawan menuju kesuksesan.

 

2. Keahlian

Jika memilih menggunakan metode esai dalam penilaian kinerja di perusahaan, penting untuk memastikan bahwa tim penilai memiliki kemampuan menulis yang baik. 

Dengan ini, seluruh informasi yang dibutuhkan dapat digambarkan dengan baik sehingga esai akan lebih mudah dipahami.

 

3. Objektivitas

Esai rentan terhadap bias sehingga informasi yang dicantumkan tidak sesuai dengan realita. Dengan begitu, esai tidak bisa memberikan gambaran akurat kinerja karyawan.

Karena itu, penting untuk mengedepankan objektivitas agar hasil penilaian kinerja bersifat valid.

Dalam hal ini, perusahaan dapat mengombinasikan penilaian esai dengan metode penilaian lain, seperti 360 degree untuk menghasilkan kesimpulan dan data performa karyawan yang lebih akurat.

 

Mudahkan Penilaian Kinerja dengan Performance Appraisal LinovHR

Melakukan penilaian kinerja yang tepat dapat membawa dampak positif pada proses kerja lainnya.

Oleh karena itu, penilaian ini harus dilakukan secara efektif dan sesuai dengan hasil kinerja karyawan.

 

performance review

 

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan penilaian kinerja karyawan dengan mudah dengan memanfaatkan solusi canggih dari Performance Appraisal LinovHR.

Dengan software ini, semua aspek tugas, mulai dari menetapkan target kerja, melakukan penilaian, hingga menyusun laporan review karyawan, dapat dilaksanakan dengan efektif dan dapat diukur.

Dengan ini, penilaian kinerja karyawan dapat menjadi lebih transparan, efektif, dan terintegrasi. Dapat dipastikan juga bahwa setiap karyawan dapat terus bertumbuh dan berkontribusi maksimal pada kesuksesan perusahaan.

Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera ajukan demonya sekarang juga melalui laman resmi kami!