question bank

Fitur Question Bank untuk Mendukung Survei Kepuasan Karyawan

Survei kepuasan karyawan memiliki beragam manfaat bagi perusahaan. Salah satu manfaat dari pelaksanaan survei tersebut adalah sebagai bahan penilaian dan peningkatan pengelolaan SDM perusahaan. LinovHR melalui Modul Performance Management System memiliki fitur Question Bank untuk memudahkan Anda menyusun pertanyaan sesuai dengan tujuan survei yang akan dilakukan.

Kegiatan survei bisa dilakukan selama sebulan sekali, setahun sekali, atau saat berakhirnya periode kerja tergantung dengan kebutuhan perusahaan. Agar perusahaan bisa mendapatkan feedback karyawan, terdapat beberapa pertanyaan relevan yang akan diajukan. 

Namun terkadang, hambatan yang sering terjadi adalah pertanyaan yang diajukan tidak sesuai dengan tujuan dari survei sehingga hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan.

Bagaimana fitur Question Bank dapat membantu penyelenggaraan survei kepuasan karyawan? 

 

Apa itu Fitur Question Bank?

Question bank adalah salah satu fitur dalam modul Performance Management System LinovHR yang digunakan saat ingin mengadakan survei kepuasan karyawan. Fitur ini digunakan sebagai media atau tempat dari kumpulan pertanyaan-pertanyaan survei sehingga dapat memudahkan Anda saat ingin mengadakan survei.

Dari kumpulan pertanyaan tersebut, Anda bisa memilih pertanyaan yang sesuai dengan tujuan dan sasaran survei. Misalnya, survei yang akan ditujukan hanya untuk para manajer atau atasan tiap divisi maka pertanyaan yang dipilih bisa diatur sesuai dengan tujuan survei.

 

Baca Juga : Contoh Pertanyaan dalam Survei Kepuasan Kerja Karyawan

 

Mengapa Harus Menggunakan Fitur Question Bank di LinovHR?

Seperti penjelasan yang sudah dijelaskan di atas, fitur question bank berfungsi sebagai tempat untuk menyediakan seluruh pertanyaan survei. Beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan fitur ini antara lain:

 

Proses Survei Bisa Dilakukan dengan Cepat

Dengan memanfaatkan fitur ini, survei karyawan bisa dilakukan dengan cepat karena pertanyaan survei sudah tersedia. Sehingga tugas Anda hanya memilih pertanyaan apa yang cocok untuk dicantumkan dan lebih mengefisiensi waktu pengerjaan.

 

Pertanyaan yang Diajukan Sesuai dengan Sasaran Survei

Pelaksanaan survei dilakukan agar mengetahui respon dari objek yang akan dituju. Maka dari itu, pertanyaan yang digunakan harus sesuai dengan sasaran atau objeknya. Melalui fitur ini, Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat pertanyaan yang sesuai dengan target.

Selain digunakan pada saat survei, fitur question bank dapat digunakan ketika perusahaan sedang ingin melaksanakan review dan feedback.

 

Cara Kerja Fitur Question Bank dari LinovHR

Untuk mengetahui cara kerja dari fitur Question Bank ini, hal pertama yang dilakukan adalah membuat pertanyaan yang akan diajukan melalui fitur ini sesuai dengan tema survei yang digunakan. HR Admin yang akan menyusun pertanyaan dan menentukan berapa jumlah pertanyaan yang akan digunakan pada tema survei ini.

Jika Admin telah selesai membuat pertanyaan-pertanyaan tersebut, langkah kedua adalah memilih tipe review atau target survei yang akan dituju. Terdapat beberapa tipe review yang bisa Anda pilih seperti Self Review, Manager Review, Subordinate, dan lain-lainnya. 

Setelah memilih tipe review yang akan digunakan, maka Anda bisa memilih pertanyaan yang sesuai melalui Question Bank. Sehingga pada fitur ini, Admin bisa membuat dan menambahkan pertanyaan yang sesuai dengan tipe review yang digunakan.

 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Absensi Berbasis Android untuk Karyawan

 

Tingkatkan Performa Karyawan dengan Modul Performance Management System LinovHR!

Pelaksanaan survei kepuasan karyawan jika dilakukan dengan baik dan benar akan mendapatkan hasil yang akurat dan maksimal. Sehingga perusahaan bisa menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan engagement nya agar karyawan bisa lebih nyaman dan loyal kepada perusahaan.

 

Baca Juga : Relasi Employee Engagement Survey Antara Karyawan & Perusahaan

 

Selain melakukan kegiatan survei, modul Performance Management System memiliki beberapa fitur yang dapat meningkatkan performa karyawan seperti penilaian kinerja karyawan. 

Melalui modul ini, proses penilaian bisa dilakukan secara otomatis dengan memasukkan Goals dan Key Performance Indicator (KPI) pada tiap individu atau divisi kerja. Dengan pengelolaan yang dilakukan secara otomatis, hasil penilaian yang didapatkan akan lebih akurat dan objektif. Dari hasil nilai tersebut nantinya HRD dapat menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan dan mempertahankan kinerja karyawan.

Karyawan adalah salah satu indikator kesuksesan perusahaan dalam mencapai target. Maka dari itu, salah satu tugas utama perusahaan adalah membangun performa karyawan agar seluruh proses kerja bisa diselesaikan sesuai dengan harapan yang diinginkan. 

Performance Management Software LinovHR adalah solusi tepat untuk menjaga dan mengelola performa karyawan di perusahaan Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai bagaimana fitur question bank dalam modul Performance Management dapat meningkatkan kualitas survei kepuasan karyawan, hubungi tim layanan LinovHR sekarang juga!