form lamaran kerja

Contoh Form Lamaran Kerja dan Informasi yang Perlu Ada

Di dalam proses rekrutmen, membuat form lamaran kerja adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh seorang HR. Form ini berisikan beberapa informasi kandidat yang akan membantu HR untuk mengumpulkan data-data penting mengenai para kandidat.

Memberikan formulir lamaran kerja ini menjadi hal penting yang akan mendukung kelancaran proses rekrutmen. Maka dari itu, memastikan informasi penting dimuat dalam formulir ini adalah keharusan.

Mari simak artikel LinovHR berikut ini agar Anda bisa mengetahui bagaimana membuat formulir lamaran kerja karyawan yang baik dan benar.

 

Apa Itu Form Lamaran Kerja?

Form lamaran kerja adalah formulir resmi yang harus diisi oleh calon pelamar ketika mereka ingin mengajukan diri untuk bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi. 

Formulir ini berisi informasi personal, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang dimiliki oleh calon pelamar.

Saat ini formulir lamaran kerja dapat berupa format digital atau kertas, dan harus diisi dengan jujur dan akurat oleh calon pelamar. 

Penggunaan job application form ini membantu perusahaan atau organisasi untuk mengevaluasi kemampuan dan kecocokan calon pelamar dengan posisi yang tersedia, serta sebagai dokumen resmi yang dapat digunakan untuk keperluan administratif dan hukum.

 

Tujuan Memberikan Form Lamaran Kerja

Tujuan perusahaan memberikan formulir lamaran kerja adalah untuk memastikan bahwa perusahaan dapat mengumpulkan informasi yang komprehensif dan akurat dari setiap pelamar. 

Dengan menggunakan formulir ini, perusahaan dapat memperoleh informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, referensi, dan kualifikasi lainnya dari pelamar dengan cara yang terstruktur dan terorganisir.

Selain itu, formulir lamaran kerja juga membantu perusahaan untuk membandingkan kualifikasi dari setiap pelamar secara objektif dan mengurangi risiko diskriminasi dalam proses seleksi. 

Dengan menggunakan form lamaran kerja, perusahaan juga dapat mempercepat proses perekrutan dan menghemat waktu dan biaya yang terkait dengan penyaringan pelamar secara manual.

Kumpulan dari form ini juga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk dijadikan talent pool.

Dengan demikian, formulir lamaran kerja merupakan alat yang penting dalam proses perekrutan yang membantu perusahaan untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk menentukan apakah seorang pelamar cocok untuk posisi yang ditawarkan atau tidak.

 

Informasi yang Perlu Dimasukkan Dalam Form Lamaran Kerja

Job application form adalah dokumen yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan informasi dari calon pelamar.

Formulir ini biasanya terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

 

  1. Informasi Kontak

Bagian ini memuat data diri pelamar seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat surel yang dapat dihubungi.

Informasi ini penting untuk memudahkan perusahaan dalam menghubungi pelamar terkait dengan proses rekrutmen.

 

  1. Riwayat Pekerjaan

Bagian ini memuat informasi tentang pengalaman kerja pelamar di tempat kerja sebelumnya.

Informasi yang diminta antara lain nama perusahaan, jabatan yang pernah diemban, masa kerja, dan tanggung jawab di pekerjaan sebelumnya.

Riwayat pekerjaan pelamar menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan untuk menentukan kemampuan, kualifikasi, dan pengalaman kerja pelamar.

 

  1. Ketersediaan

Bagian ini meminta informasi tentang waktu kerja yang tersedia, jam kerja yang diinginkan, dan waktu yang cocok untuk dihubungi.

Informasi ini penting bagi perusahaan untuk menentukan apakah jadwal kerja pelamar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

  1. Referensi

Bagian ini memuat informasi kontak dari orang-orang yang dapat memberikan rekomendasi tentang kemampuan atau kualifikasi pelamar. 

Referensi ini menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan untuk menentukan apakah pelamar memiliki kemampuan dan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

 

  1. Informasi Tambahan

Bagian ini biasanya berisi pertanyaan-pertanyaan yang relevan untuk posisi yang dilamar, seperti motivasi pelamar, keahlian khusus, dan harapan gaji. 

Informasi tambahan ini membantu perusahaan untuk lebih memahami pelamar dan menentukan apakah pelamar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Baca Juga: Fungsi SLA dalam Proses Rekrutmen Apa Itu?

 

Contoh Form Lamaran Kerja

Berikut adalah contoh job application form:

 

Nama Lengkap : Agatha Putri

Alamat : Jl. Cendrawasih No. 15, Jakarta Pusat

Nomor Telepon : 08123456789
Email : agatha.putri@email.com

Pekerjaan yang dilamar : Sales Executive

Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi

 

Pengalaman Kerja:

  • Sales Representative di PT XYZ selama 2 tahun

Bertanggung jawab atas penjualan produk di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Berhasil meningkatkan penjualan sebesar 30% selama periode kerja.

 

  • Sales Executive di PT ABC selama 3 tahun

Bertanggung jawab atas pengelolaan akun pelanggan dan penjualan produk. Berhasil memperoleh kontrak kerja dengan klien baru senilai Rp500 juta.

 

Keterampilan:

  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Mampu bekerja dalam tim dan mandiri
  • Mahir menggunakan aplikasi Microsoft Office dan CRM

 

Motivasi Melamar Pekerjaan di Perusahaan Kami:

Saya tertarik dengan perusahaan ini karena memiliki reputasi yang baik dalam bidang penjualan. Saya percaya bahwa dengan pengalaman dan keterampilan yang saya miliki, saya dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan memajukan karier saya.

 

Referensi:

  • Bapak Andi, Manager Sales PT XYZ

Nomor telepon: 0812345678

 

  • Ibu Ani, Supervisor Sales PT ABC

Nomor telepon: 0823456789

 

Saya menyatakan bahwa informasi yang saya berikan dalam formulir ini adalah benar dan akurat. Saya bersedia untuk memberikan bukti atau informasi tambahan jika diperlukan.

 

Tanda Tangan: Agatha Putri Tanggal: 10 Mei 2023

 

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kuning untuk Pelamar Kerja

 

Kelola Form Lamaran Kerja Lebih Mudah Bersama Software Rekrutmen LinovHR

LinovHR

Form lamaran kerja membantu perusahaan untuk mengumpulkan berbagai informasi pelamar sebelum memprosesnya lebih lanjut.

Penggunaannya akan memberikan wawasan berharga bagi HR untuk mengetahui kesesuaian para pelamar dan menambah data dalam talent pool.

Untuk memudahkan pembuatan dan pengelolaan formulir kerja, penggunaan from digital menjadi solusi terbaik.

Dengan form digital, HR bisa langsung memindahkan form ini ke dalam database talent pool untuk kemudian diproses lebih lanjut untuk di screening. Cara ini lebih singkat dari cara manual.

 

Software Rekrutmen LinovHR menyediakan bagi Anda pengelolaan form lamaran kerja secara digital. Dengan fitur Career Website Setting, perusahaan bisa mengelola halaman kariernya sendiri.

Di sini perusahaan bisa mengatur informasi apa saja yang perlu dimasukkan pelamar. Baik itu informasi data diri atau juga pengalaman kerja.

Setelah mengaturnya HR bisa langsung menampilkan halaman Career tersebut di website perusahaan. Seluruh informasi yang masuk pun akan langsung terkumpul dalam fitur Talent Acquisition.

Tidak hanya data yang HR dapatkan dari halaman karier di website, HR juga bisa secara manual memasukkan data-data kandidat dengan menggunakan format Excel.

Dengan menggunakan LinovHR, Anda dapat menghemat waktu dan upaya dalam mengelola proses perekrutan.

Sehingga HR dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih penting, seperti membangun kultur perusahaan yang baik dan meningkatkan produktivitas karyawan.

 

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan manfaat LinovHR! Daftarkan demonya secara gratis sekarang juga dan rasakan sendiri betapa mudahnya mengelola proses perekrutan dengan software rekrutmen terbaik ini.