Besaran Gaji Pemadam Kebakaran di Indonesia

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

gaji pemadam kebakaran
Isi Artikel

Pemadam kebakaran merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang berperan penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat.

Setiap harinya, mereka berani menghadapi bahaya dan risiko yang besar untuk melindungi nyawa dan harta benda dari ancaman kebakaran.

Dengan risiko besar yang mereka hadapi di setiap tugasnya, tentu gaji pemadam kebakaran haruslah setimpal.

Di beberapa negara, bahkan seorang yang berprofesi sebagai pemadam kebakaran bisa mendapatkan gaji hingga ratusan juta per tahunnya. Lantas, bagaimanakah dengan di Indonesia? Mari temukan jawabannya dalam artikel LinovHR kali ini! 

 

 

Tugas Pemadam Kebakaran

Sebelum mengetahui berapa gaji yang diterima seorang pemadam kebakaran, penting untuk memahami tugas-tugas seorang petugas pemadam kebakaran atau kerap dikenal sebagai damkar, antara lain:

  • Mencegah terjadinya kebakaran
  • Menyelamatkan orang dari bahaya kebakaran dan bencana lain seperti gempa bumi, banjir, dan sebagainya
  • Merawat dan menjaga fasilitas dan peralatan pencegahan, pemadaman kebakaran, dan penyelamatan
  • Mengedukasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai langkah-langkah pencegahan, pemadaman kebakaran, dan penyelamatan yang benar
  • Menyimpan, mendistribusikan, dan mengontrol logistik untuk membantu masyarakat yang terkena musibah
  • Berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan listrik secepat mungkin di sekitar lokasi kebakaran

 

Gaji Pemadam Kebakaran di Indonesia dan Berbagai Negara

Gaji-Pemadam-Kebakaran-Infographic
Gaji Pemadam Kebakaran

 

Pemadam kebakaran adalah salah satu profesi yang memiliki jasa yang besar. Atas jasa-jasanya. Jika Anda bertanya-tanya berapa gaji pemadam kebakaran, berikut ini daftar gaji pemadam di Indonesia dan beberapa negara.

 

1. Indonesia

Gaji petugas pemadam kebakaran di Indonesia pada tahun 2023 berkisar antara Rp2.085.791 sampai Rp4.790.022 per bulan atau Rp25.029.492 sampai Rp57.480.264 per tahun. Jam kerja mereka mencapai 40 jam dalam seminggu.

Besarnya gaji yang diterima oleh seorang petugas pemadam kebakaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti posisi, masa kerja, tugas, dan tanggung jawab yang diemban.

 

2. Amerika Serikat

Berdasarkan data Biro Statistik Tenaga Kerja AS, gaji tahunan rata-rata seorang pemadam kebakaran sebesar $50.850 atau Rp767.461.252,50 per tahun.

Lalu, untuk beberapa negara bagian seperti California sebesar $84.370 atau Rp1.273.366.880,50 per tahun, Texas $55.000 atau Rp830.095.750,00 per tahun, Florida $51.000, dan Illinois $58.000 atau Rp875.373.700,00 per tahun.

 

3. Australia

Seorang petugas pemadam kebakaran yang baru direkrut di Australia memperoleh upah rata-rata sekitar AUD 60.600 atau Rp614.868.906,96 per tahun.

Setelah lulus menjadi petugas pemadam kebakaran tingkat dasar, upah mereka naik menjadi sekitar AUD 73.215 atau Rp742.865.132,39 per tahun.

Petugas pemadam kebakaran yang memenuhi syarat untuk kelas satu dapat memperoleh sekitar AUD 86.031 per tahun atau Rp872.900.774,50.

Setelah memiliki pengalaman bertahun-tahun, mereka dapat menjadi petugas pemadam kebakaran senior yang memperoleh upah sebesar AUD 92.000 atau Rp933.464.347,20 per tahun.

Seorang petugas stasiun yang berpangkat pengawas dapat memperoleh gaji sekitar AUD 105.500 atau Rp1.070.440.093,80 per tahun.

 

4. Jerman

Gaji rata-rata petugas pemadam kebakaran berpengalaman di Jerman adalah sekitar €56.400 atau Rp938.883.652,99 per tahun. Bayaran di Jerman bervariasi berdasarkan lokasi geografis.

Negara bagian seperti Hesse, Baden-Wurttemberg, dan North Rhine-Westphalia memiliki bayaran yang lebih tinggi.

 

5. Inggris Raya

Bayaran awal untuk seorang petugas pemadam kebakaran peserta pelatihan di Inggris Raya adalah £23.366 atau Rp457.024.209,75 per tahun.

Setelah pelatihan selesai, gaji mereka naik menjadi sekitar £31.144 atau Rp609.156.979,73 per tahun. Petugas pemadam kebakaran dapat menerima tambahan gaji untuk lembur. 

Gaji manajer kru berkisar antara £33.000 atau Rp645.459.168,09 hingga £34.500 atau Rp674.798.221,19 per tahun. Seorang manajer stasiun dapat memperoleh antara £40.161 atau Rp785.523.807,57 dan £44.300 atau Rp866.480.034,74 per tahun, ditambah dengan upah lembur.

 

Baca Juga: Segini Gaji Polisi di Seluruh Dunia

 

Gaji Tunjangan untuk Petugas Pemadam Kebakaran

Tunjangan gaji pemadam kebakaran
Tunjangan Pemadam Kebakaran

 

Selain mendapatkan gaji pokok, seorang pemadam kebakaran di Indonesia juga akan mendapatkan beberapa tunjangan yang didapatkan. Berikut beberapa tunjangan seorang pemadam kebakaran.

1. Tunjangan Kesehatan

Tunjangan kesehatan diberikan kepada setiap petugas pemadam kebakaran mengingat profesi ini memiliki risiko yang tinggi.

Pemberian tunjangan ini wajib diterima oleh setiap petugas damkar dan sangat penting dalam membantu mereka jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

 

2. Tunjangan Golongan

Tunjangan golongan hanya diberikan kepada pemadam kebakaran yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Oleh karena itu, petugas pemadam kebakaran dengan status honorer kemungkinan tidak akan menerima tunjangan ini.

 

3. Tunjangan Pendidikan Anak

Petugas pemadam kebakaran yang sudah menikah dan memiliki anak juga dapat menerima tunjangan pendidikan anak. Tunjangan ini diberikan dengan tujuan untuk mendukung biaya pendidikan anak-anak petugas pemadam kebakaran.

 

4. Tunjangan Hari Raya

Seperti halnya profesi lainnya, petugas pemadam kebakaran juga berhak menerima tunjangan hari raya atau THR. Besar nominal tunjangan ini tergantung pada kebijakan daerah dinas pemadam kebakaran tempat mereka bertugas.

Perlu diingat bahwa kebijakan dan ketentuan mengenai tunjangan untuk petugas pemadam kebakaran dapat bervariasi tergantung pada aturan dan peraturan yang berlaku di masing-masing instansi atau daerah.

 

Baca Juga: Berapa Gaji Pertambangan di Indonesia? Ini Jawabannya

 

Penghitungan Gaji Lebih Mudah dengan Software Payroll LinovHR

Penghitungan gaji berbagai departemen atau unit kerja dapat sangat bervariasi, termasuk juga menghitung gaji profesi pemadam kebakaran.

Tentu tugas rumit ini memerlukan solusi yang efektif dan efisien, sehingga pengerjaannya bisa lebih cepat dan tepat.

Daripada mengandalkan cara-cara manual,  memanfaatkan Software Payroll LinovHR bisa menjadi solusi efektif, proses penghitungan gaji menjadi lebih mudah dan efisien. 

Software ini menawarkan solusi terintegrasi yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola seluruh proses penggajian dengan cepat dan akurat.

 

Banner Payroll 2

 

Dengan menggunakan Software Payroll LinovHR, perusahaan dapat dengan mudah mengelola informasi karyawan, menghitung gaji, mengelola potongan dan tunjangan, serta membuat laporan penggajian secara otomatis. 

Fitur-fitur canggih seperti perhitungan pajak otomatis, pemrosesan gaji massal, dan pembaruan data karyawan secara realtime juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam penghitungan gaji.

Software Payroll LinovHR memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam mengelola proses penggajian, menghemat waktu dan tenaga, serta mengurangi risiko kesalahan dalam perhitungan gaji.

Ayo ajukan demo gratisnya sekarang dan dapatkan berbagai kemudahan penghitungan gaji karyawan dengan Software Payroll LinovHR!

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter