jasa payroll

Praktis Hitung Pajak Penghasilan Bersama Jasa Payroll LinovHR

Saat proses perhitungan gaji, terdapat beberapa komponen lain yang akan dikerjakan oleh admin payroll perusahaan, salah satunya adalah hitung pajak penghasilan atau yang lebih sering dikenal dengan PPh Pasal 21.

Membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap orang yang sudah memiliki penghasilan perbulannya. Maka dari itu, perhitungan pajak penghasilan harus dilakukan sesuai dengan ketetapan yang telah diatur oleh pemerintah.

Dengan banyaknya jumlah pegawai yang ada dalam perusahaan, staff payroll perusahaan harus menghitung pajak penghasilan setiap orangnya dengan sangat baik dan dalam jumlah gaji yang berbeda-beda. Namun untuk mendapatkan hasil yang akurat, terkadang terdapat beberapa kendala yang sering dialami. Apa saja kendala tersebut?

Kesulitan Perusahaan dalam Hitung Pajak Penghasilan

Kesulitan dalam menghitung pajak karyawan sampai saat ini masih sering terjadi, antara lain adalah:

 

  • Penyesuaian Aturan tentang Rumus Terbaru

Penetapan rumus untuk hitung pajak penghasilan sepenuhnya diatur oleh pemerintah. Maka dari itu setiap ada perubahan aturan atau rumus terbaru tentang pajak, siapapun itu termasuk dengan perusahaan harus mengikuti aturan tersebut.

Tetapi dalam praktiknya, penyesuaian aturan terbaru cukup memakan waktu yang lama. Karena staff payroll harus menguasai dengan baik aturan serta rumus terbaru tersebut. Hal ini membuat proses perhitungan pajak menjadi sangat lama.

 

  • Jumlah Gaji Karyawan yang Berbeda-Beda

Untuk menghitung PPh 21 pastinya akan disesuaikan dengan jumlah gaji setiap karyawan. Namun dengan jumlah karyawan yang cukup banyak dengan tingkatan jabatan serta posisi yang berbeda-beda, pajak penghasilan harus dihitung secara satu-persatu untuk seluruh karyawan. Tidak jarang pula terjadi kesalahan dalam perhitungan pajak akibat banyaknya pajak karyawan yang harus dihitung.

 

Baca Juga: 6 Tanda Perusahaan Butuh Payroll Tax Services

 

  • Masih Menggunakan Cara Manual

Penggunaan cara manual menjadi salah satu kesulitan terbesar yang dirasakan perusahaan dalam menghitung pajak karyawan. Hal ini karena mereka harus menghitung pajak karyawan secara satu persatu dengan jumlah yang berbeda-beda, dan dalam waktu yang singkat. Sehingga staff payroll harus bekerja ekstra agar bisa menyelesaikannya sesuai dengan deadline.

Alhasil, pajak yang dihitung tersebut masih sering ditemukan kesalahan dalam perhitungan yang membuat mereka harus menghitung kembali.

Jika kesulitan-kesulitan di atas tidak segera ditangani akan menghambat pekerjaan penting lainnya. Untuk itu, perusahaan disarankan untuk menggunakan jasa perhitungan gaji atau jasa payroll dari LinovHR untuk mengefektifkan proses hitung pajak penghasilan karyawan.

 

Baca Juga: Hitung Pajak Otomatis dengan Aplikasi Perhitungan PPh 21!

 

Kenapa Harus Menggunakan Jasa Payroll dari LinovHR?

Payroll outsourcing atau jasa perhitungan gaji dari LinovHR merupakan layanan berbasis cloud terbaik yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah perhitungan gaji serta pajak karyawan.

Terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan Anda harus menggunakan jasa payroll LinovHR untuk hitung pajak penghasilan karyawan:

 

  • Memberikan Hasil yang Akurat

Pajak penghasilan karyawan Anda akan dihitung oleh konsultan payroll terbaik dan sudah berpengalaman. Dengan begitu, pajak karyawan akan dihitung secara baik dan benar untuk memberikan hasil yang akurat.

 

  • Proses Perhitungan yang Cepat

Karena sudah profesional dan memiliki pengalaman yang cukup, konsultan payroll mampu melakukan proses perhitungan yang cepat dan tepat. Jadi, Anda bisa mendapatkan hasilnya sesuai dengan deadline yang telah ditentukan.

 

  • Menyimpan Data Secara Aman

Jika Anda masih ragu soal keamanan data, LinovHR tentunya akan menjamin kerahasian dan keamanan data pajak dan payroll setiap kliennya. Setiap data akan tersimpan dengan tingkat keamanan yang tinggi sehingga meminimalisir terjadinya kebocoran data yang akan merugikan perusahaan.

 

  • Dapat Diakses Secara Online

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Anda bisa merubah dan memantau perhitungan pajak karyawan Anda secara online sehingga bisa diakses di mana saja dan kapan saja tanpa harus melakukan pertemuan secara langsung. Hal ini menjadi salah satu kemudahan yang paling banyak dicari di saat masa pandemi seperti sekarang ini.

 

  • Selalu Menyesuaikan Dengan Aturan Terbaru

Perhitungan pajak akan selalu menyesuaikan dengan aturan yang sedang diberlakukan pemerintah. Sehingga jika terdapat perubahan aturan, proses perhitungan dan pengelolaan pajak akan langsung menggunakan aturan terbaru. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu repot dan pusing untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

 

  • Dapat Melakukan Sesi Konsultasi Masalah Pajak

Selain menghitung pajak karyawan, jasa perhitungan gaji dari LinovHR juga menyediakan jasa konsultasi masalah pajak penghasilan karyawan. Konsultan payroll akan siap membantu perusahaan dengan memberikan solusi terbaiknya. Sehingga seluruh masalah pajak yang sedang Anda hadapi bisa segera terpecahkan.

 

Baca Juga: Konsultan Pajak vs Jasa Payroll Outsourcing LinovHR. Mana yang Lebih Unggul?

 

LinovHR: Solusi Mudah Kelola Pajak Penghasilan!

Itu tadi adalah pembahasan mengenai kemudahan jasa payroll dari LinovHR untuk memudahkan pengelolaan pajak karyawan.

Kemampuan LinovHR untuk mengurusi pajak karyawan sudah dipercaya untuk mengurusi lebih dari 13.000 karyawan dengan berbagai bidang kerja yang berbeda-beda. Jadi, pajak penghasilan karyawan perusahaan Anda bisa dikerjakan secara cepat, tepat, akurat, dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Masih repot hitung pajak penghasilan karyawan? Serahkan saja ke jasa payroll dari LinovHR sekarang juga!