payroll staff

Payroll Staff: Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Payroll staff adalah seorang staf yang bertugas untuk melakukan perhitungan gaji pada perusahaan. Dibutuhkan keterampilan dan keahlian khusus dalam menjalani profesi ini. Nah, apa saja skill yang dibutuhkan dan tugas yang akan dikerjakan oleh payroll staff? Simak penjelasan berikut! 

 

Tugas Payroll Staff

Terdapat beberapa tugas yang harus dilakukan sebagai staff payroll, diantaranya adalah:

 

1. Menyiapkan dan Menginput Absensi Karyawan 

Seorang staff payroll untuk menyiapkan dan menginput data absensi karyawan ketika sudah mendekati waktu penggajian. Proses menginput absen tiap bulannya berbeda-beda tergantung jam kerja dan kehadiran karyawan. Untuk itu, proses ini harus dilakukan secara teliti agar perhitungan gaji karyawan tidak salah.

 

2. Menyiapkan Slip Gaji

Di dalam slip gaji berisi rincian gaji karyawan, mulai dari gaji pokok, uang lembur, dan juga beberapa hal lain yang harus dibayar oleh perusahaan kepada karyawan. Slip gaji ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti mengambil cicilan rumah, kendaraan, maupun kredit barang.

 

Baca Juga: Cara Membuat Slip Gaji Otomatis Bersama LinovHR

 

3. Membuat Laporan Gaji Setiap Bulan

Selain menyiapkan slip gaji, tugas selanjutnya adalah membuat laporan penggajian karyawan tiap bulan untuk diserahkan kepada pihak perusahaan dan staf keuangan. Laporan ini berguna untuk bahan evaluasi dan perencanaan di periode mendatang. 

hris

 

 

4. Mengumpulkan Berkas yang Berhubungan dengan Gaji Karyawan

Tugas payroll staff adalah mengumpulkan berkas dari semua pengeluaran soal penggajian karyawan. Contohnya, data dan informasi karyawan, jenis pajak penghasilan, dan sebagainya. Tentu saja berkas tiap karyawan akan berbeda satu sama lain. 

 

5. Pendataan dan Penyesuaian Karyawan Baru dan Keluar

Pendataan dan penyesuaian karyawan dilakukan untuk melakukan proses penggajian. Jadi setiap ada karyawan baru yang masuk, data tersebut harus ditambahkan menjadi data payroll baru. Begitu juga sebaliknya jika ada karyawan yang keluar, datanya akan dihapus dari sistem.

 

Skill Yang Harus Dibutuhkan untuk Menjadi Payroll Staff

payroll
Source Image: Pixabay

Sebelum melamar menjadi staff payroll, perhatikan dulu skill yang harus dimiliki. Apakah Anda memiliki salah satu skill di bawah ini?

 

  • Pemahaman Soal Regulasi 

Salah satu skill yang harus dimiliki adalah pemahaman soal regulasi. Payroll staff harus memastikan apakah semua proses penggajian dalam perusahaan sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Hal ini berkaitan dengan perpajakan dan peraturan hukum.

Persyaratan kepatuhan pada setiap wilayah berbeda-beda, untuk itu Anda harus memahami persyaratan kepatuhan tiap wilayah.

 

  • Kemampuan Berhitung

Pekerjaan payroll staff akan bertemu dengan perhitungan setiap harinya. Untuk itu, kemampuan matematika dan berhitung yang kuat menjadi skill utama yang harus Anda miliki. Bahkan sering kali ditemukan kekeliruan dalam perhitungan gaji manual. 

Untuk mengatasi hal ini, Software HRD dari LinovHR menyediakan sistem perhitungan otomatis yang akurat dan cepat. Tidak perlu lagi pusing dan repot mengurusi kesalahan dalam perhitungan gaji karyawan. 

 

  • Skill Pemecahan Masalah

Pekerjaan ini sering kali akan menemukan masalah, seperti kesalahan dalam perhitungan, penyimpangan perpajakan, dan masalah kepatuhan. Sebagai seorang payroll staff harus dapat mencari solusi dari setiap masalah yang terjadi agar tidak terulang di kemudian hari.

 

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Problem Solving di Kehidupan Anda

 

  • Kemampuan Administrasi dan Perhatian Secara Detail

Selain perhitungan yang kuat, Anda juga harus memiliki keterampilan administratif seperti tugas-tugas umum kantor yang harus diperiksa secara teliti. Sehingga segala kekeliruan dan human error dapat diminimalisir. 

 

  • Mahir Mengoperasikan Perangkat Lunak atau Software

Anda harus terbiasa untuk menggunakan berbagai platform perangkat lunak perkantoran seperti Microsoft Office atau Excel. Kedua software tersebut adalah standar yang biasa digunakan pada setiap perusahaan.

 

  • Kemampuan Komunikasi

Dalam beberapa kasus, mungkin Anda diharuskan untuk mengendalikan tim, bekerjasama dengan divisi lain, atau memberi arahan pada anggota lain perihal masalah penggajian. Anda pun juga harus membina komunikasi yang baik agar tidak terjadi miskomunikasi. Maka dari itu, kemampuan mengarahkan dan komunikasi sangatlah dibutuhkan.

 

Gunakan Software Payroll LinovHR untuk Memudahkan Tugas Payroll Staff

Melakukan perhitungan gaji secara manual hanya membuat tugas payroll staff menjadi sangat lama dan kemungkinan besar data akan hilang atau terselip. Solusinya, Anda bisa menggunakan software payroll dari LinovHR untuk mempermudah payroll staff perusahaan Anda. 

Apa saja sih kemudahan dari Software payroll LinovHR? 

  1. Mengelompokkan dan menyimpan data terkait bank melalui fitur menu bank
  2. Menentukan dan mendokumentasikan metode pembayaran gaji dengan fitur payment method
  3. Penggolongan kode akuntansi dengan fitur account code
  4. Menetapkan komponen payroll lewat fitur payroll component
  5. Mengatur komponen payroll menggunakan fitur payroll component set
  6. Memproses payroll hanya dengan sekali klik lewat fitur payroll process
  7. Mencetak laporan payroll otomatis dengan fitur payroll report
  8. Menyusun slip gaji dengan cepat menggunakan fitur salary slip
  9. Menghitung estimasi pajak dalam setahun menggunakan tax calculator

 

Software Payroll LinovHR didesain khusus untuk membantu para payroll staff. Software ini akan melakukan kegiatan payroll secara otomatis tanpa khawatir akan kehilangan data, karena software payroll LinovHR memiliki tingkat penyimpanan dan keamanan yang tinggi dan perhitungan yang akurat. 

Implementasi Software Payroll LinovHR dapat memudahkan kinerja payroll staff.  Sehingga kinerja payroll staff pun bisa lebih optimal. Yuk, segera jadwalkan demo Software Payroll bersama LinovHR!