inisiatif

Pentingnya Inisiatif dalam Bekerja Agar Karir Melejit

Sikap inisiatif yang Anda punya dapat menjadi benefit bagi Anda untuk posisi jabatan Anda selanjutnya ataupun melatih bagaimana pola pikir Anda.

Hal ini tentunya baik untuk meningkatkan soft skill atau hard skill, namun juga tidak sedikit orang yang tidak berani akan hal ini.

Sebenarnya seberapa pentingnya inisiatif dalam bekerja? Mari kita simak bersama!

 

Apa Arti Inisiatif?

Inisiatif adalah kemampuan untuk menjadi banyak akal dan bekerja tanpa selalu diberitahu apa yang harus dilakukan. Butuh kesungguhan dan keteguhan hati untuk menjadi orang yang memiliki inisiatif.

Orang yang menunjukkan inisiatif biasanya dapat berpikir sendiri dan mengambil tindakan bila diperlukan walaupun dalam keadaan mendesak. Hal itu terjadi secara natural menggunakan pikiran Anda. Inisiatif adalah keterampilan manajemen diri yang merupakan keterampilan untuk mencapai posisi jabatan yang tinggi.

Ketika Anda menggunakan inisiatif, Anda melakukan sesuatu tanpa diminta, memecahkan masalah yang mungkin tidak diperhatikan orang lain untuk dipecahkan, dan berusaha keras untuk terus belajar dan berkembang. Anda melakukan penelitian ekstra jika diperlukan, mengajukan pertanyaan, dan mencari bantuan jika perlu.

 

Baca Juga: Apa Saja Prospek Kerja Teknik Sipil? Inilah 7 Prospeknya! 

 

Mengapa Kemampuan Inisiatif Menjadi Penting?

Menggunakan inisiatif di tempat kerja bukan hanya cara untuk membantu anda menjadi lebih sukses, tetapi juga cara agar atasan Anda mengenali Anda sebagai aset utama. 

Menunjukkan inisiatif akan membantu Anda menonjol dari rekan kerja Anda yang lebih nyaman hanya menerima pesanan. Selain itu, kemampuan ini juga menjadi penting karena :

 

1. Meminimalisir Hambatan

Ketika Anda menggunakan inisiatif di tempat kerja, dapat mencegah timbulnya hambatan selama bekerja. Ketika Anda berpikir ke depan tentang masalah yang mungkin terjadi, Anda dapat mengatasi masalah tersebut sebelum menjadi hambatan.

Misalnya, Anda meninjau kode etik perusahaan yang kurang relevan

 

2. Sarana Perbaikan Masalah

Apakah Anda menggunakan inisiatif untuk menangkap masalah atau memikirkan cara untuk mengerjakan pekerjaan lebih baik? Inisiatif dalam tempat kerja penting karena menghasilkan peningkatan dalam produk atau layanan atau internal perusahaan pada perusahaan.

 

3. Membentuk Karakteristik dan Kepribadian

Meningkatkan kemampuan Anda untuk menunjukkan inisiatif di tempat kerja semudah melihat bagaimana Anda bekerja.

  • Apakah Anda memberikan saran dalam rapat?
  • Apakah Anda meminta tugas tambahan?

 

Pertanyaan-pertanyaan diatas menjadi salah satu contoh bahwa karakteristik yang memiliki kemampuan inisiatif tinggi. Karakter dan kepribadian yang kuat dapat mendukung karir ke arah yang lebih maju. 

 

Kerugian Jika Tidak Memiliki Kemampuan Inisiatif yang Tinggi

Untuk orang-orang yang tidak berani untuk memiliki inisiatif, Anda akan merasa rugi. Apa saja kerugian yang didapatkan?

 

  • Kemampuan tidak berkembang
  • Karir terancam stagnan 
  • Tugas yang diterima cenderung monoton
  • Rentan didera rasa bosan saat bekerja
  • Sulit memetakan karir

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Visi dan Misi? Ini Pembahasan Lengkapnya!

 

Tips Meningkatkan Kemampuan Inisiatif

Cukup rugi bukan jika Anda tidak menjadi individu yang inisiatif? Untuk itu, terdapat beberapa tips untuk mengasah kemampuan inisiatif yang dapat Anda terapkan dalam lingkungan kerja.

 

1. Berusaha Bekerja Secara Ekstra

Karyawan biasanya memiliki list tugas yang harus mereka lakukan sebagai bagian dari job description. Berusaha melakukan lebih dari tugas yang biasa Anda kerjakan akan menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda berdedikasi untuk kesuksesan perusahaan.

Anda juga akan menjadi contoh bagi orang lain dengan meningkatkan standar kinerja karyawan.

 

2. Membuat Career Plan

Mengetahui apa tujuan dan proyeksi karir Anda akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri yang dibutuhkan dalam bekerja.  

Setelah Anda menentukan tujuan jangka panjang Anda dan bagaimana mencapainya, nilailah di mana Anda melihat peluang dalam peran Anda untuk membangun keterampilan dan pencapaian yang diperlukan.  Maka Anda perlu proaktif dalam mencapai target tersebut selama menguntungkan kinerja dan lintasan karir serta tidak merugikan pihak tertentu.

 

3. Percaya Diri dalam Bekerja

Anda dapat menumbuhkan kepercayaan diri Anda dengan terus-menerus menetapkan dan mencapai tujuan-tujuan kecil. Kemudian Anda dapat mendorong diri sendiri untuk mengambil tindakan untuk mengejar pencapaian yang lebih besar di tempat kerja Anda.

Rekan kerja Anda terkadang tidak setuju dengan saran Anda, jadi menunjukkan kepercayaan pada alasan Anda dapat membantu Anda menjadi pemberi pengaruh dan pemimpin yang efektif sambil mendorong lingkungan kerja kolaboratif dan produktif.

 

4. Mengembangkan Mental dalam Teamwork

Meskipun tujuan akhir Anda harus melibatkan peningkatan prospek karir, Anda p memotivasi orang lain membutuhkan mentalitas dalam tim yang kuat. 

Melihat diri Anda sebagai anggota tim daripada sebagai individu akan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda dapat bekerja dengan baik tanpa perlu diminta terlebih dahulu. 

 

5. Meminta Masukan dari Atasan

Meminta feedback kepada manajer dan rekan kerja tentang pekerjaan Anda menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kinerja Anda dalam pekerjaan. 

Kritik yang membangun dapat sangat membantu Anda menemukan cara terbaik untuk mengambil inisiatif di tempat kerja. Menindaklanjuti feedback ini akan menunjukkan kepada atasan dan rekan kerja Anda bahwa Anda berdedikasi untuk perbaikan.

 

Dari ulasan di atas, bisa dikatakan bahwa inisiatif dalam bekerja dapat membantu perkembangan karir Anda. Maka dari itu, dibutuhkan antusiasme yang tinggi supaya Anda dapat meningkatkan inisiatif di lingkungan kerja. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu!

 

Referensi:

https://us.experteer.com/magazine/why-your-employees-arent-taking-initiative/