Prospek kerja teknik sipil

7 Prospek Kerja Teknik Sipil, Sangat Menggiurkan!

Biasanya laki-laki memiliki keinginan untuk bekerja di bidang teknik, namun tak memungkiri perempuan juga ingin menjadi seorang engineer. Namun apakah bila mengambil jurusan teknik sipil hanya dapat menjadi engineer?

Tentunya tidak. Ada banyak prospek kerja teknik sipil, mari simak ulasan di bawah satu-satu!

 

Mengenal Tentang Jurusan Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil merupakan jurusan terapan dari teknik yang fokus dalam bidang konstruksi, pembangunan, bahan material yang digunakan, bentuk bangunan, pemeliharaan bangunan dalam jangka pendek dan jangka panjang, dan lain sebagainya.

Jurusan teknik sipil memang diperuntukkan untuk seseorang yang memang minat dalam bidang infrastruktur dan konstruksi.

Dalam jurusan ini, terdapat dua penjurusan makro yaitu sipil basah dan sipil kering. Sipil basah fokus pada pembangunan irigasi, di atas laut, jembatan, atau apapun yang berkaitan dengan laut, sungai, ataupun rawa.

Sedangkan sipil kering fokus pada pembangunan di atas darat seperti jalan tol, jembatan layang, gedung, dan lain sebagainya.

 

Hal-Hal yang Dipelajari di Teknik Sipil

Untuk mengetahui lebih dalam tentang teknik sipil, ada baiknya Anda mengetahui apa saja hal-hal yang dipelajari dalam teknik sipil.

 

Manajemen Konstruksi

Manajemen konstruksi mempelajari rancangan penyusunan anggaran, perizinan bangunan, cara memonitor proyek, menyusun rencana proyek, hingga aspek legalitas dari proyek tersebut. Manajemen konstruksi menjadi landasan untuk Anda dalam menyusun perencanaan bangunan agar tidak terjalin masalah selama proyek berjalan.

 

Ilmu Lingkungan

Teknik sipil yang fokus pada pembangunan konstruksi pastinya akan bersentuhan langsung dengan lingkungan.

Anda akan mempelajari lingkungan mana yang cocok dengan karakteristik bangunan, apakah dengan adanya konstruksi seberapa besar pengaruhnya terhadap lingkungan sekitar, dan lain sebagainya. Sebelum membangun sebuah konstruksi, banyak faktor penunjang yang harus Anda pikirkan.

 

Geoteknik

Geoteknik adalah ilmu yang mempelajari tanah dan batuan. Tanah dan batuan sendiri merupakan material yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Hal ini sangat penting sebagai fondasi ilmu mengenai tanah dan bantuan, karena banyaknya jenis tanah dan batuan yang beragam agar Anda tidak salah memilih.

 

Hidrologi

Selain itu, hidrologi juga hal yang penting Anda pelajari sebagai bekal terkait air. Hidrologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan air seperti curah hujan, debit air, dan lainnya. Biasanya hal ini berguna jika ingin mendirikan bangunan diatas air atau berada di medan air seperti sipil basah.

 

Struktur Bangunan

Setelah mempelajari material dan cara penyusunan dari segi manajemen, penting sekali untuk mengetahui bagaimana struktur bangunan yang kokoh, tahan gempa, tahan angin, dan lain sebagainya.

Selain itu banyak juga bahan struktur bangunan seperti bambu, kayu, beton, ataupun baja. Fokus pada meminimalisir kerusakan bangunan maupun tingkat kekuatan dari suatu bangunan.

 

Desain Konstruksi

Jangan berpikir bahwa desain dari suatu bangunan hanya tugas dari anak arsitek. Teknik sipil juga penting untuk tahu bahkan handal dalam desain konstruksi walaupun menggunakan tools tambahan seperti Autocad. 

 

Baca Juga: Tugas dan Skill Wajib Seorang Civil Engineer

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Menjadi seorang engineer yang fokus pada teknik sipil akan selalu dibutuhkan tak lekang oleh waktu. Sehingga tak heran banyak peminat dari jurusan ini. Memangnya apa saja prospek kerja teknik sipil yang ditawarkan?

 

1. Engineer

Pastinya menjadi seorang engineer merupakan karir yang diimpikan oleh hampir semua lulusan teknik. Menjadi seorang lulusan teknik sipil banyak sekali ragam engineer yang dapat Anda coba.

 

  • Geotechnical engineer 
  • Fire engineer
  • Structural engineer
  • Transportation engineer
  • Rail system engineer
  • Water resource engineer
  • Construction engineer
  • Coastal engineer
  • Design engineer
  • Commissioning engineer
  • Site engineer
  • Highway engineer
  • Traffic engineer
  • Project engineer
  • Quality control engineer

 

2. Surveyor

Menjadi seorang surveyor merupakan pekerjaan yang sulit. Karena keberhasilan suatu bangunan, merupakan tanggung jawab seorang surveyor. Peran surveyor menjadi sangat penting sebagai informan antara manajer proyek dan client proyek.

 

3. Construction Consultant

Construction consultant sebagai pengawas sekaligus penilai biaya bangunan yang sedang dijalankan. Selain itu, Anda dituntut untuk mengerti bagaimana cara mendesain bangunan, menego kontrak, dan lain sebagainya. Secara sederhana, Anda bertugas sebagai pengatur proyek ini dari awal hingga akhir.

 

4. Project Manager

Diharapkan sebelum terjun, Anda memiliki latar belakang dalam mengatur sebuah proyek, baik proyek kecil ataupun proyek besar. Project manager bertanggung jawab sebagai pengawas tenaga kerja dan pemeliharaan konstruksi sebagai bentuk pertanggung jawaban atas proyek.

 

5. PNS

Jikalau kurang tertarik dalam profesi yang benar-benar ditujukan pada pemilik jurusan teknik sipil, menjadi seorang PNS juga menjadi profesi yang banyak dilirik. Sebagai seorang PNS merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Banyak kementerian yang membuka lowongan dari jurusan teknik sipil sebagai perbantuan dalam departemen teknologi atau hal lain yang berkaitan dengan ilmu yang telah Anda pelajari.

 

6. Pegawai BUMN

Selain itu, bekerja sebagai pegawai BUMN juga mencuri perhatian para jobseeker terutama pada perusahaan BUMN yang memang terjun dalam bidang teknik seperti Pertamina.

 

7. Dosen

Yang terakhir, jika memang tidak ingin bekerja dalam sektor formal, menjadi dosen juga dapat menjadi pilihan.

Sharing ilmu dengan calon mahasiswa sekaligus Anda juga mendapat ilmu baru dari mahasiswa. Selain itu, menjadi dosen bukan hanya mengajar, terkadang juga diberikan proyek internal kampus sebagai bentuk pengaplikasian ilmu yang diajar.

 

Fakta Menarik Seputar Prospek Kerja Teknik Sipil di Luar Negeri.

Ternyata lulusan teknik sipil juga memiliki prospek yang menarik di luar negeri. Di luar negeri, membutuhkan waktu kerja hingga 40 jam per minggu untuk mengarahkan proyek. Mungkin membutuhkan waktu lebih lagi jika terdapat beberapa kendala yang cukup berat.

Karena waktu yang dibutuhkan untuk bekerja lumayan menghabiskan waktu, gaji yang ddapatkan juga tidak main-main. Berdasarkan data yang dilansir dari bls.gov/ooh/architecture-and-engineering/civil-engineers, Upah tahunan rata-rata untuk insinyur sipil adalah $87.060 pada Mei 2019.

Upah rata-rata adalah upah di mana separuh pekerja dalam suatu pekerjaan memperoleh lebih dari jumlah itu dan separuhnya berpenghasilan lebih rendah. 10 persen terendah berpenghasilan kurang dari $55.380, dan 10 persen tertinggi berpenghasilan lebih dari $144.560..

 

Kesimpulan

Jurusan teknik sipil memang jurusan yang cukup menjanjikan terutama dalam jenjang karir yang menjanjikan dan diimingi gaji besar. Prospek kerja teknik sipil juga sangat luas dan dibutuhkan banyak perusahaan.  Walaupun jurusan ini terdengar sulit, jika Anda memiliki kegigihan dan minat dalam jurusan ini, pasti Anda dapat berhasil. Sekian hal yang dapat disampaikan sebagai pandangan Anda terkait jurusan teknik sipil prospek kerja!  Semoga dapat membantu!