Cara Membuat Jurnal Pembayaran Gaji Karyawan dengan Tepat

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Contoh Jurnal Pembayaran Gaji Karyawan
Isi Artikel

Dalam manajemen keuangan, pembayaran gaji karyawan merupakan salah satu aspek yang penting. Untuk memastikan keuangan perusahaan berjalan lancar, penting kiranya memiliki jurnal pembayaran gaji karyawan yang tepat. 

Catatan tersebut bisa membantu mencatat dan melacak semua transaksi pembayaran gaji yang dilakukan oleh perusahaan. 

Kali ini, LinovHR akan membahas langkah-langkah membuat jurnal pembayaran gaji karyawan yang tepat serta memberikan contohnya untuk memudahkan pemahaman Anda.

 

 

Apa Itu Jurnal Pembayaran Gaji Karyawan?

Jurnal pembayaran gaji karyawan adalah catatan akuntansi yang mencatat semua transaksi pembayaran gaji kepada karyawan.

Jurnal ini mencatat informasi terkait jumlah upah yang harus dibayarkan kepada karyawan, tanggal pembayaran, serta potongan dan iuran kontribusi perusahaan yang terkait dengan upah.

 

Dalam jurnal tersebut, terdapat tiga entri penting yang perlu dicatat:

  • Pembayaran gaji saat terutang/ dihitung
  • Saat terjadinya pembayaran
  • Pembayaran gaji disertai potongan dan iuran kontribusi perusahaan.

 

Dengan mencatat semua informasi ini, perusahaan dapat melacak dan mengelola pembayaran gaji dengan baik.

Jurnal ini juga membantu dalam penyusunan laporan keuangan yang akurat serta memastikan karyawan menerima gaji mereka sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Baca Juga: Apa Itu Bill of Material? Ini Penjelasannya

 

Cara Membuat Jurnal Pembayaran Gaji

Jurnal pembayaran gaji adalah catatan akuntansi yang mencatat setiap pembayaran gaji kepada karyawan dalam suatu perusahaan.

Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai langkah-langkah dalam membuatnya.

 

  1. Membuat Akun untuk Penggajian

Langkah pertama adalah membuat akun penggajian di dalam sistem akuntansi perusahaan. Akun ini akan digunakan untuk mencatat semua transaksi terkait pembayaran gaji karyawan.

Biasanya, akun ini akan memiliki kode dan nama yang spesifik untuk memudahkan identifikasi.

 

  1. Menghitung Pajak dan Potongan Lainnya

Setelah akun penggajian dibuat, langkah berikutnya adalah menghitung pajak dan potongan lainnya yang harus dikurangi dari total gaji karyawan.

Pajak bisa meliputi PPh 21 (Pajak Penghasilan Pasal 21) atau PPh 26 (Pajak Penghasilan Pasal 26). Sementara potongan lainnya mungkin termasuk iuran pensiun, iuran asuransi kesehatan, atau potongan pinjaman karyawan.

 

  1. Mengumpulkan Dokumen Terkait Penggajian

Sebelum mencatat entri jurnal, penting untuk mengumpulkan dokumen-dokumen terkait penggajian. Sebut saja daftar kehadiran karyawan, daftar gaji, atau laporan potongan-potongan yang diterapkan.

Dokumen-dokumen ini akan memberikan informasi yang diperlukan untuk mencatat entri jurnal dengan akurat.

 

  1. Mencatat Entri Jurnal untuk Pembayaran Gaji Karyawan

Setelah semua informasi dan dokumen terkumpul, langkah terakhir adalah mencatat entri catatan untuk pembayaran gaji karyawan. 

Entri jurnal akan mencatat debit pada akun pengeluaran gaji karyawan dan kredit pada akun kas atau rekening bank perusahaan. 

Jumlah debit dan kredit harus sesuai dengan jumlah gaji bersih yang dibayarkan kepada karyawan setelah dikurangi pajak dan potongan lainnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, perusahaan dapat membuat jurnal yang akurat dan terdokumentasi dengan baik untuk setiap periode pembayaran gaji kepada karyawan.

 

Baca Juga: Komponen Database Penggajian karyawan yang Perlu HR Tahu

 

Contoh Jurnal Pembayaran Gaji Karyawan

Berikut ini adalah beberapa contoh penulisan jurnal pembayaran gaji karyawan dalam beberapa entri.

 

  1. Jurnal Pembayaran Gaji Karyawan saat Terutang

Gaji kotor merupakan bagian dari pengeluaran, sedangkan sisa gaji dianggap sebagai kewajiban yang tercatat sebagai pendapatan.

 

Tanggal Akun Debit Kredit
8 Juni 2023 Gaji Kotor Rp10.000.000
Pajak Penghasilan Rp250.000
BPJS Kesehatan Rp100.000
BPJS Ketenagakerjaan Rp150.000
Gaji Bersih Rp9.500.000

 

  1. Jurnal saat Terjadi Pembayaran Gaji

Dalam proses pembayaran gaji, ini berarti bahwa Anda tidak lagi memiliki utang, sehingga kewajiban Anda berkurang. 

Selain itu, saldo kas atau aset Anda juga berkurang akibat pembayaran gaji tersebut. Oleh karena itu, catat gaji bersih sebagai entri debit dan kas sebagai entri kredit.

 

Tanggal Akun Debit Kredit
8 Juni 2023 Gaji Bersih Rp9.500.000
Kas Rp9.500.000

 

  1. Pembayaran Gaji yang Disertai Potongan dan Iuran

Dalam entri terakhir ini, Anda perlu mencatat potongan dan iuran kontribusi perusahaan yang umumnya terkait dengan UU HPP atau peraturan perpajakan dan program ketenagakerjaan pemerintah. 

Semua potongan dan iuran tersebut akan dicatat sebagai entri debit, sementara entri kredit akan mencatat kas.

 

Tanggal Akun Debit Kredit
8 Juni 2023 BPJS Kesehatan Rp100.000
BPJS Ketenagakerjaan Rp150.000
Kas Rp250.000

 

Software Payroll LinovHR Bantu Penjurnalan Gaji Lebih Efektif

 

payroll

 

Seperti yang sudah Anda ketahui, pembuatan jurnal pembayaran gaji karyawan penting dilakukan untuk memastikan proses transaksi keuangan kepada karyawan berjalan dengan baik.

Namun terkadang, diperlukan waktu dalam memahami sistem akuntansi penggajian untuk karyawan. Apalagi bagi pemilik bisnis yang tidak memiliki latar belakang akuntansi.

Kehadiran software payroll bisa membantu menyederhanakan proses penjurnalan tersebut. Software ini bisa dimanfaatkan untuk membuat entri jurnal keuangan, salah satunya Software Payroll LinovHR.

 

Dengan menggunakan Software Payroll LinovHR, perusahaan dapat melakukan proses pembuatan jurnal gaji secara efektif sesuai dengan kebutuhan mereka.

Anda dapat memanfaatkan fitur Payroll Summary, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunduh report penggajian sesuai dengan periode yang dibutuhkan.

Software Payroll LinovHR juga dapat terintegrasi dengan aplikasi atau sistem akuntansi yang dimiliki perusahaan. Dengan adanya integrasi ini, proses pembuatan jurnal gaji menjadi lebih mudah dan efisien.

Integrasi ini memungkinkan, data gaji yang dihasilkan oleh Software Payroll LinovHR dapat secara otomatis diimpor ke dalam format yang kompatibel dengan aplikasi akuntansi yang digunakan oleh perusahaan. 

Hal itu tentu bisa mengurangi kesalahan manual dalam memasukkan data gaji ke dalam jurnal akuntansi.

 

Jadi, gunakan Software Payroll LinovHR sekarang dan nikmati kemudahan dalam pembuatan jurnal pembayaran gaji karyawan Anda. Ajukan demonya secara gratis sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter