jurusan hubungan internasional kerja apa

Jurusan Hubungan Internasional Kerja Apa? Berikut 10 Prospek Kerja Hubungan Internasional!

Jurusan hubungan internasional kerja apa? Mungkin pertanyaan ini sering terpintas bagi Anda yang baru saja atau akan lulus dari jurusan hubungan internasional. Banyak orang yang mengira bahwa lulusan dari  jurusan yang satu ini hanya bisa menjadi seorang diplomat. Apakah benar demikian? 

Sebenarnya, prospek kerja jurusan hubungan internasional cukup sangat luas, lho!

Penasaran apa saja? Inilah beberapa prospek kerja lulusan hubungan internasional untuk menjadi panduan bagi Anda mencari karir idaman! 

 

Staff Perbankan Internasional

Prospek kerja yang pertama yang bisa dilakukan oleh jurusan hubungan internasional yaitu menjadi staff perbankan internasional.

Terdapat beberapa posisi di bank internasional yang bisa Anda geluti, seperti pemodal atau penasihat keuangan dari perusahaan, konsultan keuangan bagi klien (pemerintah atau perusahaan), maupun sebagai bankir internasional.

Posisi-posisi di atas merupakan pekerjaan dengan level tinggi yang bisa digeluti oleh orang-orang dengan jurusan hubungan internasional.

Selain itu, mengambil jurusan ini akan membuka peluang Anda untuk bekerja di perusahaan global, seperti bank dunia (world bank) dan dana moneter internasional (international monetary fund)

 

Jurnalis atau Wartawan

Kuliah hubungan internasional jadi apa? Jika Anda sering berkesipung di media kampus, maka profesi jurnalis atau wartawan bisa dicoba.  Menjadi seorang jurnalis seringkali dituntut untuk selalu berpikir secara kritis dan realistis.

Jurnalis yang baik harus bisa melihat suatu kejadian atau peristiwa dari sudut pandang yang menarik dan bisa berguna bagi banyak orang. Hal tersebut tentu saja sangat cocok dengan orang-orang lulusan hubungan internasional.

Dalam jurusan hubungan internasional, Anda akan diajarkan untuk selalu berpikir secara kritis, aktual, dan juga update dengan segala peristiwa yang terjadi di sekitar, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Nantinya tulisan yang Anda buat harus didasari dari aspek-aspek di atas, sehingga akan menciptakan berita yang berkualitas dan juga akurat.

 

Baca Juga: Berapa Besaran Gaji Reporter Serta Tugasnya di Indonesia? 

 

Duta Besar

Duta besar memiliki tanggung jawab yang besar, karena duta besar akan mewakilkan suatu negara di negara tujuan yang memiliki hubungan diplomatik. Duta besar digadang-gadang menjadi pekerjaan yang paling bergengsi bagi lulusan hubungan internasional.

Tugas utamanya yaitu menjadi penghubung antara negara yang diwakilkan dengan negara tujuan.

Selain sebagai wakil negara, tugas lain yang dimiliki oleh seorang duta besar yaitu menjaga perdamaian dunia, memberikan perlindungan bagi warga negara asal yang sedang berada di negara tujuan, dan menjaga hubungan ekonomi (bisnis antar negara).

 

Government Relations Officer

Tugas seorang GRO yaitu sebagai penghubung antara pemerintah dengan perusahaan asing tempat seorang GRO itu ditempatkan.

Sesuai dengan namanya, seorang GRO nantinya akan mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah terkait bisnis yang dijalankan oleh perusahaan asing tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda akan ditempatkan di negara asal dari perusahaan asing tersebut.

Poin penting dari tugas GRO yaitu membuat hubungan antara perusahaan asing dengan pemerintah menjadi baik, dan saling menguntungkan satu sama lain, melalui kebijakan pemerintah dan juga lobi-lobi yang seorang GRO lakukan.

 

International Officer

Profesi satu ini akan membuat Anda untuk berpotensi bekerja di PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk bekerja di Kementerian Luar Negeri (kemlu), Konsulat, Kedutaan Besar (kedubes), atau International Non Government Organization (INGO)

Tugas utama bagi seorang international officer yaitu menyelesaikan segala persoalan atau permasalahan internasional yang terjadi pada instansi yang Anda tempati.

 

Risk Analyst

Ternyata seorang lulusan hubungan internasional bisa juga menjadi seorang risk analyst. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kemampuan seorang lulusan hubungan internasional dalam berpikir kritis dan menganalisa suatu keadaan.

Tugas sebagai risk analyst sangat mengandalkan hal-hal tersebut.

Anda akan bertugas untuk melakukan penelitian atau riset, pelaporan, dan juga melakukan analisis dari data dan juga informasi yang didapat mengenai potensi gangguan atau resiko yang mengintai aset, tujuan, keberlangsungan, serta keuntungan perusahaan, baik dari sektor publik, komersil, ataupun industri.

 

Konsultan Penelitian

Konsultan Penelitian
Konsultan Penelitian

Tugas utama seorang konsultan penelitian yaitu melakukan studi dan juga penelitian. Hasil dari penelitian tersebut nantinya akan ditampilkan secara kualitatif dan kuantitatif.

Setelah itu, hasil penelitian akan dijadikan pertimbangan sesuai dengan keterampilan yang mereka miliki

Menjadi seorang konsultan penelitian membutuhkan kemampuan dalam menganalisis yang baik, serta kemampuan dalam pemecahan masalah atau problem solving.

 

Politisi

Bila ada yang bertanya jurusan hubungan internasional kerja apa, salah satu profesi yang bisa Anda geluti adalah menjadi seorang politisi. Politisi memiliki peran penting dalam suatu negara, karena segala bentuk kebijakan dan juga pemikiran yang mereka tuangkan bisa mempengaruhi kemajuan dari suatu negara.

Maka dari itu, seorang politisi harus memiliki pemikiran yang kritis, aktual, dan juga bijak dalam membuat suatu keputusan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, seorang lulusan hubungan internasional terbiasa dengan pemikiran yang kritis, aktual, dan memiliki wawasan luas seputar kejadian dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga profesi sebagai politisi bisa menjadi pilihan yang cocok, terutama bagi orang yang gemar dalam berpolitik

 

Staff Kedutaan

Untuk Anda yang tertarik untuk bekerja dalam pemerintahaan, staff kedutaan bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Terdapat beberapa jenis staff kedutaan yang bisa Anda coba dalam memulai karir, seperti staff ekonomi, staff politik, maupun staff konsulat. Setiap jenis staff memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda, sesuai dengan sektor mana staff tersebut berorientasi.

Sebagai contoh, staff ekonomi memiliki tugas untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang menyangkut ekonomi dari negara yang bersangkutan.

Ada juga staff politik yang bertugas untuk melaporkan keadaan politik dari negara tujuan ke negara asalnya. Lalu staff konsulat bertugas mengurus hal-hal yang menyangkut dokumen kenegaraan, seperti visa.

 

Baca Juga: Baru Mulai Kuliah? Simak Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis!

 

Dosen atau Pengajar

Prospek kerja lulusan hubungan internasional yang bisa Anda geluti terakhir yaitu menjadi seorang dosen di perguruan tinggi.

Sebagai dosen, Anda bisa membagikan ilmu-ilmu yang Anda miliki kepada generasi-generasi baru. Dengan begitu, para generasi baru yang akan berkecimpung pada dunia hubungan internasional menjadi lebih siap dalam menyambut masa depannya.

Mereka akan lebih siap dalam mengembangkan potensi dan juga kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja pada industri yang berhubungan dengan hubungan internasional, baik dalam pemerintahan maupun perusahaan atau organisasi tertentu.

 

Kini Anda tak lagi bingung apabila ditanya “ jurusan hubungan internasional kerja apa”, bukan?  Uraian mengenai prospek kerja jurusan hubungan internasional bisa Anda jadikan referensi agar lebih siap lagi dalam membangun karir dalam industri.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa menjawab pertanyaan seputar kuliah hubungan internasional akan menjadi apa nantinya!