cek nomor bpjs kesehatan

Lupa Nomor BPJS Kesehatan? Inilah Panduan Cek Nomor BPJS Kesehatan!

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik BPJS Kesehatan yaitu nomor yang tertera pada BPJS masing-masing orang.

Fungsi dari nomor tersebut yaitu untuk pembayaran iuran setiap bulan beserta cek tagihannya. Namun, kebanyakan orang lupa nomor BPJS Kesehatan miliknya, sehingga akan menyulitkan mereka ketika hendak mengurus BPJS yang mereka miliki.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih detail mengenai cara cek nomor BPJS Kesehatan yang bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

 

1. Cek Nomor Menggunakan Aplikasi JKN

Pertama, Anda bisa mengecek nomor BPJS melalui aplikasi JKN dengan mengunduhnya di playstore maupun App Store.

Untuk langkah-langkah pengecekannya sangat sederhana, yaitu Anda hanya perlu masuk menggunakan akun yang terdaftar di BPJS. Setelah itu klik pada menu bagian “peserta”. Nantinya pada menu tersebut Anda sudah bisa melihat nomor BPJS Kesehatan dan juga informasi lain terkait kepesertaan dalam BPJS Kesehatan.

 

2. Cek Nomor Menggunakan SMS Gateway

Cara selanjutnya Anda dapat melakukan pengecekkan melalui SMS. Nomor seluler yang bisa Anda hubungi yaitu 087775500400.

Caranya juga cukup mudah, hanya mengirimkan SMS bersamaan dengan data diri, lalu ketik format NIK<spasi>Nomor Induk Kependudukan dan mengirimkan sms tersebut ke nomor yang sudah di sebutkan di atas.

Selain menggunakan NIK, Anda juga bisa melakukan pengecekkan melalui Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA) atau Nomor Induk Pegawai (NIP). Anda hanya perlu mengetik HELP dan mengirimkan pada nomor yang sama, untuk mengetahui format penulisan pesan untuk metode NOKA dan NIP.

 

3. Cek Nomor Menggunakan Media Sosial

Zaman sudah semakin canggih, Anda pun bisa mengecek nomor BPJS melalui media sosial. Untuk Anda yang masih aktif dalam menggunakan sosial media, terutama twitter, metode satu ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui nomor dari BPJS yang Anda miliki.

Caranya cukup mudah yakni dengan masuk ke halaman twitter resmi dari BPJS Kesehatan dengan nama akun @BPJSKesehatanRI. Setelah itu Anda hanya perlu mengontak admin dari BPJS RI melalui fitur direct message (DM).

Selanjutnya, Admin akan membalas pesan Anda dengan meminta data pendukung seperti, nama lengkap, tanggal lahir, dan juga nomor induk kependudukan (NIK). Setelah melakukan serangkaian proses di atas, nantinya admin akan memberitahu Anda nomor dari BPJS yang sudah terdaftar secara resmi, melalui direct message.

 

4. Cek Nomor Menggunakan Whatsapp atau Telegram

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chat yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Jika Anda lupa dengan nomor BPJS Kesehatan, Anda bisa meminta bantuan melalui whatsapp lho.

Cek nomor BPJS Kesehatan tidak hanya bisa dilakukan di Whatsapp saja, tetapi melalui Telegram juga bisa. Anda bisa menghubungi nomor 08118750400 untuk mengajukan permohonan via whatsapp, sedangkan untuk via telegram, Anda bisa menghubungi melalui Telegram BPJS Kesehatan.

Perlu diingat bahwa terdapat jam operasional yang harus diketahui sebelum menghubungi kontak whatsapp di atas. Layanan whatsapp BPJS Kesehatan hanya beroperasi pada jam 08.00 – 15.00 waktu setempat, setiap hari kerja (senin-jumat). Jika Anda melakukan kontak diluar waktu dan hari yang ditentukan, maka Anda tidak akan mendapatkan jawaban dari admin yang bertugas.

Selain melakukan pengecekkan nomor, Anda juga bisa mendapatkan pelayanan lain seperti, melakukan pendaftaran baru, perbaikan data yang ganda, menonaktifkan peserta yang telah meninggal dunia, melakukan reaktivasi kartu, mengubah jenis kepesertaan, dan layanan-layanan lainnya.

 

Baca juga: Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

 

5. Cek Nomor via Call Center

Salah satu metode yang paling umum yaitu dengan menghubungi call center dari BPJS Kesehatan di nomor 1500400 yang beroperasi selama 24 jam.

Namun, melakukan pengecekkan nomor melalui call center memerlukan pulsa untuk menghubunginya. Caranya sangat mudah yaitu Anda hanya perlu menghubungi nomor di atas, petugas nantinya akan meminta data-data pendukung seperti, NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir Anda.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, petugas nantinya akan memberikan nomor BPJS Kesehatan yang Anda miliki. Selain melakukan cek nomor, call center berfungsi juga sebagai tempat untuk mengadukan keluhan Anda mengenai BPJS ataupun layanan yang diberikan.

 

6. Cek Nomor Melalui Kantor Cabang Terdekat

Langkah selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

Persyaratannya cukup mudah, Anda hanya perlu membawa KTP dan juga Kartu Keluarga. Setelah sampai, ikuti prosedur yang sudah diinstruksikan oleh petugas. Anda akan dimintai NIK dari KTP dan juga dokumen pelengkap seperti fotokopi KK atau KTP.

Setelah segala persyaratan yang diminta selesai, petugas akan memberikan nomor BPJS yang terdaftar kepada Anda.

 

7. Cek Nomor Melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan pengecekkan nomor dengan mengunjungi situs resmi BPJS di bpjs-kesehatan.go.id.

Setelah situs terbuka, pilih menu cek iuran BPJS Kesehatan. Lalu masukkan NIK yang ada di KTP Anda.

Setelah selesai, sistem di dalam web akan menampilkan informasi yang Anda butuhkan seperti, data diri, nomor BPJS Kesehatan, dan juga total iuran yang harus dibayarkan.

 

Baca juga: Cara Memindahkan BPJS Kesehatan dari Perusahaan ke Mandiri dengan Mudah

 

Sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana cara cek nomor BPJS Kesehatan jika sewaktu-waktu Anda lupa. Anda juga bisa mengeceknya baik secara online maupun offline.

Sering kali orang lupa dengan nomor BPJS Kesehatan yang mereka miliki, dan merasakan kesulitan ketika hendak mengurus administrasi dari BPJS yang mereka miliki. Oleh karena itu penting untuk selalu mengingat atau bahkan mencatat nomor BPJS yang Anda miliki.

Apabila Anda terlanjur lupa, 7 cara di atas bisa membantu Anda untuk mendapatkan kembali nomor BPJS Anda yang hilang, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi untuk kehilangan nomor BPJS yang Anda punya.

Semoga bermanfaat!