4 Keunggulan Aplikasi Absensi Barcode Gratis yang Belum Anda Tahu

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Aplikasi Absensi Barcode Gratis
Isi Artikel

Aplikasi absensi barcode gratis belakangan ini banyak menjadi pilihan perusahaan untuk proses pencatatan kehadiran karyawan. Penggunaan yang dianggap simpel membuat banyak perusahaan menggunakannya.

Selain simpel, sistem absensi ini ternyata memiliki beberapa keunggulan yang perlu Anda pertimbangkan. Apa saja keunggulan tersebut? Cari tahu selengkapnya di LinovHR!

 

Manfaat Teknologi Barcode dalam Bisnis

Barcode adalah gambar yang memuat garis-garis vertikal berwarna hitam, spasi putih, dan angka yang mewakili simbol atau informasi tertentu.

Ada dua jenis barcode, yaitu:

  1. barcode 1D
  2. barcode 2D.

 

Barcode 1D berbentuk persegi panjang dan biasanya digunakan pada buku atau packaging produk. Isi dari barcode ini umumnya adalah informasi tentang suatu produk.

Sementara itu, barcode 2D berbentuk persegi dan biasa disebut QR code.

Barcode sering digunakan dalam bisnis karena memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat teknologi barcode dalam bisnis:

 

Melihat Informasi Produk

Pada bisnis retail, barcode digunakan untuk manajemen produk. Barcode umumnya diletakkan pada packaging produk untuk mengetahui informasi terkait produk, misalnya nama produk, tanggal produksi, dan tanggal kadaluarsa.

Selain itu, barcode di bisnis retail juga bermanfaat untuk mengetahui waktu dan jumlah produk yang diterima pihak retail, jumlah produk yang diletakkan di gudang atau display, hingga jumlah produk yang terjual. 

 

Melacak Produk

Produk akan berpindah dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Mulai dari produsen, distributor, hingga konsumen, produk tidak pernah diam di satu tempat saja.

Karena itulah, barcode digunakan agar produk dapat dilacak dengan mudah. Barcode bisa melacak kapan dan di mana produk dibuat serta siapa yang membuatnya. Selain itu, barcode juga memudahkan pencarian produk ketika disimpan dalam gudang. 

 

Transaksi Penjualan

Barcode berbentuk QR code sudah sangat lazim ditemui di pusat perbelanjaan. Barcode ini digunakan dalam transaksi penjualan digital.

Ketika memindai barcode, konsumen akan diarahkan ke halaman pembayaran digital berupa mobile banking atau dompet digital. Penggunaan barcode ini akan memudahkan transaksi sehingga menjadi lebih cepat dan praktis.

 

Absensi Karyawan

Terakhir, barcode juga digunakan dalam aplikasi absensi karyawan. Pencatatan absensi karyawan tentu saja merupakan hal penting dalam bisnis, karena karyawan adalah aset perusahaan yang berharga.

Cara kerja absensi karyawan menggunakan barcode ada dua. Ada yang menggunakan barcode pada id card atau aplikasi di smartphone karyawan lalu dipindai menggunakan mesin di kantor. 

Ada pula yang barcode-nya disimpan di kantor kemudian karyawan memindainya menggunakan aplikasi absensi di smartphone masing-masing.

 

mobile ess

Selain menggunakan absensi barcode, saat ini mencatatkan kehadiran karyawan juga dapat lebih dengan mudah bersama Aplikasi Absensi LinovHR.

Aplikasi Absensi dari LinovHR memiliki banyak fitur tercanggih untuk mengelola kehadiran karyawan.

Tidak hanya absensi saja, terdapat berbagai fitur dari LinovHR yang dapat memudahkan pengelolaan karyawan. Simak berbagai fitur terlengkapnya disini > LinovHR.com/Feature/

 

Keunggulan Aplikasi Absensi Barcode Gratis

Aplikasi absensi barcode gratis menawarkan beberapa keunggulan bagi penggunanya.

Berikut ini beberapa keunggulannya.

 

1. Mudah dan Praktis Digunakan

Absensi menggunakan barcode lebih mudah dan praktis digunakan daripada absensi manual. Dibandingkan dengan menggunakan kartu ceklok yang membutuhkan waktu, absensi barcode bisa dilakukan lebih cepat.

Bukan hanya proses absensinya yang mudah, tetapi juga proses rekapitulasi dan analisis data absensi untuk kebutuhan penilaian dan payroll karyawan. Ini karena absensi barcode bisa menyimpan data dengan rapi dalam sistem, sehingga HR tidak perlu mengumpulkan data secara manual lagi.

 

2. Pencatatan Kehadiran Lebih Akurat

Kehadiran karyawan yang dicatat menggunakan absensi barcode juga lebih akurat daripada absensi manual. Mengapa demikian?

Ini karena absensi barcode bisa mencatat kehadiran karyawan secara real-time. Artinya, data kehadiran akan langsung masuk dan tercatat dalam sistem. 

 

3. Contactless

Tidak seperti mesin absensi fingerprint, di mana antar penggunanya akan melakukan kontak langsung dengan mesin untuk melakukan pencatatan kehadiran. Tentu dalam keadaan pandemi dan pacapandemi seperti saat ini, kita jadi sedikit berhati-hati untuk melakukan kontak langsung. 

Penggunaan aplikasi absensi barcode bersifat contactless. Artinya, untuk melakukan absensi Anda tidak perlu melakukan kontak dengan mesin, cukup melakukan scan pada kode saja.

 

4. Dapat Digunakan untuk Akses Lainnya

Tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan pencatatan kehadiran, QR Code tersebut juga bisa Anda gunakan untuk sistem access door. Walau mungkin Anda akan membutuhkan alat lainnya untuk menerapkan sistem akses pintu ini.

 

Baca Juga: Cari Tahu Apa Saja Kekurangan Absen Menggunakan Barcode

 

Saatnya Beralih Pakai Aplikasi Absensi Online LinovHR

 

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi Online LinovHR

 

Aplikasi absen barcode gratis memang bisa menjadi andalan Anda yang mungkin ingin beralih menggunakan absen digital. Penggunaannya yang mudah dan biaya yang tidak mahal tentu membuat absen satu ini menjanjikan.

Tapi sayangnya, jika perusahaan Anda menerapkan kerja hybrid (Hybrid Working) , sistem absensi ini tidak bisa digunakan. Sehingga pada akhirnya penggunaan absen tidak efektif dan Anda tetap harus kembali menggunakan cara manual untuk absen.

Karena itulah, sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi absen digital, Anda perlu mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut bisa menjawab kebutuhan perusahaan Anda atau tidak. 

Anda bisa beralih ke aplikasi absensi LinovHR yang jauh lebih praktis, fleksibel, dan tentunya anti kecurangan.

Aplikasi Absensi LinovHR bersifat praktis dan fleksibel karena bisa digunakan di mana saja, tanpa terikat lokasi kantor. Karyawan bisa memasukkan kehadirannya sendiri karena aplikasi ini mendukung ESS atau Employee Self Service.

Selain itu, aplikasi ini juga anti curang karena memiliki fitur geotagging. Karyawan harus memasukkan lokasinya ketika mencatat kehadiran. Dengan demikian, perusahaan bisa tahu di mana karyawan bekerja.

Bukan cuma itu, aplikasi ini juga bisa mengenali smartphone yang menggunakan fake GPS, jailbreak, dan root. Sehingga, karyawan tidak bisa memalsukan lokasi kerja.

 

Yuk, ganti aplikasi absensi barcode gratis Anda menjadi Aplikasi Absensi LinovHR!

Terdapat beberapa promo menarik bagi pengguna baru!

 

 

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter