hr online

6 Fungsi Sistem HR Online di Ruang Lingkup Perusahaan

Dinamika perkembangan dunia HR makin pesat. Kini, pengelolaan dan kinerja HR pun mengalami banyak perubahan. Kini, sistem HR online mulai dipilih banyak perusahaan untuk mengelola dan mengatur Sumber Daya Manusia (SDM). HR online dipilih karena dapat memudahkan kinerja HR dengan cepat, tepat, dan akurat. Saat kinerja HR berjalan lebih lancar, tim HR memiliki waktu lebih untuk fokus kepada hal lain yang jauh lebih penting dan memiliki tingkat urgensi tinggi. 

 

Fungsi Sistem HR Online

Dalam sebuah perusahaan, sistem HR online berguna untuk memudahkan kinerja HR dengan beberapa fungsi spesifik. Semua fungsi tersebut berjalan secara otomatis dan terintegrasi dalam satu pusat cloud based system. Dengan demikian, tak ada lagi proses input manual untuk menjalankan salah satu fungsi karena semua sistem berjalan otomatis, terintegrasi, dan online.  Apa saja fungsi yang ada dalam sistem tersebut? 

 

Analisis pekerjaan

Analisis pekerjaan adalah proses mendeskripsikan operasi, tugas dan tanggung jawab sebuah posisi. HR harus terlebih dahulu menentukan standar personil yang dapat dibandingkan dengan kandidat yang berminat. Standar ini harus menetapkan kualitas yang dapat diterima yang diperlukan perusahaan untuk memenuhi kinerja keseluruhan.

 

Baca Juga: Fungsi Analisa Beban Kerja Untuk Perusahaan

 

Rekrutmen dan Seleksi 

Keberhasilan perusahaan tergantung pada karyawan toko yang dipilih dari sejumlah kandidat untuk pekerjaan itu. Rekrutmen adalah langkah pertama dalam proses rekrutmen, yang bertujuan untuk mendapatkan dan mempertahankan karyawan sebagai cara untuk mencapai target perusahaan. 

 

Pelatihan dan Pengembangan

Setelah memilih kandidat yang paling sesuai dan memenuhi syarat dalam perusahaan, langkah HR dibantu sistem HR online selanjutnya adalah mengatur pelatihan mereka. Semua jenis pekerjaan memerlukan beberapa jenis pelatihan agar kinerjanya efisien dan terampil. Oleh karena itu, semua karyawan baik karyawan baru dan lama harus melalui pelatihan dari waktu ke waktu.

 

Manajemen Kinerja

Setelah rekrutmen dan pelatihan, fungsi selanjutnya adalah mengevaluasi kinerja setiap karyawan dengan faktor-faktor seperti target yang dicapai. Manajemen kinerja melalui tim HR dan sistem HR online akan mengevaluasi dan mengetahui seberapa efektifnya dalam mempekerjakan dan menempatkan karyawan. 

 

Baca Juga: Fungsi Manajemen Kinerja Pada Perusahaan

 

Payroll dan Benefit

Payroll adalah sebuah proses dalam pengelolaan SDM yang berhubungan dengan penggajian karyawan. Begitu pula dengan benefit, yang merujuk kepada manfaat disamping gaji yang diterima karyawan. Kedua hal tersebut sama pentingnya bagi karyawan untuk menjaga kesejahteraan hidup, menjaga produktivitas karyawan yang lebih besar dan membangun citra publik yang memuaskan. 

 

Hubungan Kerja

Di zaman modern, perusahaan dilakukan dalam skala besar Manajer HRD pada dasarnya bertanggung jawab atas pengendalian tenaga kerja melalui pendekatan yang manusiawi. Bagaimanapun juga, karyawan adalah manusia.  Wajar jika ada kesenjangan komunikasi dan hubungan kerja yang dapat rusak di dalam organisasi. Oleh karena itu, departemen HR harus mengetahui kebijakan, aturan dan regulasi yang tepat terkait dengan hubungan kerja.  Hal tersebut bisa terwujud dengan proses approval dan pengajuan dari karyawan yang mudah dan tak berbelit dari sistem HR online. 

 

performance review

LinovHR sebagai vendor sistem HR online terbaik telah berpengalaman menangani berbagai macam client sangat memahami hal ini. Cloud based server dengan sistem keamanan berlapis menjamin data yang tersimpan dalam software HRD terjamin aman dari tangan tak bertanggung jawab. Di samping itu, LinovHR menjamin bahwa data pribadi karyawan digunakan untuk kepentingan pengelolaan karyawan perusahaan client semata dan tidak untuk kepentingan lain di luar itu perusahaan client.  

Di samping itu, sistem HR online dari LinovHR juga menawarkan sebuah tampilan yang mudah dipahami untuk praktisi non IT sekalipun. Proses yang melibatkan persetujuan atau approval seperti pengajuan cuti, lembur, reimburse, dan lain-lain dapat masuk secara real time saat itu juga serta ditindaklanjuti oleh manajer HR. Oleh karena itu, HR online juga akan membantu meningkatkan kepuasan dan produktivitas kinerja karyawan. Jadi, proses keseluruhan kinerja dapat berjalan lebih harmonis dan tersistem tanpa mengabaikan aspek karyawan itu sendiri. Ingin merasakan hal serupa? Hubungi LinovHR dan coba gratis sistem HR online dari LinovHR melalui tautan berikut ini linovhr.com/trial

Tim layanan LinovHR akan dengan sigap mendengar kebutuhan perusahaan Anda.