konsultan manajemen sdm

4 Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia atau SDM di suatu perusahaan merupakan pekerjaan yang sangat esensial. Baik itu perusahaan yang baru dalam skala kecil maupun besar, pastinya membutuhkan manajemen SDM yang baik dan teratur.

Namun, tidak bisa dipungkiri jika satu fungsi dengan fungsi lainnya tidak bersinergi dengan baik akan menjadi masalah dalam manajemen SDM.

Seperti gegabah dalam merekrut karyawan baru, masalah penggajian dan pemberian pesangon, dan hal-hal lain.

Oleh karena itu, saat ini banyak jasa konsultan manajemen SDM yang digunakan oleh perusahaan untuk membantu mengelola sumber daya manusia.

Penting untuk mengetahui apa saja keuntungan bila menggunakan jasa dari konsultan manajemen SDM agar perusahaan menjadi lebih siap dalam mengatur sumber daya manusia.

Simak pembahasan LinovHR tentang keuntungan menggunakan jasa konsultan sdm di bawah ini.

 

Baca juga: 8 Tanda Perusahaan Butuh Sistem Informasi Manajemen SDM

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan Manajemen SDM

Salah satu hal yang membuat perusahaan sukses adalah kualitas sumber daya manusianya yang memiliki potensi dan kinerja terbaik.

Sebab itu perusahaan harus mengelola sumber daya manusia dengan baik agar tercapai tujuan dan cita-cita perusahaan.

Tetapi tidak semua perusahaan dapat mengelola SDM secara mandiri, melainkan membutuhkan jasa konsultan manajemen SDM dari pihak eksternal.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan jasa konsultan manajemen sumber daya manusia.

 

1. Meningkatkan Efisiensi Rekrutmen

Seperti yang kita tahu bahwa seorang konsultan dapat membantu perusahaan mengelola kualitas SDM untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Hal ini biasanya diperlukan ketika suatu perusahaan sudah besar sehingga terlalu sibuk dengan perihal teknis dibandingkan mengelola SDM internalnya.

Dengan menggunakan jasa konsultan, Anda akan mendapatkan pelayanan untuk melakukan rekrutmen karyawan secara efisien. Hal ini tentunya membantu perusahaan mendapatkan pegawai baru yang memiliki kompetensi yang optimal.

 

2. Mengambil Keputusan Lebih Baik

Keputusan yang tepat dan akurat tentunya merupakan keuntungan bila perusahaan menggunakan jasa konsultan manajemen sumber daya manusia.

Konsultan dapat memberikan saran keputusan guna membuat pengelolaan sumber daya manusia bisa lebih terorganisir secara strategis demi memajukan suatu perusahaan. Hal tersebut tentunya dapat membantu manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan bagi SDM perusahaan.

 

3. Menjadi Bahan Evaluasi

Sudah sepatutnya bahwa pihak internal perusahaan yang paling paham mengenai kondisi sumber daya manusianya.

Namun, untuk meningkatkan pencapaian target yang dimiliki, tidak menutup kemungkinan bila jasa konsultan manajemen SDM memberikan bahan evaluasi kepada perusahaan.

Selain itu, konsultan biasanya memiliki metode evaluasi yang lebih bervariasi. Hal ini membawa pada hasil penilaian yang lebih objektif dan terukur karena mereka sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak.

 

4. Mengelola SDM Secara Menyeluruh

Tidak hanya membantu dalam proses rekrutmen, konsultan SDM juga dapat mengelola segala sumber daya manusia secara menyeluruh dan mendalam.

Konsultan manajemen SDM akan memberikan masukan-masukannya kepada pihak internal perusahaan terkait langkah apa saja yang seharusnya diambil ke depannya.

 

Baca juga: Mengenal Human Resource Software Dalam Manajemen SDM

 

HRIS LinovHR untuk Membantu Menyukseskan Manajemen SDM

Mengelola manajemen sumber daya manusia dalam suatu perusahaan memang hal yang rumit. Apalagi, pegawai yang terdapat di perusahaan Anda tergolong cukup banyak. Oleh karena itu, Software HRIS Indonesia LinovHR hadir untuk Anda dalam mengatasi persoalan tersebut.

LinovHR merupakan Software HR Terbaik yang dapat digunakan untuk membantu mengelola SDM dengan menyesuaikan kebutuhan manajemen perusahaan.

Software HRD LinovHR dilengkapi dengan 12 modul dan berbagai fitur untuk memudahkan pengelolaan HR dan payroll perusahaan.

Data yang dihasilkan pun akurat sehingga Anda dapat dengan mudah untuk terus fokus mengambil langkah-langkah strategis.

Beberapa modul yang dimiliki LinovHR di antaranya adalah:

 

1. Organization Management

Modul yang satu ini dapat digunakan untuk mengelola informasi organisasi induk maupun cabang secara detail dengan berbagai komponen lainnya. Anda dapat mengelola informasi perusahaan seperti identitas perusahaan, hierarki organisasi, lokasi perusahaan, dan lain-lain.

 

2. Personnel Administration

Personal Details
Modul Personal Administration

 

Dengan menggunakan modul ini akan dapat memudahkan pengelolaan data karyawan melalui modul personnel administration seperti data pribadi, riwayat kerja, status kepegawaian, catatan absensi, hingga komponen gaji yang diperoleh karyawan.

 

3. Recruitment

Seringkali rekrutmen menjadi hal yang merepotkan tim HR terutama dalam manajemen proses rekrutmen, tetapi dengan bantuan modul recruitment dari LinovHR akan memudahkan HR dalam mengatur proses rekrutmen yang efektif.

Modul recruitment dapat membantu proses rekrutmen karyawan, dimulai dari Manpower Planning, kelola job vacancy, review kandidat hingga tahap seleksi.

 

4. Payroll

Modul payroll dalam Software HRD LinovHR membantu manajemen dalam mengelola gaji karyawan dari awal hingga akhir.

Mulai dari perhitungan awal hingga pembuatan laporan payroll dapat dilakukan melalui modul ini.

 

5. Competency Management

Setiap unit kerja di suatu perusahaan tentunya memiliki standar kompetensinya masing-masing.

Dengan modul competency management, HR dapat mengukur dengan jelas masing-masing kebutuhan kompetensi yang ada dalam tiap unit kerja.

 

6. Performance Management

Performance Management
Performance Management

 

Penilaian terhadap pegawai menjadi hal yang penting untuk mengukur sejauh mana kinerja pada tiap-tiap karyawan dalam perusahaan.

Melalui modul performance management dari LinovHR, Anda dapat dengan mudah mengelola kinerja karyawan dengan memberikan penilaian-penilaian tertentu secara cepat, tepat, dan akurat.

 

7. Time Management

Modul time management sangat berguna bagi HR untuk mengatur jadwal kerja karyawan yang begitu banyak. Mulai dari data absensi, izin, cuti, lembur, dan jadwal kerja lainnya dapat Anda atur dengan mudah dan praktis.

 

8. Reimbursement

Kelola berbagai macam reimbursement cukup dengan aplikasi reimbursement dari LinovHR.

HR dapat mengatur proses reimburse menjadi lebih cepat dan tepat. Seperti reimburse biaya kesehatan, biaya perjalanan dinas maupun jenis reimburse lainnya.

 

9. Succession Management

Modul yang satu ini berfungsi untuk mengelola perencanaan yang berhubungan dengan suksesi di sebuah perusahaan.

Succession management memastikan bahwa terdapat calon karyawan yang nantinya siap untuk menduduki posisi-posisi penting.

 

10. Loan

Loan merupakan modul yang digunakan sebagai fasilitas pinjaman kepada karyawan. Tentunya hal ini disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

 

11. Employee Self Services (ESS)

ESS
ESS

 

Fitur ini memungkinkan keterlibatan karyawan yang lebih dalam pada sebuah perusahaan, Mereka dapat mengakses dan mengelola data human resource mereka sendiri.

Karyawan dapat melihat data pribadi, mengajukan cuti, lembur, izin, sakit, jadwal kerja, dan lainnya secara online.

 

12. Learning and Development

Learning and Development merupakan modul yang berfungsi untuk mengelola hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dan pengembangan karyawan.

Terdapat 8 fitur lainnya yang memudahkan Anda meningkatkan kapabilitas, skill, dan kompetensi karyawan dalam modul ini.

Simak lebih lengkap fitur yang ada di modul learing and development melalui tautan ini.

 

Itulah pembahasan tentang keuntungan jasa konsultan sdm serta cara menyukseskan manajemen sdm dengan bantuan HRIS LinovHR

Tertarik menggunakan Software HRIS LinovHR?

Segera hubungi LinovHR untuk mendapatkan akses demo Software HRIS LinovHR.