sistem informasi manajemen sdm

8 Masalah Ini Menimpa Perusahaan? Anda Butuh Sistem Informasi Manajemen SDM!

Divisi HR akan menghadapi berbagai tantangan, baik dalam menjalankan departemen mereka sendiri maupun dalam menegakkan kebijakan yang konsisten. Sejumlah tantangan yang dihadapi departemen HR disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari ekonomi, lingkungan, tenaga kerja, dan lain-lain. LinovHR telah merangkum informasi seputar 8 masalah pertanda jika perusahaan Anda butuh sistem informasi manajemen SDM!

 

Masalah Umum dalam Kinerja HRD

Dulu divisi HR atau dikenal dengan personalia hanya mengurusi berbagai keperluan administrasi karyawan. Namun, dengan perkembangan perusahaan dan bisnis, pekerjaan HRD pun menjadi semakin kompleks dan rumit. Berikut ini beberapa masalah umum yang sering ditemui oleh divisi HR belakangan ini:

 

Retensi

Sebagian banyak orang berpikir bahwa tugas utama manajemen SDM adalah merekrut dan mempekerjakan tenaga kerja baru. Namun, kenyataannya adalah bahwa sebagian besar aktivitas manajemen SDM ialah mempertahankan tenaga kerja yang ada. 

Perlu diketahui, karyawan merupakan sumber kehidupan bagi setiap perusahaan sehingga penting bagi perusahaan untuk memberikan keterampilan dan pengalaman yang diperlukan karyawan untuk menjaga tingkat produktivitas tetap tinggi. 

 

Rekrutmen

Masalah kedua yang sering dihadapi oleh manajemen SDM adalah merekrut talenta baru. Proses perekrutan ini terjadi karena dua faktor yaitu untuk melengkapi tenaga kerja yang ada dan untuk menggantikan posisi karyawan yang keluar dari perusahaan. 

Menemukan tenaga kerja dengan kombinasi yang tepat antara keterampilan, kepribadian, dan motivasi terasa sangat sulit karena harus bersaing dengan kompetitor meskipun jumlah kandidat yang tersedia relatif besar. Tak jarang ketika HRD menemukan kandidat yang sudah cocok, kandidat tersebut beralih ke kompetitor. 

 

Pelatihan 

Pelatihan adalah aspek penting dari pengembangan karyawan, baik untuk pendidikan mereka sendiri tetapi juga untuk memastikan perusahaan mendapatkan yang terbaik dari tenaga kerjanya. Untuk beberapa posisi tertentu di perusahaan, sebuah pelatihan dan sertifikat resmi sangat dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan karyawan yang bersangkutan. 

 

Baca Juga: Manajemen Training untuk Memaksimalkan Pelatihan Karyawan

 

Perubahan Manajemen

Perubahan dalam suatu perusahaan tidak dapat dihindari dalam dunia bisnis yang serba cepat dan selalu berubah seperti saat ini. Perubahan yang terjadi pun bermacam-macam mulai dari struktural, ekonomis, geografis, prosedural, manajerial hingga perubahan teknologi yang menimbulkan tantangan terbesar bagi manajemen SDM.

Masalah utama yang dihadapi manajemen SDM selama terjadinya perubahan yaitu berkurangnya semangat dan kepuasan karyawan, keraguan karyawan, konflik, dan lain-lain. Tak hanya itu, karyawan yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan dapat menjadi salah satu faktor kegagalan suatu perusahaan. 

 

Manajemen Kinerja dan Penyelarasan

Seiring perusahaan memberikan pelatihan dan pengembangan yang diperlukan kepada karyawannya, penting juga bagi perusahaan untuk memantau dampak pelatihan ini terhadap kinerja karyawan

Umumnya, tantangan yang dihadapi oleh perusahaan skala besar adalah membantu karyawan memahami bagaimana peran pekerjaan dan indikator kinerja mereka dapat selaras, serta membantu karyawan berkontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan. 

 

Kesehatan dan Keselamatan

Setiap perusahaan diwajibkan untuk mencatat rincian informasi terkait kesehatan serta menjamin keselamatan seluruh karyawan di lingkungan kerja supaya karyawan tetap aman selama bekerja. Dengan begitu, karyawan dapat bekerja dengan aman dan nyaman tanpa adanya rasa cemas mengenai keselamatan di kantor.  

 

Baca Juga: Mengelola K3 Demi Keselamatan Karyawan di Lingkungan Kerja

 

Kedisiplinan

Kedisiplinan selalu menjadi salah satu masalah umum yang populer di tempat kerja dan manajemen SDM harus membantu menyelesaikan permasalahan ini untuk memuaskan perusahaan. Proses pendisiplinan memakan waktu dan memerlukan banyak bukti, sehingga manajemen SDM perlu memperoleh pernyataan, catatan, dan data pendukung lainnya untuk menyelesaikan masalah ini secara legal dan etis. 

 

Payroll atau Penggajian

Tanggung jawab proses penggajian karyawan biasanya diemban oleh manajemen SDM. Permasalahan yang sering terjadi dalam payroll adalah jumlah pembayaran yang kurang akurat kepada karyawan. Salah satu penyebab utama masalah payroll ini dapat terjadi adalah sistem yang digunakan perusahaan masih manual, yang mana berpeluang besar terjadi kesalahan seperti data yang tidak akurat. 

 

LinovHR: Kelola SDM lebih Optimal dan Praktis

Berbagai permasalahan diatas, tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat menghambat laju pertumbuhan perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan memerlukan sistem informasi manajemen SDM atau HRIS yang dikembangkan Software HRD LinovHR. Sebab, sistem informasi manajemen SDM merupakan merupakan salah satu aspek penting untuk membantu perusahaan menjalankan operasional nya menjadi lebih baik. 

Software HRD LinovHR merupakan sistem perangkat lunak berbasis cloud yang mampu membantu manajemen SDM dalam mengelola segala hal yang berkaitan dengan administrasi HRD secara lebih optimal dan praktis. Software HRD dari LinovHR mampu mengotomatisasi seluruh pengelolaan manajemen SDM, seperti penggajian karyawan, penilaian kinerja karyawan, perhitungan Pajak Penghasilan (PPh 21), pengelolaan BPJS Kesehatan, dan lain-lain. 

 

Keunggulan Mengelola SDM Bersama LinovHR

Sistem informasi manajemen SDM yang dikembangkan Software HRD LinovHR tidak hanya membantu departemen HR, tetapi juga dirancang dengan baik agar dapat bertumbuh bersama perusahaan. Tak hanya itu, sistem ini juga selalu mengedepankan inovasi dan kemudahan bagi setiap penggunanya. Lantas, apa saja keunggulan dari Software HRD LinovHR?

 

  1. Cepat. Proses pengelolaan penggajian, rekap data karyawan, penilaian kinerja karyawan dapat selesai lebih cepat karena sudah diotomatisasi oleh Software HRD LinovHR.
  2. Akurat. Selain cepat, proses otomatisasi yang dilakukan Software HRD LinovHR juga membantu manajemen SDM menghasilkan data yang akurat. Jadi, software ini mengurangi terjadinya kesalahan
  3. Terorganisir dan Aman. Database karyawan merupakan informasi rahasia penting perusahaan dan perlu diorganisir dengan baik dan aman. Software HRD LinovHR mampu mengelola database karyawan dengan tingkat keamanan yang tinggi karena hanya bisa diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan.
  4. Efisien. Software HRD LinovHR mampu mengubah manajemen SDM yang bergantung dengan sistem manual yang merepotkan menjadi sistem yang otomatis dan terintegrasi. Jadi, HRD dapat mengintegrasikan seluruh lini manajemen SDM mulai dari penggajian, penilaian kinerja, cuti karyawan, dan sebagainya. 

 

Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen SDM yang dikembangkan Software HRD LinovHR mampu membantu pengelolaan manajemen SDM menjadi lebih baik, optimal, dan praktis. Untuk info lebih lengkap, segera hubungi LinovHR untuk mengajukan demo bersama tim kami!